Comscore Tracker

Belajar Bahasa Spanyol? Coba 8 Podcast Ini Biar Makin Jago

Vamos a empezar!

Belakangan ini Bahasa Spanyol tengah diminati banyak orang termasuk millenial Indonesia. Kesadaran akan perlunya kemampuan berbahasa asing selain Bahasa Inggris agar lebih kompetitif ternyata menjadi alasan. Apalagi setelah lagu Despacito milik Luis Fonsi meledak, peminat Bahasa Spanyol kian meningkat.

Sebagian besar kita menggunakan media hiburan seperti film, serial televisi ataupun musik untuk mendalami bahasa ini. Namun sebenarnya ada satu sarana yang dapat membantu untuk lebih memahami Bahasa Spanyol sesuai dengan level kita. Sarana tersebut adalah podcast.

Podcast merupakan sarana berbasis audio yang akan sangat membantu dalam memahami Bahasa Spanyol lebih dalam. Dengan menggunakan podcast sebagai sarana belajar, kamu bisa melatih listening sekaligus speaking skill!

Di antara banyak podcast, ada 8 situs dan aplikasi yang dijamin dapat membuatmu lebih jago dalam berbahasa Spanyol. Apa saja kedepalan podcast tersebut, simak daftar di bawah ini.

1. Audiria

Belajar Bahasa Spanyol? Coba 8 Podcast Ini Biar Makin Jagoaudiria.com

Audiria merupakan podcast Bahasa Spanyol yang sangat interaktif dan menyentuh seluruh level, mulai dari beginner hingga advance. Podcast ini awalnya dibuat untuk mempromosikan bahasa serta kebudayaan Spanyol. Oleh karena itu segala materi pembelajaran di Audiria jangkauannya lebih luas dibanding podcast lainnya.

Selain itu topik yang ada di situs ini diperbarui setiap harinya. Tiap topik akan dilabeli dengan tingkat kemudahan, jadi kita bisa memilih apakah materi tersebut sesuai atau tidak dengan level kita.

2. Coffee Break Spanish

Belajar Bahasa Spanyol? Coba 8 Podcast Ini Biar Makin Jagoitunes.apple.com

Selain Audiria, top leader lainnya dalam hal situs podcast Bahasa Spanyol adalah Coffe Break Spanish. Situs ini ditujukan bagi pelajar Bahasa Spanyol di tingkat pemula dan menengah. Coffee Break Spanish punya sekitar 80 materi dengan durasi sepanjang 15 hingga 20 menit tiap topiknya.

Pelajaran yang ada di podcast ini dibungkus dengan cara yang tidak membuat kita jenuh karena mengambil contoh dan latihan mengenai kehidupan sehari-hari, seperti cara memesan makanan atau bertanya mengenai arah dan tujuan dengan Bahasa Spanyol.

3. SpanishPod101

Belajar Bahasa Spanyol? Coba 8 Podcast Ini Biar Makin JagoSpanishPod101.com

Lewat podcast ini kita bisa belajar Bahasa Spanyol yang dinarasikan dengan banyak aksen berbeda. Hal ini dikarenakan pembicara yang mengisi suara tiap topik di SpanishPod101 tak hanya berasal dari Spanyol, tetapi juga dari Peru, Kosta Rika dan juga Meksiko. Tema dan topik yang disediakan podcast ini juga tergolong banyak. Selain itu dialog percakapan juga dapat diulang beberapa kali.

4. Discover Spanish by Language Treks

Belajar Bahasa Spanyol? Coba 8 Podcast Ini Biar Makin Jagolanguagetreks.com

Situs podcast Language Trek kurang lebih memiliki fitur yang sama seperti SpanishPod101 dan cocok untuk level pemula. Hanya saja ia lebih berfokus pada latihan speaking. Lewat Language Trek, kita bisa memperdalam kemampuan penyampaian kata atau spelling karena pendengar akan diajak untuk mengucapkan ulang vocabulary yang sebelumnya telah dipelajari.

5. StudySpanish.com

Belajar Bahasa Spanyol? Coba 8 Podcast Ini Biar Makin Jagostudyspanish.com

Podcast yang ada di situs ini berisi berisi konten-konten struktural dan punya kelebihan dalam eksplanasi grammar dalam Bahasa Spanyol. Percakapan yang ada juga disampaikan dengan kecepatan sedang dan artikulasi yang jelas. Selain mendengarkan podcast, di tiap materi juga terdapat kuis dan speaking test lho. Jadi kita bisa menguji kembali kemampuan belajar kita.

6. Spanish Obsessed

Belajar Bahasa Spanyol? Coba 8 Podcast Ini Biar Makin Jagospanishobsessed.com

Obsessed Spanish merupakan podcast yang bisa dibilang lebih menekankan pada conversational Spanish, dengan kata lain level praktikal. Jika podcast diatas cenderung memiliki topik formal, maka perbendaharaan kata dan frase dalam Spanish Obsessed lebih berfokus pada tipe dan struktur kalimat yang biasa digunakan di luar kelas, seperti di toko, bar atau restoran. Oleh karena itu podcast ini lebih cocok bagi pelajar level intermediate dan advance.

7. PodcastinSpanish.org

Belajar Bahasa Spanyol? Coba 8 Podcast Ini Biar Makin Jagopodcastinspanish.org

Spanish.org diperuntukkan bagi pelajar dengan level advance karena podcast yang ada mengambil topik yang asing bagi para pelajar tingkat pemula dan menengah. Selain itu penyampaian dialog terasa agak cepat. Tetapi tiap topik podcast memiliki transkrip dialog sehingga kita tetap bisa mengetahui apa yang dibicarakan.

8. Notes in Spanish

Belajar Bahasa Spanyol? Coba 8 Podcast Ini Biar Makin Jagonotesinspanish.com

Notes in Spanish memiliki kesamaan dengan Spanish Obsessed. Podcast yang ada lebih menggunakan vocabulary dalam konteks conversational. Dengan topik berbeda di tiap level, kita akan diajak untuk mengenal banyak kata baru yang tidak hanya terbatas pada kondisi formal language tetapi juga kondisi kasual.

Nah, itu dia 8 situs podcast yang dapat membantumu dalam belajar Bahasa Spanyol. Ayo, yang giat ya belajarnya jadi gak hanya paham Despacito saja. Vamos!

Mob Photo Verified Writer Mob

Hmm- Let me think...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya