Comscore Tracker

Jadi Bahasa Paling Sulit, Ini 5 Fakta Unik Bahasa Hungaria

Kamu tertarik belajar bahasa Hungariar?

Bahasa menjadi salah satu identitas sebuah bangsa. Selain kebudayaan, ras, atau kebiasaan, bahasa juga menjadi pembeda antara sebuah negara dengan negara lain di dunia. Hal yang sama juga berlaku bagi negara Hungaria.

Untuk kamu yang belum tahu, Hungaria adalah sebuah negara yang berada di Eropa Timur. Meski letaknya di Eropa, Hungaria sangat berbeda dengan negara Eropa lainnya termasuk dalam urusan bahasa. Dan berikut ini 5 fakta unik tentang bahasa Hungaria yang wajib kamu ketahui!

1. Merupakan salah satu bahasa paling sulit di dunia

Jadi Bahasa Paling Sulit, Ini 5 Fakta Unik Bahasa Hungariaunsplash.com/Kenan Buhic

Belajar bahasa asing bukanlah hal yang mudah. Apalagi kalau kamu belajar bahasa Hungaria. Bahasa Hungaria menggunakan huruf Romawi dalam penulisannya. Hungaria juga memiliki 14 huruf vokal dalam bahasanya yaitu á, é, í , ó, ö, ő, ú, ü, ű dan vokal lain seperti a, i, u, e, o yang biasa kita gunakan setiap hari.

Selain itu ada banyak aturan kompleks dalam bahasa ini dan membuat orang yang mencoba mempelajarinya kesulitan. Saking sulitnya, bahasa Hungaria bahkan masuk dalam 10 besar bahasa paling sulit di dunia.

2. Bukan Eropa, bahasa Hungaria berasal dari benua Asia

Jadi Bahasa Paling Sulit, Ini 5 Fakta Unik Bahasa Hungariaresearchgate.net

Berada di benua Eropa, siapa sangka jika bahasa Hungaria tidak berasal dari daratan Eropa. Berbeda dengan kebanyakan negara di benua biru, bahasa Hungaria justru berasal dari benua Asia yaitu wilayah Uralic. Selain itu bahasa ini juga banyak dipengaruhi oleh bahasa Jerman.

3. Merupakan salah satu bahasa yang cukup langka

Jadi Bahasa Paling Sulit, Ini 5 Fakta Unik Bahasa Hungariabudapesttimes-archiv.bzt.hu

Hungaria adalah negara kecil dengan penduduk sekitar 9,8 juta orang. Selain penduduk Hungaria, ada beberapa negara tetangga yang merupakan pecahan kerajaan Hungaria yang masih setia menggunakan bahasa ini. Di dunia ini penggunaan bahasa Hungaria termasuk langka karena hanya ada total 13 juta orang yang menggunakan bahasa Hungaria dalam kehidupan sehari-hari. Alasan lain mengapa hanya ada sedikit orang yang bisa bahasa Hungaria adalah karena bahasa ini sangat sulit dipelajari.

Baca Juga: 5 Dessert Hungaria yang Siap Manjakan Lidahmu, Awas Ketagihan!

4. Memiliki nama lain yaitu Magyar

Jadi Bahasa Paling Sulit, Ini 5 Fakta Unik Bahasa Hungariafacebook.com/Tulipan Magyar neptanc csoport

Kita menyebutnya bahasa Hungaria atau mungkin Hongaria language. Tapi di negara asalnya bahasa Hungaria dikenal dengan nama Magyar. Selain bahasa, nama "Magyar" juga digunakan untuk menyebut orang-orang berkebangsaan Hungaria. 

5. Meski sudah berusia tua, tapi bahasa Hungaria masih sangat asli

Jadi Bahasa Paling Sulit, Ini 5 Fakta Unik Bahasa Hungariablikk.hu

Sama seperti bahasa lain di dunia, bahasa Hungaria juga mengalami perubahan dari tahun ke tahun entah itu dialek atau kata-kata. Yang mengagumkan adalah, meski ada beberapa perubahan sekitar 68% etimon atau kata-kata aslinya masih murni dan belum berubah sejak diciptakan pertama kali.

Baca Juga: 7 Kuliner Klasik dari Hungaria Ini Siap Menggelitik Lidahmu!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 11:15:07

Progress: 766.039 dari 813.350 TPS (94.18319%)

Just For You