Comscore Tracker

Bukan Penduduk: Pengertian dan Contohnya 

Apa Itu Bukan Penduduk?

Apa itu bukan penduduk? Ialah mereka yang sedang tidak berada di domisili wilayah hukum secara nonresident. Hal itu dapat berlaku oleh semua orang yang datang ke sebuah wilayah baik dari WNA ataupun WNI.

Namun mereka itu tidak menetap di sebuah tempat tersebut atau hanya tinggal beberapa waktu saja untuk mengurus atau melakukan sebuah kepentingan. Sehingga pendatang itu tidak dapat dikatakan sebagai penduduk dari daerah tersebut, meskipun sedang tinggal di sana.

1.Pengertian bukan penduduk

Bukan Penduduk: Pengertian dan Contohnya Grafik Laju Pertumbuhan Penduduk (sumber: Badan Pusat Statistik)

Banyak sekali yang salah mengartikan apa itu bukan penduduk, karena rata-rata arahnya hanya pada warga negara asing yang datang ke Indonesia. Padahal non residen merupakan seseorang yang tinggal di sebuah wilayah serta mempunyai kepentingan di wilayah lainnya.

Dari otoritas pemerintah maka mereka diklasifikasikan sebagai bukan penduduk setempat. Pemberian klasifikasi tergantung dari peraturan setiap daerah terkait lokasi tinggal, namun tidak pada kewarganegaraannya.

2. Contoh bukan penduduk

Bukan Penduduk: Pengertian dan Contohnya 

Setelah mengerti arti apa itu bukan penduduk, maka mudah sekali menemukan contoh yang ada di sekitar kita. Contohnya misal terdapat orang yang sedang tinggal di sebuah negara serta mempunyai bisnis di wilayah lainnya.

Sehingga mereka itu bukan penduduk yang kerja di tempat itu. Maka perlu sekali dari 184 hari lebih harus melakukan pengajuan 2 pengembalian pajak, penduduk dan bukan penduduk. 

3.Hak dan kewajiban bukan penduduk

Bukan Penduduk: Pengertian dan Contohnya Jumlah Penduduk Menurut Pulau (sumber: Badan Pusat Statistik)

Meskipun bukan penduduk namun juga mendapatkan hak dan kewajibannya. Kewajiban yang diperoleh oleh bukan penduduk yakni mendapatkan izin melakukan kunjungan ke setiap negara maupun daerah tujuannya dengan mentaati peraturan yang ada.

Sementara itu melihat adanya kewajiban juga terdapat haknya sebagai bukan penduduk. Yakni hak utama berkaitan dengan HAM  yang telah di akui Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

4.Lama waktu tinggal

Bukan Penduduk: Pengertian dan Contohnya Dok. BPS

Setiap individu bukan penduduk dan bukan WNI maka mempunyai kewajiban untuk memiliki ITAS (Izin Tinggal Terbatas). Sehingga bagi pendatang WNA harus mengurus ITAS apabila visa yang ada tidak bisa mencukupi waktu tinggalnya di negara Indonesia.

Kepemilikan ITAS harus selalu dilakukan perpanjangan setiap tahunnya untuk tetap mendapatkan izin tinggal di negara tersebut. Sehingga setiap individu yang taat ketetapan peraturan bisa tinggal dalam waktu terbatas dengan mewajibkan memakai visa kunjungan.

5.Status penduduk

Bukan Penduduk: Pengertian dan Contohnya 

Kependudukan setiap orang bisa langsung didapatkannya dari keturunan atau negara mana ia dilahirkan. Aturannya ini terkait penduduk yang mempunyai hubungan antara negara dan warganya.

Sehingga warga negara asing merupakan mereka yang berkewarganegaraan asing. Maka dari itu bukan penduduk sebagai negasi atas pengertiannya penduduk.

6.Memahami perbedaan penduduk dan bukan penduduk

Bukan Penduduk: Pengertian dan Contohnya Unsplash/Evelyn Paris

Ketika kita mengetahui tentang penduduk dan bukan penduduk artinya akan menambah pengetahuan terkait kependudukan. Dari situlah juga bisa mengetahui apa saja hak dan kewajiban yang di dapat dari keduanya itu serta norma hingga aturan pada setiap kategorinya.

Ketentuan UU terkait penduduk dan bukan penduduk tertuang pada UU No 52 tahun 2009 mengenai perkembangan penduduk. Di dalamnya itulah telah tercantum hak dan kewajiban setiap penduduknya.

Baca Juga: 5 Negara dengan Kepadatan Penduduk Terendah, Australia Salah Satunya

7. Tujuan ilmu kependudukan

Bukan Penduduk: Pengertian dan Contohnya unsplash.com/Andrew Neel

Dalam peranannya pemerintah informasi mempelajari ilmu kependudukan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam melakukan penyusunan rencana. Baik di bidang pendidikan, kesejahteraan, pajak atau sektor bidang yang lainnya.

Baik swasta pun informasi mengenai penduduk dan apa itu bukan penduduk juga sangat penting. Hal itu digunakan sebagai pembuatan rencana dalam produksi, distribusi hingga kegiatan marketing atas produknya.

Baca Juga: Ma'ruf: 196.120 Penduduk Miskin Ekstrem di Papua Jadi Prioritas

8. Teori kependudukan

Bukan Penduduk: Pengertian dan Contohnya Dok/Badan Pusat Statistik

Guna mempelajari teori yang terkandung pada kependudukan kita harus mengetahui dasarnya terlebih dahulu. Sehingga penggalian informasi bisa memberikan pemahaman secara pasti mengenai tujuan pembelajaran terkait kependudukan.

Teori kependudukan secara umum terbagi menjadi 3 kategori yang membahasnya secara rinci. Yakni teori sosial, natural dan transisi demografi yang dapat ditemukan dengan mudah, terlebih ketika ingin melakukan riset atau penelitian terkait teori tersebut. 

Baca Juga: 10 Negara ini Punya Populasi Penduduk Paling Sedikit di Dunia

9. Konsep non residen pada institusi

Bukan Penduduk: Pengertian dan Contohnya pexels

Organisasi yang tingkatnya internasional bukanlah residen (non resident). Hal itu berlaku ketika berada di wilayah yang mana organisasi tersebut beroperasi. Akan tetapi pegawainya dari badan internasional ataupun nasional itu bukan penduduk wilayah tersebut. Apabila orang-orang tersebut apabila masih melakukan misinya dalam kurun waktu kurang dari satu tahun berada di situ.

10. Penutup

Dari informasi di atas dapat kita ketahui apa itu penduduk dan bukan penduduk saat berada di sebuah wilayah. Sebab penduduk memanglah masyarakat di situ yang telah tinggal tetap di wilayahnya.

Berbeda dengan apa itu bukan penduduk, mereka bukanlah masyarakat asli dan tidak tetap di suatu wilayah. Kedatangannya hanya dalam waktu yang sebentar atau sementara waktu saja untuk melakukan kunjungan, penelitian, berbisnis atau hal lainnya dengan atas izin tinggal.

Topic:

  • Kiki Amalia

Berita Terkini Lainnya