Comscore Tracker

5 Cara Membuat Motivation Letter, Demi Aplikasi Beasiswa Lancar!

Luangkan waktumu untuk ini ya

Untuk kamu para pencari beasiswa, tentu sudah tidak asing lagi dengan motivation letter. Surat ini sangat penting dalam proses screening penerimaan beasiswa. Dengan motivation letter, pemeriksa bisa mendapatkan gambaran mengenai latar belakang dan apa yang mau kita lakukan dengan beasiswa tersebut.

Untuk membuat motivation letter tentulah tidak dalam sekejap jadi. Butuh waktu untuk merangkai kata-kata sehingga seluruh komponennya baik. Apa saja komponen yang pas dan harus ada dalam motivation letter? Yuk baca biar kamu mudah membuatnya.

1. Tuliskan program yang ingin dituju dan latar belakang

5 Cara Membuat Motivation Letter, Demi Aplikasi Beasiswa Lancar!Pixabay.com/Pexels

Kamu harus menuliskan tentang program yang ingin kalian tuju dan latar belakangmu. Terutama latar belakang mengenai pendidikan, jurusan, penelitian yang pernah dilakukan, serta prestasi atau penghargaan yang pernah diraih.

2. Jelaskan apa yang mendasari kalian menekuni jurusan studi yang dipilih

5 Cara Membuat Motivation Letter, Demi Aplikasi Beasiswa Lancar!Pixabay.com/Alexas_Fotos

Di bagian ini kamu harus menjelaskan apa yang mendasari menekuni jurusan yang dipilih, serta mengapa kamu ingin melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi. Kamu bisa menjelaskan bagian ini seperti membuat paragraf cerita mengenai hal apa yang menginspirasi kalian untuk memilih jurusan tersebut serta jelaskan apa saja yang sudah kalian pelajari.

Baca Juga: Ingin Kuliah di Korea? Ini 5 Beasiswa yang Bisa Kamu Coba Dapatkan

3. Berikan penjelasan apa yang memotivasi kalian untuk mendaftar program scholarship tersebut

5 Cara Membuat Motivation Letter, Demi Aplikasi Beasiswa Lancar!Pixabay.com/Free_Photos

Pada bagian ini kamu dapat memberikan penjelasan apa yang mendasari atau memotivasimu untuk mendaftar program tersebut. Serta mengapa kalian memilih negara tersebut sebagai tempat untuk meneruskan jenjang pendidikan kalian.

4. Jelaskan secara singkat penelitian yang ingin kamu buat

5 Cara Membuat Motivation Letter, Demi Aplikasi Beasiswa Lancar!Pixabay.com/markmags

Kamu dapat menjelaskan secara singkat dan padat mengenai penelitian yang ingin kamu buat. Jangan lupa juga untuk menceritakan dan menjelaskan apakah di universitas pilihanmu mempunyai laboratorium yang dapat memenuhi kebutuhan studi atau penelitian, serta dosen/supervisor yang bersedia mendukung penelitian kalian. Nah untuk itu sebelumnya kamu sudah harus paham tentang seluk beluk kampus yang ingin dituju. Kamu dapat mencoba untuk untuk mengontak dosen yang memiliki ketertarikan tema yang sama melalui research gate yang disediakan kampus tersebut.

5. Tuliskan goal yang ingin kalian capai

5 Cara Membuat Motivation Letter, Demi Aplikasi Beasiswa Lancar!Pixabay.com/StockSnap

Bagian terakhir adalah beri penjelasan dari goal yang kamu ingin capai dari program beasiswa tersebut. Kebaikan dan kebermanfaatan apa yang ingin kamu capai untuk kehidupanmu dan masyarakat secara luas.

Nah itu tadi lima panduan menulis motivation letter untuk mengejar beasiswa. Yuk siapkan masa depanmu dari sekarang karena menulis motivation letter tidak cukup sehari dua atau dua hari ya.

Mengingat pentingnya motivation letter dalam berkas aplikasi beasiswa, kamu perlu memahami, mencermati dan membuatnya sebaik mungkin agar reviewer dapat memahami profile diri kita dengan baik. Selamat mengejar impian!

Baca Juga: 5 Rahasia Termudah untuk Bisa Lolos Beasiswa LPDP, Coba Yuk!

Dyah M Photo Community Writer Dyah M

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You