Comscore Tracker

5 Tipe Gaya Belajar yang Perlu Kamu Ketahui

Bisa membantu mengenal diri sendiri lebih dalam, lho

Setiap orang mempunyai kemampuan untuk menyerap informasi atau pengetahuan dengan cara yang berbeda-beda. Maka dari itu, tentu setiap orang memiliki media pembelajaran yang sesuai dengan karakternya masing-masing.

Hal tersebut juga berkesinambungan dengan gaya belajar masing-masing orang yang berbeda. Lalu, seperti apa saja, sih, gaya belajar itu? Langsung saja simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Gaya belajar visual

5 Tipe Gaya Belajar yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi belajar visual (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sesuai dengan namanya, gaya belajar visual merupakan gaya belajar yang menggunakan media visualisasi, seperti gambar, warna, imajinasi, dan grafik. Nah, jika kamu merasa lebih mudah memahami sesuati jika disajikan menggunakan sederet medium tersebut, maka kamu adalah tipe orang dengan gaya belajar visual.

Ciri-ciri orang yang menggunakan gaya belajar ini adalah mereka suka menggambar, melukis, dan mereka juga mudah untuk menangkap data melalui video. Apakah kamu termasuk salah satunya?

2. Gaya belajar kinestetik

5 Tipe Gaya Belajar yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi orang berolahraga (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Nah, kalau orang-orang dengan gaya belajar kinestetik ini biasanya ditandai dengan kecepatan menerima dan mengolah informasi dari hal-hal fisik. Orang-orang dengan karakter ini senang memanfaatkan kemampuan dalam interaksi fisik lewat gerakan tubuh.

Biasanya, mereka cenderung lebih jago dalam bidang olahraga serta gemar membuat berbagai kerajinan tangan. Pikiran mereka bakal lebih mudah menyerap informasi baru ketika dibarengi dengan aktivitas fisik.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Belajar Kebut Semalam, Hindari Kebiasaan Ini!

3. Gaya belajar auditori

5 Tipe Gaya Belajar yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi mendengar musik ( pexels.com/Karolina Grabowska )

Orang-orang dengan gaya belajar ini mempunyai kemampuan untuk mengingat suatu informasi ketika informasi tersebut disampaikan secara lisan. Biasanya, orang-orang ini adalah pendengar setia jika ada guru yang menjelaskan suatu materi.

Mereka cenderung lebih suka mendengarkan musik sambil belajar. Jadi, jika kamu tergolong karakter belajar auditori, maka manfaatkan indera pendengaran kamu lebih maksimal lagi, ya!

4. Gaya belajar linguistik

5 Tipe Gaya Belajar yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi belajar bahasa ( pexels.com/Christina Morillo )

Gaya belajar linguistik cenderung lebih memahami suatu materi dalam bentuk tulisan, Tentu karakter orang seperti ini sangat gemar membaca dan menulis.

Orang-orang dengan karakter belajar seperti ini akan cepat paham setelah membaca buku, atau menuliskan ulang informasi-informasi yang mereka terima. Di sisi lain, kalau berbicara soal sastra, orang-orang dengan gaya belajar linguistik ini adalah jagonya. 

5. Logika (matematika)

5 Tipe Gaya Belajar yang Perlu Kamu Ketahuiilustrasi belajar matematika (pexels.com/Katerina Holmes)

Kamu suka dengan angka-angka dan merasa jago dalam menghitung? Berarti kamu merupakan orang yang menggunakan gaya belajar logika (matematika).

Biasanya kamu akan cepat menyadari suatu bentuk pola sekaligus tanggap dalam mengaitkan suatu informasi dengan berbagai informasi lainnya. Jika kamu punya gaya belajar seperti ini, maka kamu mempunyai kemampuan untuk menguraikan informasi berbasis data serta mimiliki kemampuan analisis yang baik.

Itulah ragam gaya belajar yang bisa membantu kamu untuk lebih mengenali diri sendiri sekaligus meningkatkan potensi yang kamu miliki. Setelah menyimak informasi tersebut, kamu termasuk orang dengan karakter gaya belajar yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Waktu Terbaik untuk Belajar, Bisa Jadi Lebih Cepat Paham, Lho!

Dyah Sekar A Photo Verified Writer Dyah Sekar A

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya