Comscore Tracker

Borjuis: Pengertian dan Sejarahnya 

Apa Itu Borjuis?

Nama borjuis sebenarnya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat karena sudah sering mendengarnya. Sebenarnya apa itu borjuis menurut kalian semua?

Dalam artian di KBBI, bahwa borjuis merupakan kelas masyarakat yang asalnya dari kalangan menengah hingga ke atas, hal ini biasanya menjadi perdebatan oleh masyarakat biasa. Namun dalam bidang ekonomi apa itu borjuis? yakni segolongan orang yang telah memiliki pekerjaan tanpa mempunyai pekerja lainnya, dimana secara umum masuk di kelas menengah tinggi.

1. Pengertian borjuis

Borjuis: Pengertian dan Sejarahnya Pixabay/Free-Photos

Pada umumnya borjuis memang dianggap sebagai masyarakat yang mempunyai kelas sosial lebih tinggi daripada masyarakat sederhana atau jelata. Golongannya antara menengah hingga atas di mana biasanya adalah kalangan pemilik usaha dengan modal banyak.

Gagasannya yang muncul mengenai borjuis sebenarnya datang sejak lama dan dikonstruksikan oleh Karl Marx pada tahun 1818 sampai 1883. Kemudian kaumnya borjuis mulailah melakukan perkembangan seiringnya waktu di Eropa saat abad ke 12 bersama adanya eksodus desa serta urbanisasi.

2. Sejarah adanya kalangan borjuis

Borjuis: Pengertian dan Sejarahnya Pexels/Jopwell

Kemunculan kelasnya sosial membawa fenomena sejarah yang dimulai oleh bangsa Eropa dan tidak dapat dilakukan perubahannya. Inilah sejarah perkembangan kehadiran para borjuis yang dikenal masyarakat hingga kini:

Awal Munculnya Borjuis
Di abad ke 11 borjuis mulailah menampakkan dirinya di sebuah kota kecil wilayah Eropa Tengah juga Barat yang menjadikan kotanya ini guna melakukan perdagangan. Namun hal itu mulai meluas akibat adanya konsentrasi dalam bidang ekonomi khususnya kehadiran sebuah organisasi mandiri dan mempunyai tujuan membuat perlindungan hingga terbentuk perserikatan.

Perserikatannya itu merupakan pengusaha yang bergerak sendiri baik itu pengrajin ataupun pedagang, sehingga bertolak belakang dimana tuannya tanah feodal memberikan tuntutan penyewaan besar. Permintaan atas sewanya mereka lakukan, diluar perjanjian dimana sudah disepakati sebelum menggunakan tanah untuk berdagang.

Pergerakan Abad ke 16
Sekitar tahun 1500 Masehi, ketika Eropa Barat di bawahnya rezim monarki, para orangnya borjuis ini melakukan tindakan untuk kepentingan pribadinya masing – masing. Namun secara politiknya, mereka memberikan dukungan kepada raja ataupun ratu yang sedang memimpinnya. 

Hal itu guna mendapatkan hak gangguan hukum serta uang akibat serakahnya penguasaan feodal. Kemudian abad 17, borjuis Belanda maupun Inggris akhirnya mendapatkan kekuatannya finansial secara politik, sehingga mereka bisa menggulingkan seluruh tatanan para penguasanya feodal.

Keprogresifan Kalangan Borjuis Abad 17: Apa Itu Borjuis?
Pada abad ini ternyata orang borjuis mengalami perkembangannya dari segi politik yang mengakibatkan orangnya bersikap progresif.  Sehingga banyak dukungan atas kebijakan baru buatan  kepemerintahan baik itu secara konstitusional serta hal alamiahnya.

Tidak hanya itu, mereka juga mendukung prinsip untuk menolak adanya hukum privilese serta mengklaim kekuasaan bersama hal ilahinya. Dimana masyarakat bangsawan serta para walinya gereja sudah lakukan pelatihan otonomi ketika di bawahnya penguasa feodal.

Perjalanan Hingga Revolusi Industri
Sekitar abad 19 borjuis mengungkapkan liberal dan perolehan hak politik, agama serta mendapatkan hak bebas sipil baginya para kalangan masyarakat kelas sosial bawah atau jelata. Sehingga borjuis dianggap sebagai pemberi kekuatan filosofis serta politik untuk bergerak dengan progresif pada masyarakat Eropa.

Namun tengah abad tersebut, tepatnya tahun 1750 hingga 1850, ekspansi orang borjuis menimbulkan adanya stratifikasi sosial. Para kaum kapitalis mulai merangkak naik di golongan atas, sedangkan teknologi dan pekerjaan teknis mengalami perkembangan naiknya kaum laki – laki serta perempuan di kelasnya pekerja bawah.

3. Contoh kaum borjuis

Borjuis: Pengertian dan Sejarahnya unsplash.com/@brookecagle

Deretan pabrik besar yang sedang beroperasi dengan memproduksi berbagai barang  baik itu sandang, papan, pangan atau kebutuhan tersier lainnya. Dari pabrik itulah tentu mempunyai satu orang pemilik yang bisa dikatakan sebagai golongan kaya raya karena dianggap mempunyai keuangan lebih besar dibandingkan para pekerja.

Lalu apa itu borjuis dan kaitannya dengan pabrik? pemilik tersebut merupakan kategori orang borjuis yang mampu mempekerjakan karyawan hingga menggajinya setiap bulan. Dari aktivitas itulah kaum borjuis telah mendapatkan penghasilan dan keuntungan cukup besar karena produktivitasnya berjalan dengan baik.

Baca Juga: Profil dan Biodata Jaemin NCT, Si 'Anak Tunggal Kaya Raya'

4. Ciri–ciri orang borjuis

Borjuis: Pengertian dan Sejarahnya Pexels.com/MarcusAurelius

Setelah mengetahui apa itu borjuis dengan perjalanan sejarahnya, kita ketahui juga ciri yang ada pada kaum tersebut. Berikut ciri lingkungan masyarakat yang berada di kelasnya borjuis:

  1. Menjadi salah satu anggota pada tingkatan kelas pertama yang ada dalam penyusunan para masyarakat yang dianggap berkelas.
  2. Anggota yang ada di dalam strukturalnya adalah mereka yang mempunyai banyak uang ataupun lahan.
  3. Selain modal uang dan lahan juga memiliki alat produksi untuk menjalankan usahanya, seperti halnya pabrik.
  4. Dari adanya usaha pabrik tersebut mendapatkan keuntungan besar dari modal yang tersedia di awal.

Baca Juga: Pajak Orang Kaya Bergaji Rp5 M Naik Jadi 35 Persen!

5. Penutup

Guna mengetahui fenomena sejarah apa itu borjuis, sebenarnya mudah sekali untuk ditemukan. Hingga kini pun perkembangannya masih ada dan terasa di lingkungan masyarakat.

Baca Juga: 10 Perbedaan Cara Pandang Orang Kaya dan Orang yang Pura-pura Kaya

Topic:

  • Kiki Amalia

Berita Terkini Lainnya