Comscore Tracker

Jangan Panik Hadapi Ujian, Ini 5 Tips Belajar Agar Ujian Lancar

Ujian lancar, hasil maksimal

Saat hari ujian tiba terkadang kita merasa tertekan akan banyak hal yang harus dipelajari, hal ini tentu saja dapat berakibat pada sulitnya memahami pelajaran dan mempengaruhi mental saat ujian. Nah, kalau sudah begitu bisa berakibat hasil ujian yang tidak maksimal. 

Ujian bukan saja perihal menghadapi soal tetapi juga bagaimana mengatur mental agar tidak gugup, tetap positif dan tetap semangat. Lalu bagaimana cara menghadapi ujian agar lancar dan hasilnya maksimal? Yuk, coba beberapa tips berikut ini.

1. Tetapkan tujuan ketika belajar

Jangan Panik Hadapi Ujian, Ini 5 Tips Belajar Agar Ujian Lancarpixabay.com/Komsomolec

Tetapkan tujuanmu sebelum memulai belajar dan ketahui apa sebenarnya tujuanmu belajar? Ingin paham, mendapat nilai baik, naik kelas atau lolos ujian masuk universitas.

Memiliki tujuan dalam belajar sangatlah penting karena tujuan selayaknya arah, dengan memiliki tujuan kamu dapat menjadi lebih fokus dan menambah motivasi karena ada goals yang akan dicapai.

2. Berusaha fokus dan hindari hal-hal yang dapat menganggu konsentrasi

Jangan Panik Hadapi Ujian, Ini 5 Tips Belajar Agar Ujian Lancarpexels.com/Tirachard Kumtanom

Kehilangan fokus dalam belajar memang sering terjadi dan ini sulit sekali untuk dihindari. Bercabangnya pikiran tentu bisa membuat goyah pikiran. Ada banyak hal yang memicu kurangnya fokus seperti gadget atau hal-hal baru yang lebih menarik daripada belajar.

Mulai saat ini berlatihlah untuk lebih fokus dengan memiliki tekad bulat belajar sungguh-sungguh, jika perlu singkirkan sejenak hal yang bisa membuat fokus goyah. Dengan memiliki fokus yang kuat maka akan membuat belajar menjadi lebih efisien dan bisa lebih cepat dipahami.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan fokus salah satunya mengeliminasi hal-hal yang dapat membuat konsentrasi terbagi, pekerjaan multitasking atau hal yang menganggu lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Belajar IELTS Biar Gak Bikin Tegang Pikiran

3. Konsisten meskipun sulit

Jangan Panik Hadapi Ujian, Ini 5 Tips Belajar Agar Ujian Lancarpexels.com/Min An

Dalam belajar ada kalanya kita menemukan kesulitan atau materi yang sulit dipahami. Jangan berputus asa atau menjadi jadi malas belajar, teruslah mencari cara agar kesulitannmu menemukan solusi dan akhirnya kamu menjadi paham tentang pelajaran tersebut. Jika malas melanda, renungi lagi tujuanmu belajar agar bisa fokus dan tetap termotivasi meraih cita.

4. Jaga tubuh tetap sehat dan pikiran tenang

Jangan Panik Hadapi Ujian, Ini 5 Tips Belajar Agar Ujian Lancarpexels/bruce mars

Dengan tubuh yang sehat dan pikiran yang tenang maka proses belajar serta mengingat menjadi lebih mudah. Untuk itu jaga kesehatan tubuh dengan makanan sehat, pastikan dirimu rileks, jangan terlalu lelah dan stres.

Saat capek istirahatlah sejenak atau tidur. Tidur memiliki manfaat seperti mengistirahatkan fisik, pikiran, meningkatkan daya berpikir, konsentrasi, dan kemampuan kerja. Oleh karena itu pastikan waktu tidurmu cukup.

Selain tidur kamu juga bisa melakukan olahraga, olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan aktivitas otak, memori, dan juga menstimulus tubuh untuk memproduksi hormon endorfin yang dapat meningkatkan kesehatan mental karena meningkatkan rasa bahagia.

5. Banyak berlatih

Jangan Panik Hadapi Ujian, Ini 5 Tips Belajar Agar Ujian Lancarpixabay.com/tjevans

Luangkan waktu untuk rutin belajar meskipun hanya hitungan menit. Dengan banyak berlatih secara rutin dan konsisten dapat terhindar dari rasa lelah dan berat. Belajar rutin adalah cara ampuh untuk meningkatkan kemampuan belajar, selain itu dengan banyak berlatih motivasi juga tetap terjaga. 

Nah, itu tadi beberapa cara agar tenang saat ujian tiba. Semangat belajar ya!

Baca Juga: 7 Cara Belajar Renang Agar Kamu Cepat Mahir, Coba Deh!

Dyah Photo Verified Writer Dyah

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya