Comscore Tracker

Amanat: Pengertian, Bentuk dan Contohnya 

Apa Itu Amanat?

Banyak yang mengartikan amanat adalah sebuah pesan untuk disampaikan. Amanat mempunyai berbagai penyebutan seperti halnya wejangan ataupun pesan.

Dalam hal investasi, amanat merupakan perintah untuk membeli ataupun menjual sekuritas pada pialang yang ingin membelinya. Perintah ini mempunyai 4 kategori dasar yakni perintah terbatas, pasar, berhenti dan berjangka.

1. Pengertian amanat

Amanat: Pengertian, Bentuk dan Contohnya pixabay.com

Pada umumnya amanat adalah bentuk pesan yang harus tersampaikan kepada penerima agar perintahnya bisa dijalankan, bisa berbagai bentuk mulai dari instruksi ataupun tertulis seperti dengan menggunakan memo jika berada di sebuah perusahaan.

Amanat biasanya diberikan kepada orang yang dipercaya untuk menyampaikannya kepada penerima pesan. Sehingga baik orang yang diberikan ataupun penerima amanah harus menjalankan instruksi tersebut dengan benar.

2. Pengertian menurut para ahli

Amanat: Pengertian, Bentuk dan Contohnya Unsplash/Kev Costello

Terdapat pengertian amanat dari beberapa para ahli, berikut ini:

  • Wahyudi Siswanto (2008:161-162)
    Amanat merupakan gagasan yang dijadikan dasar dalam pembuatan karya sastra serta keinginan penyampaian pesan dari seorang penulis kepada pembacanya. Namun, dalam bentuk karya sastra modern, amanat biasanya sudah dalam bentuk tersirat berbeda dengan karya sastra lama dengan bentuk tersurat.
  • Engkos Kinasih
    Menurut Engkos Kinasih pada tahun 2006, mengatakan bahwa konsep alamat merupakan pesan yang akan disampaikan oleh penulis pada pembacanya dari tulisan. Sehingga pembaca perlu menarik kesimpulan dengan mencari seluruh isinya untuk mengetahui pesan yang disampaikan tersebut.
  • Rusiana (1982:74)
    Menurut Rusiana bahwasannya makna sebuah amanat adalah doktrin secara moral ataupun pesan yang disampaikan penulis terhadap pembacanya. Amanat tersebut merupakan sesuatu yang perlu dipikirkan oleh pembaca.
  • Sadikin
    Menurut Sadikin (2010), bahwa amanat merupakan sebuah solusi yang diperuntukkan pada masalah atau makna yang telah dikawinkan oleh seorang penulis pada sebuah bentuk karya sastra.

3. Ciri-ciri amanat

Amanat: Pengertian, Bentuk dan Contohnya ilustrasi kertas kosong (pexels.com/Angela Roma)

Dengan kalian mengetahui dasar apa itu amanat maka mudah untuk lebih mendalaminya. Untuk mengetahui bahwa itu amanat atau bukan, maka kalian juga perlu mengetahui apa saja ciri-ciri yang mendasarinya. Berikut ini beberapa ciri-ciri amanat yang bisa kalian ketahui:

  • Amanat bisa diketahui dengan jelas atau eksplisit dalam berbagai bentuk seperti nasihat, saran, seruan, peringatan atau bahkan larangan.
  • Amanat bisa disampaikan dengan cara langsung maupun secara tersirat.
  • Amanat bisa disampaikan oleh pihak yang memberikan pesan dengan tujuan agar penerima pesan bersedia melakukan ataupun menyampaikan suatu hal dari amanat yang tersampaikan.
  • Amanat pada sebuah karya biasanya ditransmisikan pada akhir cerita, sehingga pembaca bisa mengerti pesan yang disampaikan ketika sudah membaca seluruh isi cerita tersebut.

4. Bentuk amanat

Amanat: Pengertian, Bentuk dan Contohnya Pexels.com/Andrea Piacquadio

Amanat mempunyai dua bentuk yang berbeda yakni dalam bentuk tersirat atau tersurat. Berikut inilah uraian terkait kedua bentuk tersebut:

Amanat Tersurat
Salah satu bentuk amanat yang bisa disampaikan dengan cara langsung dan cukup jelas. Sehingga bisa dimengerti dengan mudah oleh penerima pesan melalui kalimat deskriptif dapat berupa surat perintah maupun tulisan.

Amanat Tersirat
Bentuk dari amanat yang disampaikan dengan cara tersembunyi atau implisit oleh penerima pesan. Pesan tersebut hanya bisa dipahami dan dimengerti oleh penerima pesan apabila mengetahui konteks apa yang sudah disampaikan tersebut.

Baca Juga: Gerakan Mukena Bersih, Relawan Penjaga Amanat Kebersihan Baju Ibadah

5. Contoh amanat

Amanat: Pengertian, Bentuk dan Contohnya Unsplash

Amanat dari Pesan Tersurat
Contoh yang bisa dihadirkan oleh pesan tersurat seperti halnya ketika terdapat pesan untuk disampaikan kepada penerima pesan, maka amanat tersebut dituliskan dalam sebuah kertas secara jelas agar dapat dilakukan. Sehingga penerima pesan mengerti maksud dan tujuan dari pesan yang diterimanya itu dan penerima pesan bisa menjalankan mandat itu dengan baik.

Pesan tersurat ini biasanya sangat jelas di dalam tulisan yang disampaikan, sehingga pembaca atau penerima pesan tidak perlu mencari lebih dalam lagi. Seperti contohnya pesan tersurat pada sebuah cerita misalnya tidak boleh jahat kepada orang lain, tidak boleh berbohong kepada orangtua, harus rajin menabung dan lain sebagainya.

Amanat dari Pesan Tersirat
Berbeda halnya dengan pesan tersirat, meskipun mempunyai tujuan dan fungsi yang sama namun mempunyai perbedaan dalam bentuknya. Pesan tersirat bisa dipahami dan dimengerti ketika pihak penerima pesan mempunyai pengertian yang sama dengan pemberi pesan atas arahan yang disampaikan.

Sehingga untuk mengerti apa itu amanat dalam pesan tersirat, pembaca tau penerima pesan harus memahami seluruh tulisan dan menarik kesimpulan dari pesan tersebut. Dari situlah baru bisa diketahui apa pesan yang disampaikan kepada penerima, dengan demikian penerima bisa melakukannya sesuai isi pesan tersebut.

Pada dasarnya amanat merupakan bentuk pesan yang ditujukan kepada penerima pesan agar bisa dijalankan sesuai dengan penyampaiannya, bisa dalam bentuk ucapan langsung ataupun secara tertulis tergantung pemberi pesan menyampaikannya.

Baca Juga: Meneruskan Amanat KPK, Anies Imbau ASN Tak Menerima Pemberian Parsel

6. Kesimpulan

Demikianlah penjelasan apa itu amanat yang diartikan sebagai pesan untuk disampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.

Baca Juga: Amanat Penyerahan: Pengertian dan Fungsinya

Topic:

  • Kiki Amalia
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya