Comscore Tracker

8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa 

Istilah mana yang sering kamu temui?

Mendapatkan pendidikan yang lebih baik merupakan impian semua orang, namun akan lebih menarik apabila tanpa mengeluarkan biaya bukan? Pada zaman sekarang ini sudah banyak instansi-instansi di sekitar kita yang menyediakan informasi mengenai beasiswa. Kita, hanya perlu mempersiapkan diri dan mendaftar.

Namun selama proses mencari informasi, pernahkah kamu menemui istilah-istilah yang terdengar asing? Yap, istilah-istilah tersebut harus kita ketahui karena sangat berperan penting selama proses pencarian beasiswa. Bahkan, juga berperan penting untuk persiapan persyaratan dan proses pendaftaran.

Penasaran bukan? Berikut delapan istilah yang akan ditemui ketika mencari informasi beasiswa.

1. Fully Funded  

8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa Pexels.com/AndreaPiacquadio

Fully Funded adalah istilah untuk jenis beasiswa yang mencakup hampir semua kebutuhan perkuliahan. Mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, uang buku, fasilitas penunjang, akomodasi, tiket pesawat, pengurusan visa dan biaya penelitian.

Informasi ini harus diketahui supaya kamu tidak menghabiskan uang pribadi, padahal semua kebutuhan selama proses pendidikan sudah ditanggung oleh pemberi beasiswa.

2. Partial Funded  

8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa Pexels.com/Giftpundits.com

Sedangkan Partial Funded atau yang sering disebut dengan beasiswa setengah, merupakan jenis beasiswa yang hanya mencakup sebagian kebutuhan perkuliahan. Seperti biaya kuliah, akomodasi dan fasilitas. Oleh karena itu, penerima beasiswa harus mengeluarkan biaya tambahan, di luar dana yang diberikan pemberi beasiswa.

Baca Juga: Peluang Besar, Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Pantas Mendapatkan Beasiswa

3. Eligibility 

8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa Pexels.com/AndreaPiacquadio

Merupakan kelayakan untuk syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam mendapatkan beasiswa, seperti batas umur penerima beasiswa, IPK, skor kemampuan bahasa, pengalaman dan syarat lainnya yang perlu disesuaikan dengan syarat beasiswanya. Masing-masing beasiswa mempunyai eligibility yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh pencari beasiswa sebelum proses-proses selanjutnya.

4. LOA (Letter of Acceptance) 

8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa Pexels.com/Pixabay

LOA atau surat pernyataan diterima merupakan surat yang dikeluarkan oleh institusi atau universitas yang menyatakan bahwa kamu sudah diterima sebagai calon mahasiswa. LOA bisa bersifat conditional (bersyarat) dan unconditional (tidak bersyarat).

Jika mendapatkan LOA conditional, maka kamu harus memenuhi syarat tertentu sebelum benar-benar dinyatakan diterima oleh kampus yang memberikan pernyataan. Biasanya syarat yang diminta seperti surat kemampuan bahasa dengan skor tertentu.

Sedangkan untuk LOA unconditional, kamu tidak perlu menyiapkan syarat-syarat tambahan, karena LOA jenis ini merupakan pernyataan secara resmi bahwa kamu sudah diterima di kampus tujuan.

5. Allowance 

8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa Pexels.com/StanleyMorales

Merupakan biaya tunjangan yang akan kamu terima untuk memenuhi kebutuhan di negara tujuan. Biasanya tunjangan yang akan kamu terima adalah tunjangan kebutuhan awal, buku, perjalanan atau tunjangan keluarga.

6. Admission 

8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa Pexels.com/picjumbo.com

Segala proses pendaftaran yang kamu lakukan disebut dengan admission. Mulai dari pendaftaran berkas, wawancara, berhasil mendapatkan beasiswa, hingga akhirnya diterima menjadi mahasiswa di kampus yang kamu inginkan.

7. Motivation Letter 

8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa Pexels.com/picjumbo.com

Motivation Letter merupakan salah satu syarat yang dibutuhkan untuk mengambil studi baik dalam negeri maupun luar negeri. Dokumen yang satu ini juga sering disebut dengan personal statement, statement of purpose, study objective dan banyak lainnya.

Motivation letter merupakan salah satu hal penting yang digunakan oleh reviewer beasiswa untuk mengetahui tentang diri kamu, bagaimana cara kamu berpikir, tujuan kamu mendaftar beasiswa dan potensi yang dimiliki.

Dalam motivation letter, kamu bisa menceritakan mengenai latar belakang kehidupan dan pendidikan, penjelasan alasan memilih kampus tersebut, riset apa yang akan dilakukan, dan penjelasan keunggulan diri. Jangan lupa gunakan tata bahasa yang baik, santun, dan fokus kepada satu hal.

8. Recommendation Letter  

8 Istilah Menarik yang Sering Ditemui dalam Info Beasiswa Pexels.com/IvanSamkov

Merupakan surat yang ditulis oleh orang yang merekomendasikan kamu untuk melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi. Pemberi rekomendasi terbaik adalah orang yang pernah berinteraksi dengan kamu minimal selama enam bulan. Misalnya pembimbing skripsi, guru mata pelajaran, kepala sekolah atau atasan di tempat kamu bekerja. Jangan disepelekan, karena hampir semua beasiswa membutuhkan recommendation letter ini.

Delapan poin di atas merupakan istilah yang akan kamu temukan ketika mencari informasi beasiswa. Supaya proses pencarian dan pendaftaran beasiswa kamu berjalan lancar, tidak ada salahnya untuk mempelajarinya bukan? Selain tujuh istilah di atas, kira-kira istilah apalagi ya, yang berhubungan dengan info beasiswa?

Baca Juga: Banyak Keuntungan, 6 Hal yang Harus Disiapkan untuk Beasiswa GKS Korea

Maisix Dela Desmita Photo Verified Writer Maisix Dela Desmita

http://maisixdela.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya