Comscore Tracker

Selamat! Ini 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Memilih Jurusan yang Tepat

#EdFunFact tanda nomor 4 biasanya akurat nih!

Kamu yang sedang duduk di bangku kuliah pasti pernah bertanya-tanya apakah jurusan yang dipilih itu sebenarnya sudah tepat gak sih dengan diri sendiri. Masalahnya banyak orang yang bingung dengan jurusan yang sudah dipilih sudah tepat atau malah keliru. Malahan ada sebagian orang yang tetap menjalani perkuliahan meski sudah merasa salah jurusan.

Jadi, sebenarnya semuanya ada di tangan kamu. Tinggal memantapkan hati dengan keyakinan kalau kamu sudah berada di jurusan yang tepat sehingga hal ini nantinya akan membantu dalam menentukan masa depanmu. Nah, gimana cara mengetahui kalau jurusanmu sudah tepat? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Beban tugas kuliah terasa mudah

Selamat! Ini 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Memilih Jurusan yang TepatPhoto by bruce mars from Pexels

Yang namanya dunia perkuliahan gak akan lepas dari yang namanya tugas. Tugas itu bisa dikerjakan di dalam kelas atau dibawa pulang. Nah, ketika kamu diberi tugas oleh dosen gimana rasanya? Memang rata-rata orang gak ada yang suka dikasih tugas karena kalau kita berkaca pada sistem pendidikan terbaik di dunia yaitu di Finlandia, gak ada tuh yang namanya PR di sana.

Tapi, bagaimanapun juga tugas itu bermanfaat kok untuk melatih kemampuan diri sendiri. Hanya saja, apakah tugas kuliah sangat membebani dirimu? Selain rasa malas, apakah kamu betul-betul kesusahan mengerjakan tugas yang diberikan dosen? Karena kalau kamu merasa hampir semua tugas yang diberikan itu mudah maka mungkin jurusan yang kamu pilih sudah tepat.

2. Kamu bangga dengan jurusanmu

Selamat! Ini 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Memilih Jurusan yang TepatPhoto by Helena Lopes from Pexels

Rasa bangga bisa jadi salah satu indikator yang kuat kalau kamu sudah memilih jurusan yang pas denganmu. Kemungkinan besar kamu akan bersemangat untuk menceritakan kegiatanmu saat kuliah atau apa saja yang dipelajari bahkan kamu itu senang banget kalau ada orang yang nanya-nanya soal jurusanmu itu.

Tapi, kalau yang terjadi sebaliknya yaitu kamu malah malu atau enggan bercerita tentang apapun soal perkuliahan kamu maka bisa dipastikan nih kalau kamu sudah merasa jenuh alias salah jurusan. Jadi, kamu malu atau bangga nih dengan jurusanmu saat ini?

3. Jarang ada perasaan malas saat ke kampus

Selamat! Ini 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Memilih Jurusan yang TepatPhoto by Tirachard Kumtanom from Pexels

Rasa malas untuk kuliah memang gak bisa dihindari, ada saat-saat di mana kamu memang perlu refreshing dari hal-hal seputar aktivitas perkuliahanmu. Tapi, kalau kamu kebanyakan merasa malas, jenuh ataupun muncul perasaan negatif lainnya maka kemungkinan besar kamu sudah salah jurusan. 

Sebaliknya kalau kamu merasa semangat untuk berangkat ke kampus atau muncul perasaan positif lainnya maka selamat nih kamu kemungkinan besar sudah pada jurusan yang tepat. Jadi, kamu semangat gak nih saat ke kampus?

4. Kamu sangat antusias dengan penjelasan dosen

Selamat! Ini 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Memilih Jurusan yang Tepatpixabay.com/WikimediaImages

Penjelasan dosen tentang materi perkuliahan sangat dinanti-nantikan olehmu. Apalagi kalau dosen tersebut mengajar dengan asik, kamu bakalan serius menyimak setiap detail-detail penjelasan dari dosen. Waktu yang terasa singkat saat dosen menerangkan materi kuliah juga merupakan salah satu tanda kalau kamu sangat menyukai aktivitas perkuliahanmu. 

Terlebih kamu juga semakin antusias melontarkan pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan penjelasan dosen. Bahkan nih kalau kamu yang dari SD-SMA malas bertanya jadi suka bertanya kepada dosen saat perkuliahan, sudah pasti deh 99% kamu berada di jurusan yang tepat.

5. Orang di sekitarmu memuji dirimu

Selamat! Ini 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Memilih Jurusan yang Tepatpexels.com/ Helena Lopes

Sebenarnya pendapat orang lain itu sifatnya subjektif ya tergantung dari setiap sudut pandang masing-masing orang. Namun, ibarat voting kalau banyak yang berpendapatan positif tentangmu soal jurusan kuliah yang kamu ambil maka bisa jadi lho kalau kamu memang sudah pada jalur yang tepat. Misalnya orang memuji skill kamu dalam mengerjakan tugas kuliah dan sebagainya. 

Hanya saja, perlu diingat bahwa kamu harus pandai-pandai memilah mana pendapat yang membangun atau justru menjatuhkan terutama dari siapa orang yang mengatakannya. Misal aja, jika orang yang lebih berpengalaman seperti dosen atau kakak kelasmu memuji kamu maka mungkin perkataanya bisa lebih dipercayai dibanding orang yang hanya asal ucap saja. Tak lupa juga tanyakan pendapat orangtuamu ya soal jurusan yang kamu pilih, karena mereka pasti ingin yang terbaik untuk anaknya.

6. Kamu tahu arah masa depanmu dari jurusan yang kamu pilih

Selamat! Ini 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Memilih Jurusan yang Tepatpexels.com/Startup Stock Photos

Poin terakhir ini juga penting banget lho, kamu sedari awal sudah yakin dan berkomitmen dengan jurusan yang dipilih. Kamu sudah tahu pekerjaan apa yang kamu cita-citakan dari jurusan yang kamu pilih dan sampai bangku kuliahpun komitmen itu gak berubah.

Misalnya, kamu kuliah jurusan akuntansi, kamu sudah bertekad dari awal untuk jadi akuntan publik nantinya dan sewaktu masuk kuliah pun kamu enjoy aja tuh gak ada niat untuk berubah sama sekali. Tapi kalau komitmen awal dari malah berubah di tengah jalan, yang penting hanya kuliah untuk ambil gelar saja maka mungkin kamu sudah berada di jurusan yang gak tepat.

Jadi, coba perhatikan semua tanda di atas pada dirimu sendiri. Kalau kamu merasa semua tanda di atas ada pada kamu maka sekali lagi selamat ya, kamu sudah memilih jurusan yang paling tepat buatmu. Nah, selain 6 tanda di atas kamu ada tambahan lain?

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya