Comscore Tracker

5 Tips Gak Minder Saat akan Belajar Ilmu ke Orang yang Berpengalaman

Tak perlu memikirkan siapa kamu dan dia, fokus belajar saja

Belajar adalah kegiatan yang perlu kamu lakukan sepanjang hidupmu. Sebab sebuah ilmu pasti akan selalu mengalami pembaruan. Maka, tak perlu malu dan minder untuk belajar ke orang yang sudah berpengalaman. Justru, ilmu pengetahuanmu malah akan bertambah, serta wawasanmu juga semakin luas.

Belajar itu bisa ke siapa saja. Jika kamu ingin berhasil, maka beranikan diri untuk menuntut ilmu kepada siapa pun, terutama kepada mereka yang telah berhasil dalam suatu bidang.

Berikut beberapa tips agar kamu gak minder saat akan belajar ke orang-orang yang berpengalaman dan sudah menjadi ahlinya.

1. Jangan berpikir ke hal negatif dulu 

5 Tips Gak Minder Saat akan Belajar Ilmu ke Orang yang Berpengalamanilustrasi berpikir negatif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memulainya saja belum, tapi sudah berpikiran negatif, sebaiknya janganlah kamu lakukan. Niatmu untuk belajar. Maka agar prosesnya berjalan lancar, fokuskan pikiranmu ke hal yang positif saja. Berpikir negatif ketika akan belajar ke orang yang sudah banyak pengalamannya, hanya akan membuatmu semakin minder saat menghadapinya.

Lebih baik, berpikir positif saja dan nikmati proses belajarmu. Pikiran positif akan memberikan dorongan antusias kepadamu untuk bisa lebih serius dalam proses menimba ilmu dari mereka yang telah menjadi ahli di suatu bidang tertentu. Ini adalah kesempatan yang baik. Janganlah disia-siakan dengan memenuhi pikiran dengan hal-hal negatif.

2. Beranikan diri keluar dari zona nyaman 

5 Tips Gak Minder Saat akan Belajar Ilmu ke Orang yang Berpengalamanilustrasi keluar dari zona nyaman (pexels.com/cottonbro)

Tips berikutnya bagi kamu yang sering merasa minder saat akan belajar ke seseorang yang sudah berpengalaman yaitu dengan memberanikan diri keluar dari zona nyaman. Ciri dari orang yang minder adalah selalu ingin di zona nyamannya. Padahal, jika terus bertahan di zona nyaman, kamu gak akan berkembang. Rasa minder pun semakin meningkat.

Tips mengatasinya, cobalah beranikan dirimu untuk bertemu dan berbicara dengan mereka yang telah terbukti berhasil. Keluar dari zona nyaman akan secara perlahan menghilangkan rasa minder yang kerap menyerang di kehidupanmu sehari-hari. Kuatkan niat agar keberanianmu semakin meningkat.

Baca Juga: 5 Kunci Menjalani Hidup dengan Percaya Diri, Harus Punya Prinsip!

3. Jangan membandingkan dirimu dengannya 

5 Tips Gak Minder Saat akan Belajar Ilmu ke Orang yang Berpengalamanilustrasi membandingkan diri dengan orang lain (pexels.com/Royal Anwar)

Tujuanmu saja akan belajar ke orang yang sudah berpengalaman, maka jika kemampuanmu masih di bawahnya, itu memang wajar. Perbedaan keterampilan dan prestasi yang telah diraih pun tak sama. Maka, melakukan perbandingan diri dengannya, itu jelas tak seimbang.

Jangan membandingkan diri dengannya sebab hanya akan membuatmu semakin minder nantinya. Bersikap dan berpikirlah secara realistis bahwa memang pada kenyataannya, dia sudah memiliki banyak pengalaman dan telah mencetak segudang prestasi.

Lalu, tujuanmu bertemu dengannya juga untuk belajar demi meningkatkan kemampuanmu. Jadi, tak perlu minder jika kamu merasa masih jauh darinya. Sebab, dari segi pengalaman saja berbeda. Fokuslah untuk belajarnya. Jangan fokus pada perbandingan dirinya.

4. Gugup adalah wajar. Terima dan lepaskan rasa itu

5 Tips Gak Minder Saat akan Belajar Ilmu ke Orang yang Berpengalamanilustrasi orang berjabat tangan (pexels.com/Edmond Dantès)

Mengatasi perasaan minder ketika akan belajar ke orang yang berpengalaman memang bisa membuatmu menjadi sangat gugup. Gugup adalah reaksi yang wajar karena memang faktanya kamu akan bertemu dengan seorang ahli. Maka agar kegugupan gak menjadikanmu minder, terima dan lepaskan rasa itu.

Menerima segala jenis rasa, termasuk rasa gugup, itu akan memudahkanmu dalam melepaskan emosi negatifnya. Sehingga, kamu bisa lebih tenang nantinya. Jangan berpura-pura tidak ada apa-apa padahal di dalam hati groginya luar biasa. Gugup yang berlebihan berpotensi menjadi perasaan minder.

Terima saja dan jangan menyangkal rasa itu. Tarik napas yang dalam, lalu hembuskan perlahan. Ketika kamu mulai bisa tenang, maka perasaan minder gak akan mampu menguasai dirimu.

5. Bersikap cuek saja 

5 Tips Gak Minder Saat akan Belajar Ilmu ke Orang yang Berpengalamanilustrasi bersikap cuek (pexels.com/fauxels)

Memang benar fakta menunjukkan orang tersebut memiliki berbagai prestasi yang luar biasa. Akan tetapi, ketika kamu mempunyai kesempatan untuk bertemu dan belajar bersama dengannya, ini adalah hal yang luar biasa juga untukmu. Tak perlu minder sebelum bertemu, cobalah bersikap sedikit cuek saja.

Tak perlu juga berkata bahwa kamu bukan siapa-siapa. Ketika dia sudah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu denganmu, itu tandanya di masa depan kamu akan berpeluang meraih sukses yang sama, bahkan bisa lebih. Jika tujuanmu untuk belajar dan meningkatkan kemampuan, maka fokus saja dengan itu. Janganlah berpikir tentang siapa kamu dan siapa dia.

Belajar ilmu dari seseorang yang telah berpengalaman, memang jadi kesempatan yang sangat baik. Namun di satu sisi, bertemu dengannya bisa membuat seseorang menjadi minder. Ini reaksi yang wajar dan banyak dialami oleh beberapa orang. Untukmu yang juga mengalami kondisi demikian, terapkan kelima tips yang sudah dijelaskan.

Mengatasi rasa minder memang perlu waktu untukmu membiasakan diri. Percayalah, ketika kamu sudah terbiasa, maka untuk belajar ilmu ke siapa saja, kamu gak akan lagi dikuasai oleh perasaan minder yang bisa mengganggu proses kegiatan belajarmu.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Mengapa Seseorang Perlu Belajar Berlogika

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya