Comscore Tracker

Masih Bingung Bikin Judul Skripsi? Ini 5 Jurus Ampuhnya!

#EdFunFact: Skripsi oh skripsweet

Menjadi mahasiswa tingkat akhir emang berjuta rasanya, sebelum menuju tahap keruwetan skripsi ia otomatis harus menentukan judul terlebih dahulu dan hal ini biasanya yang bikin rumit. Tiap hari nongkrong di internet namun ide pun tak kunjung hadir, terlebih buat mahasiswa eksak yang harus melakukan penelitian dilaboratorium harus ekstra cepat menentukan judul karena lamanya penelitian. Tak usah khawatir, lakukan 5 trik jitu di bawah ini dan kamu pun gak akan merasa bingung lagi dengan judul skripsimu.

1. Tentukan bidang apa yang kamu suka

Masih Bingung Bikin Judul Skripsi? Ini 5 Jurus Ampuhnya!pexels.com/freestock.org

Segera tentukan apa bidang kesukaanmu dan langsung konsultasikan bersama dosen pembimbing. Setelah kamu mampu menentukan, biasanya dosenmu akan memberikan wejangan apakah memang ini bidang yang sehaluan dengan dosenmu atau tidak. Jika tidak biasanya beliau akan langsung memberikan jalan menuju bidang yang memang sesuai dengannya.

2. Lahap jurnal dan jadikan kebiasaanmu

Masih Bingung Bikin Judul Skripsi? Ini 5 Jurus Ampuhnya!pexels/Tookapic

Dosenmu sudah memberikan clue tentang judul skripsi yang sehaluan dengan beliau, otomatis kamu harus memperbanyak membaca jurnal - jurnal yang selaras dan mirip dengan bidang yang akan kamu ambil. Dosenmu gak serta merta akan memberikanmu judul, biasanya beliau lebih suka mahasiswa yang aktif dan mencari sendiri. Bila sudah buntu, baru deh beliau akan membantumu.

3. Sering berkunjung ke perpustakaan

Masih Bingung Bikin Judul Skripsi? Ini 5 Jurus Ampuhnya!pexels/Janko Ferlic

Membaca skripsi atau jurnal para alumni diperpustakaan bisa memberikanmu ide untuk menentukan judul yang tepat. So, perbanyaklah membaca agar kamu segera mendapatkan judul yang emang selama ini kamu cari.

4. Pengalaman internship boleh juga kamu jadikan judul

Masih Bingung Bikin Judul Skripsi? Ini 5 Jurus Ampuhnya!pexels.com/ Tirachard Kumtanom

Saat kamu KKN atau magang, boleh juga kamu jadikan judul skripsimu. Tapi tentunya atas persetujuan dosenmu ya!

5. Kepoin sang dosen pembimbing

Masih Bingung Bikin Judul Skripsi? Ini 5 Jurus Ampuhnya!gazettereview.com

Trik ini boleh kamu lakukan jika memang kamu sudah kehabisan cara mencari judul skripsi lewat jurnal atau karya ilmiah lainnya. Kamu bisa bertanya kepada dosenmu, siapa tahu memang ada judul skripsi untukmu. Biasanya sih hal ini khusus dosen yang punya banyak proyek penelitian, beliau akan langsung memberimu judul skripsi yang memang sesuai dengan proyek beliau. Beruntung kamu mendapatkan dosen pembimbing yang aktif dengan berbagai penelitian.

6. Tanya kakak kelas atau alumni

Masih Bingung Bikin Judul Skripsi? Ini 5 Jurus Ampuhnya!pexels.com/startupstockphotos.com

Kamu boleh juga bertanya kepada alumni atau kakak kelas mengenai judul skripsi, siapa tahu kakak kelasmu punya ide tentang judul skripsi yang selama ini belum terealisasi dan boleh kamu ambil. Disinilah pentingnya kenal dengan kakak kelas karena mereka bisa banyak membantumu.

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya