Comscore Tracker

5 Macam Kata Ganti dalam Bahasa Arab yang Perlu Kamu Ketahui

Kata ganti dalam bahasa Arab disebut "dhomir" 

Seperti kebanyakan bahasa di dunia, bahasa Arab juga memiliki tata bahasa yang sangat komplit. Salah satunya pada kata ganti yang juga disebut dengan dhomir ini. Bahkan, suatu bentuk kata yang berfungsi untuk merujuk "sesuatu" ini, terbagi atas dua jenis yaitu, dhomir bariz dan dhomir mustatir.

Tak sampai di situ, masing-masing jenis dhomir ini juga memiliki banyak pembagian lagi, lho!. Seperti, pada dhomir bariz yang memiliki sub bagian yaitu bariz munfasil. Dimana bariz munfasil  terdiri atas lima macam kata ganti, seperti yang akan kita bahas di bawah ini. Yuk, disimak!

1. Kata ganti orang pertama 

5 Macam Kata Ganti dalam Bahasa Arab yang Perlu Kamu KetahuiIlustrasi seorang wanita (Dok.pribadi/Maisix Dela Desmita)

Kata ganti orang pertama dalam bahasa Arab terbagi atas dua macam, yaitu أَنَا (anaa) yang berarti "saya" dan نَحْنُ (nahnu) yang berarti "kami". أَنَا (anaa) ditujukan untuk kata ganti orang pertama tunggal, sedangkan نَحْنُ (nahnu) ditujukan untuk kata ganti orang pertama jamak.

Contoh penggunaannya dalam kalimat,

أَناَ طَبِيْبٌ (anaa thobiibun) yang artinya saya adalah seorang dokter,

 نَحْنُ أَطِبَّاءُ (nahnu athibbaa u) yang artinya kami adalah para dokter.

2. Kata ganti orang kedua tunggal 

5 Macam Kata Ganti dalam Bahasa Arab yang Perlu Kamu KetahuiIlustrasi dua orang sedang berbicara (Dok.pribadi/Maisix Dela Desmita)

Kata ganti orang kedua tunggal dalam bahasa Arab juga terbagi atas dua macam, yaitu أَنْتَ (anta) yang ditujukan pada lawan bicara tunggal laki-laki dan أَنْتِ (anti) yang ditujukan pada lawan bicara tunggal perempuan.

Contoh penggunaannya dalam kalimat,

أَنْتَ مُوَظَّفٌ (anta muwazhzhafun) yang artinya anda adalah seorang pegawai (laki-laki),

أَنْتِ  مُوَظَّفَةٌ (anti muwazhzhafatun) yang artinya anda adalah seorang pegawai (perempuan)

Baca Juga: Biar Gak Nyasar, Hafalkan 9 Kosakata Arah dalam Bahasa Arab Ini Yuk!

3. Kata ganti orang kedua jamak 

5 Macam Kata Ganti dalam Bahasa Arab yang Perlu Kamu KetahuiIlustrasi dua orang wanita sedang berbicara (Dok.pribadi/Maisix Dela Desmita)

Juga merupakan kata ganti orang kedua, namun kata أَنْتُمْ (antum), أَنْتُنَّ (antunna),  dan أَنْتُمَا (antumaa) ditujukan pada lawan bicara orang kedua jamak (lebih dari satu). Tak hanya itu, penggunaan tiga kata ganti ini juga berbeda-beda. Dimana أَنْتُمْ (antum) ditujukan pada orang kedua jamak laki laki, أَنْتُنَّ (antunna) ditujukan pada orang kedua jamak perempuan, dan أَنْتُمَا (antumaa) ditujukan pada orang kedua jamak laki-laki dan perempuan.

Contoh penggunaannya dalam kalimat,

أَنْتُمْ مُمَرِّضُوْنَ (antum mumarri dhuuna) yang artinya dua orang perawat (laki-laki), 

أَنْتُنَّ مُمَرِّضَاتٌ (antunna mumarri dhootun) yang artinya dua orang perawat (perempuan),

أَنْتُمَا مُمَرِّضَتَانِ (antumaa mumarri dhotaani) yang artinya dua orang (laki-laki dan perempuan) perawat.

4. Kata ganti orang ketiga tunggal 

5 Macam Kata Ganti dalam Bahasa Arab yang Perlu Kamu KetahuiIlustrasi seorang laki-laki (Dok.pribadi/Maisix Dela Desmita)

Sama halnya dengan kata ganti orang kedua tunggal, kata ganti orang ketiga tunggal juga terbagi dalam dua macam. Yaitu, هُوَ (huwa) untuk menjelaskan orang ketiga laki-laki dan هِيَ (hiya) untuk menjelaskan orang ketiga perempuan.

Contoh penggunaannya dalam kalimat,

هُوَ مُهَنْدِ سٌ (huwa muhandisun) yang artinya dia seorang arsitek (laki-laki),

هِيَ مُهَنْدِ سَةٌ (hiya muhandisatun) yang artinya dia seorang arsitek (perempuan).

5. Kata ganti orang ketiga jamak 

5 Macam Kata Ganti dalam Bahasa Arab yang Perlu Kamu KetahuiIlustrasi lima orang teman (Dok.pribadi/Maisix Dela Desmita)

Selanjutnya, ada tiga kata ganti untuk orang ketiga jamak yaitu هُمْ (hum), هُنَّ (hunna), dan هُمَا (humaa). Dimana kata هُمْ (hum) digunakan untuk menjelaskan orang ketiga jamak laki-laki, هُنَّ (hunna) untuk menjelaskan orang ketiga jamak perempuan, dan هُمَا (huma) untuk menjelaskan orang ketiga laki-laki dan perempuan.

Contoh penggunaannya dalam kalimat,

هُمْ تَلاَمِيْذُ (hum talaa miizhun) yang artinya mereka adalah murid (laki-laki),

هُنَّ تِلْمِيْذَاتٌ (hunna tilmii zhaatun) yang artinya mereka adalah murid (perempuan),

هُمَا تِلْمِيْذَتَانِ(humaa tilmii zhataani) yang artinya mereka adalah (laki-laki dan perempuan) adalah murid.

Demikianlah lima macam dan penggunaan dari kata ganti bariz munfashil. Perlu diketahui, dalam menggunakan lima macam kata ganti di atas juga perlu diperhatikan aturan dari tata bahasa Arab lainnya, ya!. Setelah mengetahui kata ganti dari bariz munfashil, jangan lupa untuk mempelajari jenis kata ganti dalam tata bahasa Arab lainnya ya. Keep studying!

Baca Juga: 12 Kosakata Bahasa Arab Tentang Nama-nama Bangunan, Hafalin Yuk!

Maisix Dela Desmita Photo Verified Writer Maisix Dela Desmita

https://lynk.id/maisixdela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya