Comscore Tracker

5 Pengertian Komunikasi Menurut Ahli, Dalam dan Luar Negeri

Komunikasi adalah proses saling membagikan informasi

Komunikasi merupakan suatu proses yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam menjalani kehidupannya. Apa pun kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang, pasti di dalamnya terdapat proses berkomunikasi.Agar kamu lebih bisa memahami tentang apa itu komunikasi. Berikut ada beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli, baik dalam maupun luar negeri. Yuk, simak dan pelajari.

1. Wursanto 

5 Pengertian Komunikasi Menurut Ahli, Dalam dan Luar Negeriilustrasi berbicara (pexels.com/Jopwell)

Melansir Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik Wursanto, komunikasi adalah suatu proses kegiatan saling menyampaikan pesan untuk bisa sama-sama memahaminya. Tak hanya pesan saja, melainkan berbagai hal lainnya seperti, berbagi informasi, bercerita tentang ilmu dan pengetahuan, memberikan berita, dan sebagainya.

Proses dalam kegiatan tersebut, dilakukan untuk mendapatkan kesamaan dalam mengerti dan memahami suatu hal. Maka, komunikasi merupakan kegiatan agar satu sama lain bisa saling memberikan pengertian, terkait segala informasi yang disampaikannya kepada lawan bicara maupun orang lain yang mendengarkannya.

2. Berlo 

5 Pengertian Komunikasi Menurut Ahli, Dalam dan Luar Negeriilustrasi sedang berbicara (pexels.com/Armin Rimoldi)

Pengertian komunikasi berikutnya yaitu menurut pendapat dari Berlo, dilansir dari Komunikasi Pemerintahan Hasan Erliana, yaitu sebuah keberhasilan dalam berinteraksi, jika saat sedang berkomunikasi, pesan-pesan yang disampaikan satu sama lain, bisa saling dimengerti dan dipahami.

Menurut Berlo, ketika dua orang atau lebih saling berbicara dan bisa sama-sama menangkap makna yang disampaikan oleh seseorang yang sedang berbicara, maka itulah yang dinamakan sebagai komunikasi. Dengan adanya pemahaman yang sama, itu artinya komunikasi yang berjalan mencapai keberhasilan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Skill Komunikasi

3. Onong Uchjana Effendy 

5 Pengertian Komunikasi Menurut Ahli, Dalam dan Luar Negeriilustrasi pembicaraan (pexels.com/August de Richelieu)

Pengertian komunikasi berikutnya yaitu dikemukakan oleh Onong Uchjana Effendy. Effendy, O. U. (2004). Dilansir dari Dinamika Komunikasi Effendy, mengemukakan bahwa komunikasi adalah proses kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan ingin menyampaikan pesan kepada pihak yang lainnya, baik dilakukan secara lisan maupun tertulis atau melalui perantara media.

Komunikasi menjadi sesuatu yang paling umum digunakan oleh manusia dalam menjalankan berbagai aktivitas di dalam kehidupannya. Dari adanya komunikasi, seseorang bisa menyampaikan apa yang ingin dikatakannya kepada orang lain dengan berbagai cara, bisa langsung secara lisan dan bisa juga melalui berbagai jenis perantara, seperti media sosial atau yang lainnya.

4. Deddy Mulyana 

5 Pengertian Komunikasi Menurut Ahli, Dalam dan Luar Negeriilustrasi anak muda sedang mengobrol dan tertawa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dilansir Ilmu Komunikasi Mulyana, komunikasi merupakan proses kegiatan berbagi informasi, melalui verbal maupun nonverbal. Segala tindakan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, baik menggunakan verbal maupun nonverbal, itu disebut sebagai komunikasi. Maka, dalam menyampaikan pesan-pesan yang ingin dikatakannya, setiap orang perlu mengungkapkannya dengan sejelas mungkin.

Saat sedang berkomunikasi, biasanya seseorang tak hanya menggunakan kata-kata saja, melainkan juga melengkapi dengan berbagai gerakan atau nonverbal. Menggabungkan kedua jenis komunikasi tersebut, dapat membantu lawan bicara dalam menerima pesan yang sedang disampaikan pembicara.

5. John R. Wenburg dan William W. Wilmot, serta Kenneth K. Seren dan Edward M. B 

5 Pengertian Komunikasi Menurut Ahli, Dalam dan Luar Negeriilustrasi percakapan (pexels.com/mentatdgt)

Beberapa ahli tersebut menjelaskan tentang tiga pemahaman terkait komunikasi. Dilansir Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar Mulyana, John R. Wenburg dan William W. Wilmot, serta Kenneth K. Seren dan Edward M. B memberikan beberapa pemahaman tentang komunikasi yaitu, komunikasi sebagai penyampaian informasi secara langsung yang dilakukan satu orang ke yang lainnya, tanpa menggunakan perantara.

Kemudian, komunikasi sebagai sebuah interaksi, di mana terdapat kegiatan menyampaikan pesan kepada orang lain, baik secara verbal maupun nonverbal, serta mendapatkan umpan balik dari lawan bicaranya. Lalu, beberapa ahli tersebut juga mengungkapkan bahwa, komunikasi sebagai sesuatu yang berlangsung, ketika seseorang telah mampu menangkap pesan dari perilaku yang orang lain tunjukkan, baik melalui perkataan maupun tindakan.

Komunikasi menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan manusia. Sebab, sebagai makhluk sosial, setiap orang saat menjalani berbagai aktivitasnya, akan selalu terlibat dalam proses kegiatan komunikasi. Bagi kamu yang selama ini menjalankan kegiatan komunikasi, tapi masih belum tahu tentang apa itu komunikasi.

Beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli di atas, akan menambah wawasanmu tentang komunikasi, dan diharapkan kamu akan mampu menjalankannya dengan sebaik mungkin. Dari sekian banyak pengertian tersebut, ada satu hal yang bisa diambil kesimpulan sebagai persamaannya yaitu, komunikasi berdasarkan pada sebuah hubungan yang bertimbal balik antara satu dengan yang lainnya, baik secara verbal maupun nonverbal.

Baca Juga: 5 Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dimiliki Pemimpin, Kamu Punya?

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya