Comscore Tracker

Bagai Nasihat, Makna 7 Idiom Bahasa Inggris Ini Mengandung Pesan Bijak

"Look on the bright side!"

Karena memakai perumpamaan atau kata-kata kiasan, idiom tidak bisa dipahami maknanya dengan menerjemahkannya menggunakan kamus. Idiom sendiri biasa dipakai untuk mengekspresikan sesuatu. Dan ternyata, beberapa idiom juga memuat pesan positif lho di balik maknanya. Tujuh idiom ini misalnya!

1. “A bird in the hand is worth two in the bush”

Bagai Nasihat, Makna 7 Idiom Bahasa Inggris Ini Mengandung Pesan BijakPixabay.com/jill111

Idiom ini seperti sebuah pengingat akan pentingnya merasa cukup dengan apa yang kita punya. Jangan sampai kehilangan sesuatu yang kita miliki demi berusaha mengejar hal lain yang belum tentu akan menjadi milik kita.

Ibaratnya, seekor burung tak akan lepas kalau kita mengenggamnya. Tapi kalau kita melepasnya demi mengejar dua burung di semak belukar, kita mungkin akan malah kehilangan semuanya.

2. “Actions speak louder than words”

Bagai Nasihat, Makna 7 Idiom Bahasa Inggris Ini Mengandung Pesan BijakPixabay.com/rawpixel

Idiom ini memiliki arti harfiah “tindakan berbicara lebih keras dari kata-kata”. Intinya, daripada omong doang, lebih baik segera buktikan saja dengan tindakan nyata.

3. “Back to square one”

Bagai Nasihat, Makna 7 Idiom Bahasa Inggris Ini Mengandung Pesan BijakPixabay.com/Pexels

Apa yang kamu kerjakan atau jalani mungkin tak akan selalu mulus. Tapi tak apa bila suatu waktu kamu harus “back to square one” alias gagal dan mengulang semuanya dari awal.

4. “Curiosity killed the cat”

Bagai Nasihat, Makna 7 Idiom Bahasa Inggris Ini Mengandung Pesan BijakPixabay.com/susannp4

Kalau ada yang mengatakan idiom ini padamu, itu artinya kamu diperingatkan untuk tak terlalu kepo dengan suatu hal terutama yang bukan urusanmu. Penasaran yang berlebihan justru bisa menjerumuskanmu dalam bahaya.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Belajar Bahasa Inggris dengan Google Translate

5. “Every cloud has a silver lining”

Bagai Nasihat, Makna 7 Idiom Bahasa Inggris Ini Mengandung Pesan BijakPixabay.com/PublicDomainPictures

Seperti seberkas sinar matahari yang masih terlihat di balik mendung, masih ada harapan bahkan di kehidupan yang terasa berat. Idiom satu ini memuat optimisme akan adanya hal-hal positif yang menanti di balik berbagai kesulitan.

6. “Leave well enough alone”

Bagai Nasihat, Makna 7 Idiom Bahasa Inggris Ini Mengandung Pesan BijakPixabay.com/Free-Photos

Ada kalanya kita mending membiarkan sesuatu yang sudah baik sebagaimana adanya. “Leave well enough alone” alias biarkan saja begitu daripada nanti kita mencoba mengubahnya tapi malah membuatnya menjadi lebih buruk.

7. “Look on the bright side”

Bagai Nasihat, Makna 7 Idiom Bahasa Inggris Ini Mengandung Pesan Bijakunsplash.com/@alexcrousz

Saat ada seseorang yang lagi down, kamu bisa menghibur mereka dengan mengucapkan idiom ini. Artinya, kamu meminta mereka untuk tetap melihat hal-hal baik bahkan saat berada dalam situasi sulit sekalipun.

Wah, idiom-idiom di atas bermakna dalam, ya! Kamu pun bisa menggunakannya agar pilihan kata bahasa Inggrismu lebih bervariasi lagi.

Baca Juga: Sudah Tahu? 8 Kata Bahasa Inggris Ini Serapan dari Bahasa Belanda

Faidah Rahim Photo Verified Writer Faidah Rahim

"My philosophy is that worrying means you suffer twice." - Newt Scamander -

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya