Comscore Tracker

945 Mahasiswa Ikuti Seleksi Djarum Beasiswa Plus di Surabaya

Pengembangan soft skills mulai dilirik

Jakarta, IDN Times - Sistem pendidikan pada zaman dulu memandang angka sebagai satu-satunya tolak ukur kecerdasan seseorang. Sepuluh dianggap baik, nol dianggap buruk.

Namun, perlahan pandangan itu bergeser dan kecerdasan emosional mulai mendapat perhatian. Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan jasa profesional Deloitte dalam laporan Global Human Capital Trends 2017 menunjukkan bahwa tenaga kerja di masa depan membutuhkan keseimbangan dari keterampilan teknis, keterampilan pemecahan masalah, kreativitas, keterampilan sosial dan kecerdasan emosional.

Djarum Foundation melihat kebutuhan itu. Dalam program beasiswa prestasi Djarum Beasiswa Plus 2018/2019 di Surabaya, Djarum Foundation akan menjaring mahasiswa berprestasi untuk berikan bekal soft skill.

1. Menyeimbangkan kecakapan akademik dan keterampilan lunak

945 Mahasiswa Ikuti Seleksi Djarum Beasiswa Plus di SurabayaDok.IDN Times/Istimewa

Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Laksmi Lestari menuturkan bahwa salah satu keuntungan dengan menjadi Beswan Djarum adalah mendapatkan berbagai pelatihan untuk menyerasikan pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di perguruan tinggi dengan berbagai keterampilan lunak (soft skills).

"Tujuannya, agar para Beswan Djarum di kemudian hari menjadi pemimpin bangsa yang cakap secara inteligensia dan emosional,” ujar Laksmi.

2. Diikuti lebih dari 900 mahasiswa dari 7 Perguruan Tinggi ternama

945 Mahasiswa Ikuti Seleksi Djarum Beasiswa Plus di SurabayaDok.IDN Times/Istimewa

Proses seleksi calon penerima beasiswa prestasi Djarum Beasiswa Plus diikuti oleh sebanyak 945 mahasiswa berprestasi dari Kota Pahlawan. Ke-945 mahasiswa tersebut berasal dari Universitas Airlangga, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Surabaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Dr Zainal Arief, ST, MT menyambut positif dengan adanya program yang memberikan pengembangan mahasiswa dalam hal pengetahuan, keterampilan dan karakter ini.

“Program Djarum Beasiswa Plus membantu mahasiswa untuk bisa meningkatkan kapasitas karakter dan soft skills sebagai bekal penting untuk lebih mampu mengimplementasikan kemampuan akademiknya. Karena di situ ada pembelajaran tentang team work, saling menghargai pendapat, empati, dan tanggung jawab,” ujar Zainal.

3. Belajar sambil berinteraksi

945 Mahasiswa Ikuti Seleksi Djarum Beasiswa Plus di SurabayaDok.IDN Times/Istimewa

Selain meningkatkan potensi akademik dan soft skills, program Djarum Beasiswa Plus juga dapat menjadi tempat bagi pesertanya untuk saling berinteraksi.

“Di Djarum Beasiswa Plus mereka berinteraksi aktif dengan Beswan Djarum lain yang berasal dari beragam latar belakang, dari seluruh Indonesia, sehingga bisa saling mengenal dan bertukar wawasan. Kemudian ada pengelompokan yang bisa memberikan pelajaran tentang nilai kebersamaan. Ini diperlukan saat mereka lulus dan masuk ke dunia kerja,” imbuh Zainal.

Baca juga: 700 Mahasiswa dari 7 PT Ternama Yogyakarta Ikuti Tes Beasiswa Djarum 

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Just For You