Comscore Tracker

Mengenal Badge and Reward IDN Times Community

Resume Community Talk Vol 21

Supaya kamu semakin semangat menulis, IDN Times Community terus memberikan kejutan dan inovasi seru nih buat kamu. Salah satunya adalah adanya fitur badge and reward yang tampilannya bisa kamu lihat di laman dashboard Community-mu. Fitur ini merupakan salah satu inovasi IDN Times Community untuk mengapresiasi para penulis aktif yang berhasil menerbitkan artikel tulisan terbaiknya di IDN Times.

Beberapa dari kamu barangkali sudah memperolehnya namun belum mengerti maksud dari badge ini. Nah, untuk lebih jelasnya tentang fitur baru IDN Times Community tersebut, simak ulasan lengkapnya yuk!

1. Badge and Rewardadalah hadiah "fisik" buat penulis Community selain reward poin

Mengenal Badge and Reward IDN Times Communityidntimes.com

Jika selama ini para penulis IDN Times Community mendapatkan reward berupa poin yang bisa di-redeem menjadi uang tunai, kali ini juga ada reward fisik berupa badge. Tapi, penghargaan ini gak cuma menjadi aksesoris buat profilmu lho. Ada banyak keuntungan buat kamu yang berhasil mendapatkan banyak badge.

Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:

  1. Badge tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah penulis yang telah terverifikasi. Maksudnya, kamu sudah menjadi penulis dengan kualitas tulisan yang tinggi, baik dari segi topik maupun teknisnya.
  2. Tulisanmu akan selalu jadi prioritas editor untuk dipublikasikan
  3. Kamu berkesempatan mendapatkan tugas khusus dari editor IDN Times Community, misalnya meliput peristiwa atau acara yang diadakan di daerahmu
  4. Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk diundang menjadi penulis di IDN Times selama beberapa waktu. Contohnya, saat ada event Piala Dunia 2018 kemarin, IDN Times Community mengundang beberapa penulis Community untuk ikutan menulis berita-berita Piala Dunia di kantor IDN Times Surabaya

2. Fitur 'Badge and Rewards' bisa kamu lihat di tampilan dashboard Community-mu

Mengenal Badge and Reward IDN Times Communityidntimes.com

Bila kamu sudah log in dan masuk ke dashboard profil Community,, fitur Badge and Reward ini berada di kotak sebelah kanan. Nah, jika kamu klik bagian 'View All', akan ditampilkan badge apa saja yang sudah berhasil kamu dapatkan setelah tulisanmu banyak dipublish di IDN Times Community.

Begini tampilan kumpulan badge milikmu nantinya

Mengenal Badge and Reward IDN Times Communityidntimes.com

Kalau kamu sudah berhasil mendapatkan badge, nanti akan muncul ikon-ikon badge tersebut. Namun, kalau kamu belum mendapatkannya, tampilannya hanya berupa tanda tanya dengan medali abu-abu seperti tampak pada gambar.

Nah, IDN Times Community sendiri memiliki beberapa badge yang di antaranya sudah dirilis. Biar semakin jelas, simak badge tersebut yuk!

Baca Juga: Tutorial Upload Gambar di Dashboard Baru IDN Times Community

3. Ini dia macam-macam badgeyang bisa kamu dapatkan

Mengenal Badge and Reward IDN Times Communityidntimes.com

Saat ini IDN Times Community punya 9 badge yang siap diberikan buatmu (dengan syarat dan ketentuan pastinya). Seperti yang ditampilkan pada gambar di atas, setiap badge memiliki perbedaan tersendiri sesuai dengan hasil yang sudah dicapai. Berikut penjelasan lengkapnya sesuai dengan nomor yang tertera pada gambar:

  1. Register adalah badge yang bisa kamu dapat saat pertama kali register sebagai member IDN Times Community
  2. First Post akan kamu dapatkan kalau tulisanmu berhasil diterbitkan di IDN Times Community oleh editor untuk pertama kalinya
  3. 5 Article Published bisa didapat kalau 5 artikel pertamamu berhasil diterbitkan oleh editor
  4. 20 Article Published bisa didapat kalau 20 artikel tulisanmu berhasil diterbitkan di IDN Times oleh editor
  5. Most Viral Article bisa didapat jika ada 1 artikelmu berhasil jadi artikel dengan jumlah pembaca terbanyak
  6. Top 10 bisa didapat kalau kamu masuk Daftar Ranking 10 Besar penulis All Time (sepanjang waktu). Artinya, perhitungannya bukan di posisi mingguan atau bulanan. Namun, selama kamu menulis di IDN Times Community, kamu berhasil masuk ke daftar 10 besar penulis.
  7. Rank 3 bisa didapat kalau kamu berhasil jadi ranking 3 all time
  8. Rank 2 bisa didapat kalau kamu berhasil jadi ranking 2 all time
  9. Rank 1 bisa didapat kalau kamu berhasil jadi ranking 1 all time

Ke depannya, IDN Times Community bakal memberikan lebih banyak jenis badge lagi. Termasuk bila kamu mendapatkan kesempatan mengikuti beberapa program dari IDN Times Community. Misalnya Coaching Program, kamu juga bisa mendapatkan badge khusus. Badge ini bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah lulus pelatihan.

4. Tapi perlu diketahui, badgeini tidak akan menambah poinmu

Mengenal Badge and Reward IDN Times CommunityPexels/Burst

Meskipun suatu saat kamu berhasil mendapatkan badge, kamu tidak akan mendapatkan poin tambahan khusus. Yup, badge ini fungsinya sebagai reward fisik saja. Untuk memperoleh poin, perhitungannya tetap berdasarkan jumlah views artikelmu.

Jangan khawatir, badge ni tetap memiliki fungsi khusus kok. Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, ada banyak sekali manfaat jika kamu berhasil mendapatkan banyak badge dari tulisan-tulisanmu. Jadi rewardnya gak sebatas mendapatkan banyak poin, tapi ada kesempatan menarik lainnya yang ditawarkan tim IDN Times Community buatmu.

5. Supaya kamu mendapatkan badgetersebut, ada beberapa tipsnya nih!

Mengenal Badge and Reward IDN Times CommunityPexels/rawpixel

Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Inilah pepatah yang wajib kamu camkan baik-baik. Tidak ada penghargaan yang diperoleh tanpa ada usaha. Demikian juga untuk mendapatkan badge tersebut, perlu ada perjuangan dan konsistensimu menulis di IDN Times Community. Rajin-rajinlah mengirim tulisan yang baik dengan topik menarik. Bila tulisanmu minim editing, pastinya akan lolos dari moderasi editor dan cepat dipublikasikan di IDN Times Community.

Selain itu, pastikan topik tulisanmu unik agar dibaca oleh banyak orang. Semakin banyak pembacanya, poinmu semakin bertambah dan rankingmu pun akan terus menanjak.

Maka, jangan patah semangat! Teruslah menulis dan perbaiki apa yang perlu diperbaiki dari tulisanmu.

Selamat menulis lagi!

Baca Juga: 10 Jawaban Editor Atas Segala Pertanyaanmu tentang IDN Community

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya