Comscore Tracker

Tips Membuat Konten Media Sosial dari Raditya Dika

Menulis konten untuk media sosial

Jakarta, IDN Times -- Pesatnya perkembangan sosial media tidak bisa dipisahkan oleh adanya konten yang disajikan oleh para penggunannya. Keberadaan konten yang baik dan berkualitas di media sosial sangatlah penting, baik untuk akun sosial media institusi, organisasi, brand, atau personal.

Tanpa konten, media sosial seseorang bisa jadi tidak akan pernah dilirik. Pada dasarnya, setiap sosial media mempunyai karakteristik yang berbeda.  Oleh sebab itu, penting untuk para pengguna sosial media mempelajari bagaimana mengoptimalisasikan konten yang pas untuk disajikan dalam sosial medianya. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan GNLD Siberkreasi menyelenggarakan webinar literasi digital yang bertema “Menulis Konten untuk Sosial Media”.

Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas literasi digital masyarakat, khususnya terkait pembuatan konten positif dan menarik di sosial media. Sosok Raditya Dika sebagai konten kreator hadir menjadi pembicara dengan memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi para peserta. Pemberian webinar ini sangat relevan diberikan kepada masyarakat, terlebih di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, dimana saat ini banyak masyarakat yang merasa sulit untuk menciptakan kreatifitasnya karena mereka harus berdiam diri di rumah. 

1. PPKM jangan jadi halangan berkreasi

Tips Membuat Konten Media Sosial dari Raditya Dika

1. PPKM jangan jadi halangan berkreasiBerbicara soal PPKM dan kreativitas, menurut Raditya Dika keadaan saat ini janganlah menjadi halangan untuk kita berkreativitas tetapi justru jadikanlah hal ini menjadi sebuah tantangan. 

Karena menurutnya, seorang yang kreatif tidak melihat sesuatu sebagai halangan tetapi sebagai sebuah tantangan dan yang terpenting adalah bagaimana mindset seseorang memaknai keadaannya untuk menjadikan hal tersebut menjadi sebuah tantangan. Hal terpenting lainnya yang disampaikan oleh Raditya Dika, adalah bahwa kita harus selalu berpikir untuk tidak membatasi potensi kita.

2. Raditya Dika beri paparan menarik

Tips Membuat Konten Media Sosial dari Raditya DikaRaditya Dika/Dokumentasi Spotify

Sesuai dengan tema kali ini, Raditya Dika juga memberikan paparan-paparan menarik dan interaktif kepada para peserta mengenai penulisan konten di sosial media, khususnya pada platform Instagram dan Youtube. 

Menurutnya, terdapat 4 poin penting yang menjadi dasar penulisan konten, yaitu; Kegelisahan, tujuan, bayangan, dan bahasa yang kontekstual. Bagi Raditya Dika, kegelisahan adalah bensin dari semua konten, “kegelisahan ini bisa kita temukan dari apa yang sedang mengganggu kita, apa yang saat ini sedang berubah, dan apa yang saat ini baru kita alami”, tuturnya. Sedangkan, menurutnya juga tujuan dari konten dan bayangan akan siapa yang akan membaca konten kita menjadi hal penting yang harus kita pertimbangkan dalam membuat konten. Raditya juga menyampaikan bahwa dalam membuat konten kita harus membuat orang mengerti dengan apa yang kita tulis dengan bahasa yang sederhana.

3. Memberikan banyak insight bagi para peserta

Tips Membuat Konten Media Sosial dari Raditya DikaInstagram.com/raditya_dika

Kehadiran Raditya Dika dalam webinar ini telah memberikan banyak pengetahuan baru bagi para peserta kegiatan. Terlebih pembawaannya yang asik semakin membuat para peserta antusias untuk mendengarkan paparan yang diberikannya. 

Tidak heran jika banyak partisipan yang turut mengikuti kegiatan hingga akhir. Melihat besarnya antusiasme masyarakat dan pentingnya pemberian literasi digital. Kominfo dan Siberkreasi terus berusaha memberikan kegiatan literasi digital kepada masyarakat Indonesia. (WEB)

Topic:

  • Jordi Farhansyah
  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya