Comscore Tracker

5 Perbedaan Batik Jogja dan Batik Solo, dari Warna hingga Motif

Serupa tapi nyatanya berbeda

Batik merupakan salah satu produk budaya nusantara dan banyak berkembang di Jawa. Terdapat dua daerah yang paling banyak menghasilkan batik, yaitu Yogyakarta dan Solo. Maka dari itu, muncullah penyebutan nama batik Jogja dan batik Solo. Meksipun, sama-sama bernama kain batik, dan sekilas terlihat sama, tapi ternyata ada beberapa perbedaannya, lho.

Pecinta batik perlu tahu, supaya tak hanya menjadi penggemar kain batik dari sisi keindahannya saja. Tapi, juga tahu tentang jenisnya, motifnya, warnanya, bahkan hingga filosofinya pun setiap jenis batik berbeda. Semakin tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang perbedaan batik Jogja dan batik Solo? Berikut beberapa hal tentang perbedaannya.

1. Warna dasar 

5 Perbedaan Batik Jogja dan Batik Solo, dari Warna hingga Motifilustrasi warna dasar putih batik khas Jogja (youtube.com/SuryaKKS)

Perbedaan pertama dari batik Jogja dan batik Solo, yaitu terlihat dari warna dasar kainnya. Pada batik Jogja biasanya menggunakan warna dasar cerah, seperti putih. Sedangkan, batik Solo tampilan warna dasarnya lebih gelap, seperti cokelat. Tampilan warna dasar dari kedua batik tentu memiliki maknanya masing-masing.

Pada batik Jogja dengan warna dasar putih, melambangkan kebersihan, kerendahatian, kesucian, ketenangan hati dan pikiran, serta sifat-sifat memaafkan. Sedangkan, pada warna latar batik Solo yang cenderung lebih gelap, bermakna sifat-sifat kesederhanaan dan sifat yang tidak menyombongkan diri.

2. Motif 

5 Perbedaan Batik Jogja dan Batik Solo, dari Warna hingga Motifilustrasi arah motif batik Solo dari kiri atas ke kanan bawah (youtube.com/UNIK DAN HEBOH)

Perbedaan berikutnya, yaitu terlihat pada motifnya. Pada batik Jogja, motifnya terlihat lebih besar dan geometris. Biasanya berpola berbentuk ceplok, lingkaran, garis miring, bintang dan juga kotak. Maka dari itu, pada batik Jogja juga sering dijumpai gambar-gambar seperti, tanah, gunung, flora dan fauna.

Kemudian, pada motif batik Solo terlihat lebih kecil dan biasanya bentuknya acak. Selain itu, arah dari motif kedua batik tersebut juga berlawanan. Batik Jogja motifnya mengarah dari kanan atas ke kiri bawah, sedangkan arah motif batik Solo yaitu, dari kiri atas ke kanan bawah.

Baca Juga: 5 Tempat Belanja Batik Yogyakarta Terbaik, Jadi Buruan Turis!

3. Ornamen 

5 Perbedaan Batik Jogja dan Batik Solo, dari Warna hingga Motifilustrasi ornamen pada batik Solo (youtube.com/Defri Aji Ramadhan)

Ornamen atau hiasan pada kain batik Jogja dan batik Solo juga terdapat perbedaan. Pada batik Jogja, ornamennya lebih sederhana, sedangkan batik Solo ornamennya lebih beragam. Meski begitu, kedua ornamen atau hiasan pada motif kain batik bermakna sama yaitu, menggambarkan tentang kehidupan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Ornamen pada batik Solo terlihat lebih mewah dan biasanya juga terdapat hiasan emasnya yang mengesankan keagungan. Ornamen warna emas tersebut dibuat di luar dari garis-garis coraknya, serta juga ditambahkan pada bagian hiasan yang lainnya.

4. Corak pada kain batik 

5 Perbedaan Batik Jogja dan Batik Solo, dari Warna hingga Motifilustrasi corak garis batik Jogja (youtube.com/SuryaKKS)

Sama-sama kain batik yang terdapat coraknya, tapi batik Jogja dan Solo terdapat perbedaan corak yang bisa kamu amati. Kedua batik tersebut memiliki corak garis. Akan tetapi, pada batik Jogja, corak garisnya lebih tebal. Sedangkan, corak garis pada batik Solo terlihat lebih tipis.

Kedua corak tersebut dipengaruhi oleh sejarah dari masing-masing daerahnya. Batik Jogja dengan corak garis yang lebih tebal, menggambarkan tentang keberanian, ketegasan dan kekuatan. Sedangkan, corak garis yang lebih tipis pada batik Solo, memberikan kesan tentang kelembutan, kebaikan dan keindahan.

5. Kesan dari desain batik Jogja dan batik Solo

5 Perbedaan Batik Jogja dan Batik Solo, dari Warna hingga Motifilustrasi kesan dalam kain batik menggambarkan kehidupan (youtube.com/SuryaKKS)

Setelah mengetahui perbedaan dari warna, motif, ornamen, dan corak pada batik Solo dan Jogja, meski terdapat makna yang sama, yaitu tentang sifat-sifat manusia dan kehidupan. Namun, masih ada perbedaan lainnya yang bisa ditangkap dari terciptanya desain-desain yang ada.

Batik Jogja dengan menonjolkan ketebalan dari garis-garis corak kain batiknya, mengesankan tentang sifat manusia yang gagah dan berani, serta warna cerah sebagai dasarnya mengesankan tentang sisi kemuliaan. Sedangkan, kesan pada batik Solo, di mana memiliki corak garis yang lebih kecil yaitu, menggambarkan tentang sikap-sikap kehalusan.

Kain batik memang terlihat sama, namun kenyataannya terdapat beberapa perbedaan yang bisa diamati. Meskipun, berbeda tapi tetap saja sama menariknya. Bagi kamu yang suka memakai kain batik, sekarang sudah bisa membedakan, dong mana batik khas Jogja dan mana batik khas Solo.

Saat ini kain batik juga bisa digunakan untuk menghadiri berbagai jenis acara, lho. Mulai acara formal, hingga yang nonformal pun bisa. Mau kamu mengenakan kain batik Jogja atau batik Solo, keduanya sama-menarik, apalagi sekarang juga bisa kamu buat sendiri variasi model bajunya.

Baca Juga: 5 Tempat Belanja Batik di Semarang, Banyak Pilihan Motif dan Model!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya