Comscore Tracker

6 Tips Mengerjakan Tugas Tepat Waktu, Jangan Jadi Deadliner!

Manfaatkan waktu sebaik mungkin agar hasilnya maksimal

Halo pelajar millenial! Tugas memang tak asing lagi bagi pelajar dan mahasiswa. Apalagi, guru di Indonesia sering membebankan tugas rumah maupun tugas kelompok. Tentunya guru memberikan tugas agar kamu bisa mengembangkan kemampuanmu dan kamu bisa berpikir kritis serta berkreativitas. Jangan malas mengerjakan tugas, ya!

Tidak semua pelajar disiplin dalam mengumpulkan tugas. Ada yang dijuluki 'deadliner' karena sering mengerjakan tugas mepet deadline atau bahkan ada yang sering telat mengumpulkan tugas. Tentunya hal tersebut berpengaruh terhadap nilai.

Kamu tidak mau mendapat nilai yang kurang memuaskan bukan? Ayo, kerjakan tugas tepat waktu dengan memperhatikan 6 tips berikut ini.

 

1. Niat mengerjakan tugas

6 Tips Mengerjakan Tugas Tepat Waktu, Jangan Jadi Deadliner!ilustrasi perempuan mengerjakan tugas (pixels/Artem Podrez)

Setiap kegiatan tidak akan berjalan lancar jika tidak dibarengi dengan niat dan tekad, begitu pula saat mengerjakan tugas. Jika tidak ada niat maka akan percuma. 

Biasanya jika tidak niat mengerjakan tugas, kamu hanya mengerjakan tugas dengan seadanya dan tidak maksimal. Hal itu tentunya akan membuatmu rugi. Jangan sampai tugasmu tidak maksimal, kerjakanlah dengan baik.

Serta, jangan lupa berdoa dulu sebelum belajar agar kamu bisa lancar mengerjakan tugas-tugasmu.

2. Membuat list tugas

6 Tips Mengerjakan Tugas Tepat Waktu, Jangan Jadi Deadliner!ilustrasi perempuan menulis list tugas (SHVETS Production)

Banyaknya tugas terkadang membuatmu bingung, ada tugas apa saja minggu ini yang harus kamu kerjakan?

Bagi kamu yang memiliki ingatan yang cukup kuat mungkin akan selalu ingat jika ada tugas. Tapi, jika kamu sering lupa adanya tugas yang harus kamu kerjakan, penting bagi kamu untuk membuat list tugas per minggu agar tidak lupa.

List tugas bisa membantumu untuk mengingat apa saja tugas yang harus dikerjakan. Buatlah list tugas di kertas atau notebook, di HP maupun di laptop. Hal itu sangat membantumu. Tulislah apa saja tugasnya beserta tenggat waktunya. Dengan begitu, kamu bisa tahu tugas apa saja yang harus kamu kerjakan.

3. Kerjakan tugas berdasarkan urutan prioritas

6 Tips Mengerjakan Tugas Tepat Waktu, Jangan Jadi Deadliner!ilustrasi perempuan berpikir (Andrea Piacquadio)

Jika kamu telah membuat list tugas, selanjutnya kamu perlu memilah tugas mana saja yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu sebagai prioritas. Kamu bisa meninjaunya berdasarkan tenggat waktu dan tingkat kesulitan tugas. Dengan begitu, waktu untuk mengerjakan tugas akan lebih efektif dan tidak terbuang percuma. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin!

Tingkat kesulitan setiap tugas tentunya berbeda-beda. Ada tugas berupa soal-soal, diskusi kelompok, makalah, video, project dan masih banyak lagi. Cobalah kerjakan yang mudah terlebih dahulu karena tugas yang mudah akan cepat terselesaikan sehingga selanjutnya kamu bisa fokus mengerjakan tugas lain yang lebih sulit dan menyita banyak waktu.

Kamu juga harus memperhatikan deadline sebagai pertimbangan. Jangan sampai kewalahan dalam mengerjakan tugas karena waktu pengumpulan tugas yang sudah hampir tiba, sedangkan tugasmu belum terselesaikan.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Kerjakan Tugas yang Tersulit Lebih Dulu

4. Jangan menunda-nunda waktu

6 Tips Mengerjakan Tugas Tepat Waktu, Jangan Jadi Deadliner!ilustrasi perempuan tidur (pexels.com/Miriam Alonso)

Jangan pernah menunda waktu mengerjakan tugas hanya karena tenggat waktu yang masih lama. Hal itu bisa membuatmu malas dan menyepelekan tugas.

Bukankah jika selesai lebih awal akan lebih baik? Kamu perlu menanamkan sikap disiplin dalam mengerjakan tugas, ya! 

Jika kamu tidak segera menyelesaikan tugasmu, bisa jadi tugasmu akan semakin menumpuk.

Setiap mata pelajaran biasanya ada tugas yang harus dikerjakan. Jadi, sebelum mendapatkan tugas yang baru, kerjakanlah tugas sebelumnya! Jangan buang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna, ya!

5. Mengatur waktu dengan baik

6 Tips Mengerjakan Tugas Tepat Waktu, Jangan Jadi Deadliner!ilustrasi anak laki-laki mengerjakan tugas (pexels.com/Monstera)

Selain belajar dan mengerjakan tugas, seorang pelajar biasanya memiliki kegiatan lain seperti kegiatan organisasi maupun ekstrakurikuler. Hal itu tentunya akan menyita waktu belajarmu. Kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik. 

Tugas sekolah dan tugas organisasi sama-sama penting, jadi kamu harus pandai dalam membagi waktu. Jangan biarkan salah satu tugasmu terbengkalai!

Kamu harus bisa meluangkan waktu untuk mengerjakan tugas sekolah dengan fokus agar nilainya maksimal.

6. Memiliki rasa tanggung jawab

6 Tips Mengerjakan Tugas Tepat Waktu, Jangan Jadi Deadliner!ilustrasi pelajar wisuda (pexels.com/Hai Nguyen)

Rasa tanggung jawab harus dimiliki seorang pelajar sejak dini. Jika sejak duduk di bangku sekolah kamu memiliki rasa tanggung jawab, maka kamu juga akan mengerjakan tugas tepat waktu. Kebiasaan seperti itu yang harus dibangun agar tidak telat mengumpulkan tugas dan bisa lulus tepat waktu.

Rasa tanggung jawab sangat bermanfaat bagi kamu. Kamu tidak akan merugi, baik itu merugi waktu, pikiran, ilmu, dan tenaga. Jika kamu memiliki rasa tanggung jawab yang kuat, maka ke depannya saat memasuki dunia kerja nanti, kamu akan menjadi orang yang dipercaya. Jangan sia-siakan kesempatan itu. Ayo tanamkan rasa tanggung jawab dalam dirimu!

Itulah 6 tips yang harus kamu coba agar tidak menjadi 'deadliner' lagi. Rajinlah dalam mengerjakan tugas agar hasil yang kamu peroleh memuaskan. Jangan bermalas-malasan dan manfaatkan waktu mudamu dengan baik! 

Baca Juga: 9 Meme Drama Mengerjakan Tugas Sekolah, Kamu Begini?

Endah Ayu Adisti Photo Writer Endah Ayu Adisti

Endah Ayu Adisti, lahir di Blora pada 13 Maret 2002. Mahasiswa aktif di Jurusan IPA Terpadu Universitas Negeri Semarang. Hobi membaca dan menulis sejak duduk di bangku SMA. Beberapa karyanya telah diterbitkan dalam 10 buku antologi puisi. Pemilik akun instagram @endahayuadisti13 ini juga gemar menulis puisi di akun Wattpad @Felizenauva.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya