Comscore Tracker

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic Betah

#EdFunFact Gak perlu keliling dunia, baca buku di sini udah cukup menyenangkan

Setiap tanggal 23 April lalu diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Bicara soal buku, toko buku jelas jadi surga bagi para pencinta buku setelah sofa empuk yang lengkap dengan buku bacaan, camilan, teh, dan kopi. Apalagi toko buku bernuansa vintage nan cantik yang kesannya hangat dan nyaman, bikin betah lama-lama menelusuri buku sebagai bahan bacaan akhir pekan.

Kalau di Indonesia kita mengenal Post Santa di Jakarta atau Blanco Coffee & Books di Jogja, nah inilah beberapa toko buku di negara lain yang dijamin bikin para pencinta buku rela meninggalkan sofa empuknya.

1. Libreria Acqua Alta, Venesia

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic Betahtheartofexploring.com

Buku-buku lawas di toko ini konon merupakan koleksi si empunya, Luigi Frizzo, yang didapat saat dulu traveling ke berbagai negara. Ia menggunakan gondola tua sampai bathub bekas untuk menata buku karena tokonya terletak tepat di tepi kanal Venesia sehingga saat air meluap maka buku tidak ikut hanyut atau rusak.

Selain itu, ada tangga buku-buku tua di sisi lain Libreria Acqua Alta. Menambah keeksotisan toko buku kecil ini

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic BetahInstagram.com/vi66nya

2. Daunt Books, London

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic Betahindependent.co.uk

Toko buku ini mendapatkan namanya dari sang pendiri, James Daunt. Daunt Books bisa kita jumpai di enam titik di London. Daunt Books di Marylebone disebut-sebut sebagai yang paling indah dengan jendela kaca patri besar serta langit-langit seperti rumah kaca. Sementara toko yang lain ada di Holland Park, Hampstead, Cheapside, Chelsea, dan Belsize Park.

Ini wajah Daunt Books yang ada di Hampstead

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic BetahInstagram.com/kseniaskos

3. Shakespeare and Company, Paris

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic Betahhuabian.com

Berdiri sejak tahun 1919, Shakespeare and Company kini tak hanya menarik minat pencinta buku saja melainkan juga banyak traveler lain. Toko buku dengan desain antik ini identik dengan banyak tokoh sastrawan seperti Ernest Hemingway dan Jean Paul Sartre serta beberapa kali jadi lokasi syuting film romantis.

4. Atlantis Books, Santorini

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic Betahatlantisbooks.org

Ketika Craig Walzer dan Oliver Wise berlibur ke Santorini namun tidak menemukan buku berbahasa Inggris, tercetuslah Atlantis Books. Kadang digelar acara pembacaan buku atau pesta dansa di sana. Terasnya yang menghadap ke laut cocok untuk menikmati momen tenggelamnya matahari.

Bagian dalam Atlantis Books tampak seperti ini, asyik ya?

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic Betahatlantisbooks.org

5. Denizler Kitabevi, Istanbul

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic BetahInstagram.com/egunney

Kalau mau berburu buku-buku lawas, poster dan gambar dari abad ke-19 dan ke-20, peta dan ukiran, serta barang-barang antik, bolehlah kita datang ke Denizler Kitabevi, Bookshop of the Seas. Letaknya ada di ujung selatan Istiklal Caddesi, Istanbul. Dindingnya penuh dengan pigura barang antik, mulai dari foto panglima Kerajaan Ottoman sampai peta-peta jadul.

6. Cow Books, Nakameguro

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic Betahwow-j.com

Beralih ke Asia, ada Cow Books di Nakameguro, area perumahan pinggiran kota Meguro, Tokyo. Letaknya berjejer dengan toko-toko lain di pinggiran sungai yang sekilas akan mengingatkan kita pada anime-anime Jepang. Ruangannya kecil dengan tatanan buku di rak-rak yang menempel ke tembok dan meja baca di tengah.

7. Bookworm, Beijing

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic Betahthatsmags.com

Toko buku ini punya tiga cabang di Cina. Berkat keindahannya, Bookworm kerap jadi tempat kumpul komunitas ekspatriat untuk seminar kecil, pertunjukan musik, sampai kuis berbahasa Inggris. Setiap tahun, Bookworm menyelenggarakan festival sastra yang mempertemukan para penulis kontemporer dari seluruh dunia.

8. Libreria El Pendulo, Meksiko

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic BetahMedium.com/fer_mijares

Menuju ke Benua Amerika, Libreria El Pendulo di Mexico City merupakan toko buku yang banyak menerapkan unsur alam. Terdapat pepohonan di antara rak-raknya yang penuh buku serta beberapa tangga kayu, serasa berada di rumah pohon.

9. Bart's Books, California

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic BetahBrett Childs via fodors.com

Bart’s Books didirikan oleh Richard Bartindale tahun 1964. Menggunakan konsep outdoor, toko buku di California, Amerika Serikat, ini membebaskan kita dari kungkungan dinding. Kita bisa bebas bernapas selagi memilah dan memilih buku.

 

10. The Last Bookstore, Los Angeles

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic Betahnytimes.com

Berdiri sejak tahun 2005, toko buku ini paling dikenal dengan interiornya yang tak biasa. Tumpukan buku menghiasai segala sudut, mulai dari bentuk melengkung, melingkar, sampai jejeran buku-buku terbuka yang menggantung di rak bak burung terbang.

Untuk menuju bagian buku kriminal dan misteri di The Last Bookstore, kita perlu melewati pintu besi seperti ini

10 Toko Buku Vintage di Berbagai Negara yang Bikin Bookaholic Betahfodors.com

Nah, dari 10 toko buku ini, mana yang ingin kamu kunjungi pertama kali?

Henny Alifah Photo Verified Writer Henny Alifah

fangirl on duty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya