Comscore Tracker

Semangat Belajarmu akan Lebih Terjaga jika Kamu Melakukan 5 Hal Ini

#IDNTimesLife Jangan takluk pada rasa malas

Patut diacungi jempol kalau sejauh ini, semangatmu dalam belajar gak pernah surut oleh alasan apa pun. Artinya, kamu telah memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya pendidikan untuk hidupmu sendiri.

Namun bagaimana jika semangat belajarmu lagi drop sampai-sampai terkadang kamu ingin berhenti sekolah atau kuliah? Wah, jangan tergesa-gesa membuat keputusan, ya!

Kamu gak boleh langsung memperturutkan keinginan itu agar tak berbuntut penyesalan panjang di kemudian hari. Lima tips berikut harus dicoba dulu untuk mengembalikan semangat belajarmu. Yuk, simak apa saja yang dapat kamu lakukan.

1. Jangan cuma melihat kesulitan-kesulitannya melainkan juga manfaatnya untuk masa depan

Semangat Belajarmu akan Lebih Terjaga jika Kamu Melakukan 5 Hal Iniilustrasi bersungut-sungut saat belajar (pexels.com/rodnae-prod)

Tidak ada yang meragukan bahwa bersekolah atau berkuliah sering membuat siapa pun kelelahan. Begitu banyak waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan berbagai tugas.

Terkadang, tugasnya sulit sekali atau pengajarnya kurang kamu sukai. Apa pun itu, cobalah untuk mengimbangi pendapat burukmu tentang sekolah atau kuliah dengan manfaat yang akan kamu dapatkan sampai jauh ke masa depan.

Sekalipun kamu gak bakal mampu mengingat setiap materi yang diajarkan di sekolah atau kampus, ilmu tetap akan mengendap dalam dirimu. Ijazahmu dan ilmu itu jelas akan terpakai di dunia kerja, bahkan dalam kehidupanmu sehari-hari.

2. Pilihlah jurusan kuliah atau jenis sekolah yang kamu sukai

Semangat Belajarmu akan Lebih Terjaga jika Kamu Melakukan 5 Hal Iniilustrasi belajar (pexels.com/h-i-nguy-n-1627264)

Memang terasa berat kalau kamu harus mempelajari hal-hal yang tidak kamu sukai. Bukannya menikmatinya, kamu malah bisa sangat tertekan dan gak mampu lagi untuk meneruskannya.

Inilah sebabnya, penting untuk kamu memilih jenis sekolah atau jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginanmu. Misal, kamu lebih suka praktik dan fokusmu ialah lekas bekerja.

Ada baiknya, kamu memilih sekolah kejuruan ketimbang sekolah umum. Demikian juga saat kamu hendak berkuliah. Jangan ragu buat memilih jurusan yang menarik minatmu.

Bila pilihanmu berbeda dengan keinginan orangtua, cobalah mendiskusikannya. Dan jika kamu telanjur memilih jenis sekolah atau jurusan kuliah yang gak sesuai untukmu, kamu dapat pindah kalau benar-benar diperlukan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Belajar Kebut Semalam Tidak Efektif, Simak Yuk!  

3. Ingat, berkat bersekolah atau kuliah, kamu jadi punya banyak teman dan dapat menyalurkan hobi

Semangat Belajarmu akan Lebih Terjaga jika Kamu Melakukan 5 Hal Iniilustrasi sekelompok murid (pexels.com/137666)

Apabila sekolah atau kampus hanya dipandang sebagai tempat untuk berlomba-lomba meraih nilai terbaik dalam berbagai pelajaran atau mata kuliah, kamu pasti akan jenuh sekali. Kamu selalu dalam kondisi tegang dan penuh tekanan.

Santai sedikit tidak apa-apa. Nikmati masa sekolah dan kuliahmu dengan bergaul bersama teman-teman dan menyalurkan hobimu. Ikuti kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi kampus yang kamu sukai.

4. Hindari teman-teman yang memberimu pengaruh buruk

Semangat Belajarmu akan Lebih Terjaga jika Kamu Melakukan 5 Hal Iniilustrasi pengaruh teman (pexels.com/murat-esibatir-156560)

Di setiap sekolah atau kampus, biasanya ada murid atau mahasiswa yang cenderung pemalas dan dapat memberimu pengaruh yang kurang baik. Ada baiknya, kamu menjaga jarak dari tipe teman yang seperti ini.

Sebaliknya, dekatilah teman-teman yang semangat belajarnya tinggi. Kamu gak harus menjadi sama dengan mereka. Namun paling tidak, kamu jadi gak lagi berpikir untuk meninggalkan pendidikanmu yang tidak semua orang dapat menempuhnya.

5. Bicarakan kesulitanmu pada orang lain

Semangat Belajarmu akan Lebih Terjaga jika Kamu Melakukan 5 Hal Iniilustrasi bersama teman (pexels.com/yankrukov)

Rasa malasmu dalam belajar bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya, kamu mengalami berbagai kesulitan seperti sulit memahami materi atau kesulitan biaya.

Apa saja yang menjadi hambatanmu, jangan terus memendamnya. Bicarakanlah dengan orang yang sekiranya dapat membantumu. Mungkin wali kelas, guru BK, atau teman yang pintar dan bersedia mendampingimu belajar.

Belajar secara intensif selama belasan tahun tanpa jeda memang dapat membuat siapa pun merasa bosan. Akan tetapi percayalah, ketika kelak kamu sudah bekerja, kamu malah bakal kanget berat dengan masa-masa sekolah.

Jadi, nikmati saja setiap jenjang pendidikan yang sedang kamu tempuh. Gak perlu menekan diri terlalu keras, yang penting kamu dapat menuntaskannya. Semangat terus, ya!

Baca Juga: 5 Tips Belajar biar Seru dengan Teknik Gamifikasi, Semakin Tertantang!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya