Comscore Tracker

7 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan dan Perminyakan di Dunia

#EdFunFact Tertarik yang mana?

Jurusan perminyakan dan pertambangan seringkali dianggap sebagai jurusan idaman para orang tua dan mertua. Katanya sih jurusan ini punya masa depan yang bagus. Eits, gak bisa digeneralisasi begitu juga sebenarnya. Sebab, harga minyak dunia juga sangat fluktuatif.

Juga jangan termakan isu kalau Indonesia adalah negara kaya minyak, karena sebenarnya itu tidak benar. Untuk potensi minyak dunia, Indonesia masih kalah jauh dengan banyak negara di benua Amerika, wilayah Timur Tengah, dan Rusia.

Terlepas dari itu, kalau kamu memang suka dan tertarik dengan studi perminyakan dan pertambangan, boleh tengok beberapa universitas terbaik dunia berikut. Siapa tahu jadi motivasi tersendiri.

1. Gubkin Russian State University of Oil and Gas

7 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan dan Perminyakan di Duniainstagram.com/_marfusha_b_

Gubkin University adalah universitas terkemuka yang terletak di Moskow. Kampus ini dijuluki sebagai kampus terbaik untuk kamu yang ingin menekuni bidang perminyakan dan pertambangan.

Seperti yang sudah kita ketahui, Rusia merupakan negara dengan potensi sumber daya minyak dan gas terbesar di dunia, tak heran kalau negara ini pasti membutuhkan tenaga ahli di bidang tersebut.

2. University of Alberta, Kanada

7 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan dan Perminyakan di Duniainstagram.com/ualberta

Universitas Alberta, Kanada terletak di Edmonton, negara bagian Alberta. Universitas ini terkenal akan riset seputar energi. Ini karena letaknya yang berada pada pusat potensi minyak (oil sands) di Kanada, yang merupakan sumber terbesar ketiga di dunia setelah Arab Saudi dan Venezuela. Fakultas teknik Alberta termasuk dalam jajaran lima teratas di seluruh Kanada sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Kuat Kuliah Jurusan Arsitektur adalah Pilihan Tepat

3. Colorado School of Mines, Amerika Serikat

7 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan dan Perminyakan di Duniainstagram.com/coloradoschoolofmines

Beda lagi dengan Amerika Serikat, selain kekayaan minyak bumi dan sumber energi lain, Amerika Serikat juga terkenal akan pertambangan mineralnya. Colorado School of Mines merupakan salah satu universitas terbaik di bidang tersebut. Utamanya fokus pada jurusan metalurgi, kimia, geologi, dan mineralogi. Kampus ini berkontribusi besar dalam perkembangan pertambangan emas dan perak di AS.

4. Universidad de Chile

7 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan dan Perminyakan di Duniainstagram.com/uchile

Kampus ini terletak di ibukota Chile, Santiago. Sudah banyak lulusan universitas ini yang menduduki posisi penting di Chile, utamanya pada bidang energi dan sumber daya. Beda dengan kebanyakan kampus yang memasukan jurusan pertambangan dalam Fakultas Teknik. 

Di kampus ini, jurusan pertambangan merupakan bagian dari Fakultas Matematika dan Fisika, selaras dengan jurusan matematika, fisika, kimia, geologi, astronomi, dan teknik industri.

5. University of Aberdeen, Skotlandia

7 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan dan Perminyakan di Duniainstagram.com/uniofaberdeen

Meskipun Inggris tak begitu tenar dengan sumber daya minyaknya, jangan remehkan sumber minyak di North Sea. Dengan sumber yang masih melimpah, tak heran kalau Inggris pun membekali diri dengan tenaga ahli di bidang minyak dan gas.

Kampus ini menjadi satu-satunya universitas di Inggris Raya yang memiliki jurusan perminyakan untuk tingkat sarjana maupun master.

6. Norwegian University of Science and Technology (NTNU)

7 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan dan Perminyakan di Duniainstagram.com/fedecharlie/

Kalau kamu tertarik dengan negara Skandinavia, coba tengok NTNU. Kampus ini merupakan salah satu yang terbaik di Norwegia dengan risetnya yang sudah bertaraf internasional. Salah satu jurusan unggulan di NTNU adalah perminyakan dan gas.

NTNU rutin menelurkan lulusan terbaik untuk perusahaan minyak dan gas di Skandinavia. Namun, untuk kuliah di sini, pastikan kamu sudah menguasai bahasa Norwegia ya!

7. China University of Petroleum-Beijing (CUPB)

7 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan dan Perminyakan di Duniaschool.cucas.edu.cn

Kampus ini merupakan salah satu kampus terbaik di Asia untuk mempelajari seluk beluk perminyakan dan gas. Lulusannya sudah tersebar di berbagai sektor energi di Tiongkok, mulai dari upstream sampai downstream.

Jurusan yang tersedia pun tidak hanya sebatas perminyakan dan gas alam, tetapi juga kimia, bahasa asing, manajemen, ilmu sosial dan politik, hingga energi terbaharui.

Sayangnya, Indonesia belum masuk jajaran terbaik nih.

Baca Juga: Ingin Kuliah di Korea? Ini 5 Beasiswa yang Bisa Kamu Coba Dapatkan

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya