Comscore Tracker

Baru Lulus SMA? 7 Hal Ini Pasti Jadi Bayanganmu tentang Dunia Kampus

Jadi mahasiswa kayaknya seru banget, deh

Momen kelulusan SMA dan seleksi penerimaan mahasiswa baru masih terasa hangat, nih. Kalau boleh tahu, kamu memilih langsung lanjut kuliah atau mencoba cari pengalaman kerja dulu? Keduanya sama-sama baik, kok untuk meningkatkan kualitas akademik dan soft skill-mu.

Bagi kamu yang langsung lanjut kuliah, rasanya sudah gak sabar menanti kegiatan perkuliahan dimulai dan membayangkan serunya menjadi mahasiswa. Dalam benakmu, tujuh bayangan soal kehidupan kampus di bawah ini pasti mulai bermunculan. Hayo, ngaku!

1. Selamat tinggal seragam, bisa pakai baju bebas, nih!

Baru Lulus SMA? 7 Hal Ini Pasti Jadi Bayanganmu tentang Dunia KampusPexels/Linkedin Sales Navigator

Masa-masa berseragam lengkap saat sekolah segera berakhir setelah kamu dinyatakan lulus. Di kampus nanti, kamu bebas ingin mengenakan baju apa saja asal masih dalam batas kesopanan.

Sambil menunggu perkuliahan dimulai, bisa hunting style kekinian dan menarik buat ke kampus nanti, nih.

2. Jam pelajaran jadi lebih fleksibel

Baru Lulus SMA? 7 Hal Ini Pasti Jadi Bayanganmu tentang Dunia KampusPixabay/nikolayhg

Berbeda dengan saat di SMA, jam pelajaran atau kelas kuliah memang lebih fleksibel. Mahasiswa bisa memilih ingin mengambil mata kuliah tertentu di hari apa dan jam berapa. Kecuali mata kuliah wajib yang sudah ditentukan pilihan jadwalnya.

3. Bertemu teman dari berbagai daerah, pasti seru banget!

Baru Lulus SMA? 7 Hal Ini Pasti Jadi Bayanganmu tentang Dunia KampusPexels/Afta Putta Gunawan

Memasuki masa-masa kuliah juga membuka peluang bertemu banyak teman baru dari berbagai daerah di Indonesia. Apalagi kalau kamu merantau ke luar kota, pasti bakal seru, deh bisa bertukar pengalaman dengan mereka sebagai sesama perantau.

4. Bisa aktif di kegiatan kampus

Baru Lulus SMA? 7 Hal Ini Pasti Jadi Bayanganmu tentang Dunia Kampusunpar.ac.id

Hampir sama dengan masa SMA, di kampus nanti juga ada kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat akademik dan non akademik. Sebutannya adalah UKM, kependekan dari Unit Kegiatan Mahasiswa.

Ada banyak bidang UKM yang bisa dipilih sesuai minat dan bakatmu. Tiap bidang ini juga bisa mengikuti kompetisi antar mahasiswa di berbagai tingkat. Selain menambah pengalaman, prestasimu bersama UKM tersebut dapat dimasukkan dalam resume untuk modal mencari pekerjaan setelah lulus.

Seperti yang baru saja diraih oleh tiga mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan Bandung di ajang United Asian Debating Championship (UADC) 2019 di Hanoi, Vietnam pada 24-30 Juni lalu.

Felicia Evelyn Salim, Axel Oktarino Candra, dan Anissa Devi Rifandiani berhasil meraih juara 2 kategori EFL (English of Foreign Language) sekaligus membawa pulang gelar 2019 Asia’s Runner Up of EFL Category.

Gak cuma itu, mereka bertiga juga sukses memborong tiga medali untuk gelar Top 10 Asia’s Best EFL Speakers. Keren banget, kan? Dunia perkuliahan bisa dijadikan wadah untuk memaksimalkan bakat dan potensi yang kamu miliki.

5. Punya sederet senior yang keren

Baru Lulus SMA? 7 Hal Ini Pasti Jadi Bayanganmu tentang Dunia KampusPexels/mentatdgt

Sosok senior yang kece pasti ikut muncul dalam bayanganmu soal dunia perkuliahan. Para senior ini siap dijadikan inspirasimu dalam meraih prestasi nantinya. Jangan segan berkenalan dan mengajak mereka berdiskusi, ya. Siapa tahu bisa bikin karya keren bersama.

6. Aku juga mau jadi senior yang keren, ah buat para junior nanti

Baru Lulus SMA? 7 Hal Ini Pasti Jadi Bayanganmu tentang Dunia KampusPexels/Anastasiya Gepp

Kamu pasti juga membayangkan bagaimana kelak jika sudah berstatus sebagai senior. Rasanya ingin tampil kece dan terlihat keren di mata para junior. Kira-kira sudah punya strategi belum, nih biar sukses jadi senior keren idaman adik tingkat?

7. Yakin bisa lulus dengan predikat cum laude

Baru Lulus SMA? 7 Hal Ini Pasti Jadi Bayanganmu tentang Dunia KampusPexels/Pixabay

Meski perkuliahan belum dimulai, bayanganmu soal hari kelulusan pasti sudah mulai muncul. Ngaku, deh kamu pasti sudah membayangkan dirimu berdiri gagah dengan topi toga di kepala, kan?

Kamu yakin bakal bisa melewati perkuliahan dengan baik dan lulus menyandang predikat cum laude. Keyakinanmu ini bagus, lho jika bisa terus dijaga selama berkuliah. Bukan gak mungkin kamu bisa mewujudkan impianmu lulus dengan predikat cum laude.

 

Ayo ngaku, bayangan soal perkuliahan nomor berapa saja yang mulai sering kamu pikirkan?

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anastasia Desire

Just For You