Comscore Tracker

7 Konten Edukatif Seru dari BBC Ini Bikin Kamu Jago Bahasa Inggris!

Tinggal belajar dan download aja sepuasnya

Kamu mungkin mengenal BBC sebagai media yang menyediakan update berita mancanegara. Tapi tahukah kamu media yang bermarkas di London, Inggris, ini juga punya fasilitas buatmu yang ingin mempelajari bahasa Inggris? Fasilitas bernama BBC Learning English itu bisa kamu akses secara online lho.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi situs bbc.co.uk/learningenglish. Di sini, kamu bisa menemukan beragam konten audio, video dan teks yang akan makin mengasah skill bahasa Inggrismu. Selain di website, beberapa video juga bisa kamu tonton di channel YouTube BBC Learning English.

Biar makin jago bahasa Inggris, ini dia tujuh konten BBC Learning English yang bisa kamu pelajari kapan dan di mana saja!

1. Pronunciation

7 Konten Edukatif Seru dari BBC Ini Bikin Kamu Jago Bahasa Inggris!bbc.co.uk

Bagaimana huruf dan kata diucapkan adalah yang disebut dengan pronunciation (pelafalan). Tidak hanya menyempurnakan kefasihanmu berbicara, menguasai pronunciation juga akan membantumu memahami apa yang dikatakan oleh orang lain.

BBC Learning English sejauh ini merilis total 75 episode video pronunciation. Sepanjang episode 1 hingga 45, seorang penutur bahasa Inggris British akan mengajarkanmu bagaimana melafalkan variasi huruf vokal dan konsonan.

https://www.youtube.com/embed/TNFKG0yvDx4

Berikutnya, di sepanjang episode 46 hingga 75, materi pronunciation dilanjutkan dengan program “Tim’s Pronunciation Workshop”. Menariknya, program yang dipandu pria bernama Tim ini mengambil latar tempat di sebuah workshop.

Tim’s Pronunciation Workshop menjelaskan berbagai perubahan bunyi pada satu atau dua kata. Ada penjelasan kenapa native speaker di Inggris mengucapkan “Green Park” menjadi “Greempark”. Di episode lainnya, Tim mengajarkan dua cara untuk melafalkan kata “the”.

https://www.youtube.com/embed/Yrzg7DDo0ao

Transkrip setiap episode Tim’s Pronunciation Workshop bisa kamu baca dan unduh di situs BBC Learning English, ya.

2. English in a Minute

7 Konten Edukatif Seru dari BBC Ini Bikin Kamu Jago Bahasa Inggris!youtube.com/BBC Learning English

Seperti namanya, “English in a Minute” hanya berdurasi sekitar satu menit saja. Di beberapa episode, kamu bisa mempelajari perbedaan sejumlah kata atau frasa yang kelihatannya memiliki arti sama.

Apa sih bedanya “journey” dan “trip”, “remember” dan “remind” serta “come back” dan “go back”? Semuanya tampak serupa, kan? Nah, kamu bisa mengetahui perbedaan dan contoh pemakaiannya di video-video English in a Minute.

https://www.youtube.com/embed/2hnJy9H8J3Y

Selain itu, English in a Minute juga menjelaskan bagaimana satu kata atau frasa bisa memiliki beragam arti dan penggunaan yang berbeda. Misal, frasa “pick up” ternyata bisa berarti “belajar”, “membeli” dan “menderita suatu penyakit”.

https://www.youtube.com/embed/nOjqYJ95wQM

Buat kamu yang ingin nge-print transkripnya, download langsung aja PDF-nya di situs BBC Learning English.

3. 6 Minute English

7 Konten Edukatif Seru dari BBC Ini Bikin Kamu Jago Bahasa Inggris!bbc.co.uk

“6 Minute English” berformat percakapan dan berdurasi sekitar enam menit. Setiap episode mengangkat topik berbeda. Seiring mengalirnya percakapan, sang pembicara sesekali menyisipkan sejumlah kosa kata yang berkaitan dengan topik dan menyertakan artinya.

Transkrip percakapan dan penjelasan kosa kata bisa kamu baca di situs BBC Learning English. Ada juga transkrip PDF dan audio 6 Minute English yang bisa diunduh.

https://www.youtube.com/embed/xZxmMQCZsu4

Baca Juga: Simpel Banget, 7 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris di Rumah

4. LingoHack

7 Konten Edukatif Seru dari BBC Ini Bikin Kamu Jago Bahasa Inggris!youtube.com/BBC Learning English

Inilah konten lainnya dari BBC Learning English yang bakal memperkaya kosa katamu. “LingoHack” dikemas dalam bentuk berita, guys! Kamu bisa mempelajari kata-kata yang berkaitan dengan topik berita yang diangkat. Transkrip video LingoHack bisa kamu download dalam bentuk PDF.

https://www.youtube.com/embed/Scw2iLb1CRI

5. The English We Speak

7 Konten Edukatif Seru dari BBC Ini Bikin Kamu Jago Bahasa Inggris!youtube.com/BBC Learning English

“The English We Speak” juga dikemas dalam bentuk percakapan seperti 6 Minute English. Bedanya, The English We Speak berdurasi lebih singkat dan hanya fokus pada satu frasa saja. Salah satu frasa yang pernah dibahas adalah “take the biscuit”.

Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, take the biscuit berarti “mengambil biskuit”. Namun dalam bahasa Inggris, frasa itu ternyata bisa dipakai untuk mengungkapkan bahwa kita terkejut atau terganggu dengan tindakan seseorang.

Biar makin paham makna take the biscuit, simak saja nih percakapan di salah satu episode The English We Speak. Ada juga transkrip PDF dan audio 6 Minute English yang bisa diunduh.

https://www.youtube.com/embed/kcrDi8mdVeA

6. News Review

7 Konten Edukatif Seru dari BBC Ini Bikin Kamu Jago Bahasa Inggris!youtube.com/BBC Learning English

Format “News Review” mirip dengan 6 Minute English dan The English We Speak. Yang membedakan, di News Review, kamu akan menyimak dua orang yang mendiskusikan sebuah berita di studio BBC.

News Review menghadirkan topik berita yang berbeda di tiap episodenya. Kedua pembicara akan mengambil beberapa kosa kata dari artikel-artikel yang diterbitkan media, lalu menyisipkan penjelasan artinya dalam diskusi mereka.

https://www.youtube.com/embed/z26nmsNwqto

7. Serial drama dan animasi

7 Konten Edukatif Seru dari BBC Ini Bikin Kamu Jago Bahasa Inggris!bbc.co.uk

BBC Learning English juga punya konten buat kamu yang ingin belajar bahasa Inggris lewat serial drama dan animasi. Seperti konten lainnya, serial-serial itu akan makin mengasah kemampuan listening dan menambah perbendaharaan kosa katamu.

Kamu bisa menikmati drama yang diadaptasi dari cerita-cerita legendaris seperti “Alice in Wonderland” karya Lewis Carroll, “A Christmast Carol” karya Charles Dickens, “Gullivers’s Travel” karya Jonathan Swift, “The Importance of Being Earnest” karya Oscar Wilde dan “Jamaica Inn” karya Daphne du Maurier.

Selain itu, BBC Learning English juga merilis serial “English at Work” yang berlatar kehidupan kantor dan “English at University” yang berkisah tentang keseharian mahasiswa baru. Download juga audio dan transkrip PDF-nya!

https://www.youtube.com/embed/Aj-EnsvU5Q0

Beberapa konten BBC Learning English menggunakan beragam berita dan isu di masyarakat sebagai materi belajar. Sambil meningkatkan skill bahasa Inggris, kamu pun jadi akan mendapat pengetahuan dan informasi baru. Selamat belajar seru!

Baca Juga: 10 Pleonasme dalam Bahasa Inggris yang Sering Latah Digunakan

Faidah Rahim Photo Verified Writer Faidah Rahim

"My philosophy is that worrying means you suffer twice." - Newt Scamander -

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You