Comscore Tracker

5 Kosakata Bahasa Jawa Ini Berasal dari Bahasa Belanda, Lho!

Hayo, kamu sadar gak? #LokalIDN

Siapa nih yang suka dengan pelajaran sejarah Indonesia? Pelajaran yang penuh hikmah itu, lho. Pastinya kalian yang suka pelajaran sejarah ini pada tau ya bahwa Indonesia pernah di jajah oleh Belanda selama 350 tahun.

Selain meninggalkan bekas luka yang cukup mendalam atas kesengsaraan orang-orang Indonesia pada masa itu, ternyata ada warisan budaya Belanda yang tertinggal di Indonesia, nih. Lebih tepatnya sih bahasa Jawa yang merupakan serapan dari bahasa Belanda. Daripada penasaran mending langsung simak penjelasan di bawah ini, ya!

1. Pit

5 Kosakata Bahasa Jawa Ini Berasal dari Bahasa Belanda, Lho!instagram.com/onthel_nusantara

Taukah kamu apa itu pit? Mungkin orang Jawa langsung bisa menebak bahwa pit ialah sepeda, nih. Tapi lebih lanjut dari itu, ternyata kata pit ini berasal dari bahasa Belanda yaitu fiets, lho.

Contoh kalimat:

Aku numpak pit (Saya naik sepeda)

2. Kulkas

5 Kosakata Bahasa Jawa Ini Berasal dari Bahasa Belanda, Lho!instagram.com/polytronindo

Koelkast vs kulkas, pastinya kalian langsung berpikiran bahwa saat membaca kata koelkast mirip dengan logat orang-orang Indonesia saat penjajahan dulu, ya.

Hal tersebut nih karena orang-orang Indonesia pada saat itu menggunakan bahasa Melayu modern yang bercampur dengan bahasa Belanda. Di mana kata koelkast yang berasal dari bahasa Belanda saat ini menjadi kata kulkas dengan makna lemari pendingin tempat menyimpan berbagai jenis makanan ataupun minuman.

Contoh kalimat:

Aku tuku kulkas anyar (Saya beli lemari pendingin baru)

3. Sepur

5 Kosakata Bahasa Jawa Ini Berasal dari Bahasa Belanda, Lho!instagram.com/hadipermanaputra_

Kata sepur pada bahasa Jawa merupakan jenis transportasi, nih. Yang mana dalam bahasa Belanda adalah spoor dan menjadi kata sepur pada bahasa Indonesia dengan arti kereta api.

Contoh kalimat:

Bapak tindak menyang Surabaya nitih sepur (Bapak pergi ke Surabaya naik kereta api)

Baca Juga: Ukara Kandha dan 5 Jenis Kalimat dalam Bahasa Jawa, Kelingan Opo Ora?

4. Setip

5 Kosakata Bahasa Jawa Ini Berasal dari Bahasa Belanda, Lho!instagram.com/gommemania

Kata setip artinya penghapus yang mana berasal dari bahasa Belanda yakni stuf. Apakah kamu berpikir bahwa kata setip dan stuf berbeda jauh dari segi pengucapannya? jika iya, jawabannya ialah salah.

Hal tersebut karena huruf 'u' pada kata stuf ini dibaca 'i', kemudian coba deh ulangi apakah masih berbeda pengucapan dari kata stuf dan setip? Pastinya sudah sama, ya.

Contoh kalimat :

Aku tuku setip loro (Saya beli penghapus dua)

5. Jerigen

5 Kosakata Bahasa Jawa Ini Berasal dari Bahasa Belanda, Lho!instagram.com/darmawanantikan

Jerrycan ialah versi bahasa Belanda untuk sebuah kata jerigen (bahasa Jawa). Dimana arti dari keduanya yaitu tempat untuk mengisi air, minyak, ataupun sejenisnya, nih.

Contohkalimat:

Aku tuku banyu gae wadah jerigen (Saya beli air pakai jerigen (tempat air))

Wah ternyata orang-orang Belanda yang menjajah Indonesia meninggalkan warisan budayanya, nih. Meski begitu tetap saja berubah sedikit untuk beradaptasi dengan logat asli dari orang Jawa, ya!

Baca Juga: 11 Sebutan Kerabat dalam Bahasa Jawa, Wong Jowo Kudu Weruh Iki!

Melinda Fujiana Photo Verified Writer Melinda Fujiana

Instagram : @melindaf__ Wish ur day always shine as a star!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya