Comscore Tracker

7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa S1, Coba Yuk!

Bisa meningkatkan kreativitasmu juga, lho #IDNTimesLife

Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi merupakan salah satu dari impian kebanyakan pelajar, apalagi jika diiringi dengan mendapatkan beasiswa.

Selain membantu meringankan beban orang tua, beasiswa juga dapat menjadi penyemangat belajar selama berada di bangku perguruan tinggi. Sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi mahasiswa pada bidang akademik.

Salah satu beasiswa yang ada di perguruan tinggi Indonesia adalah beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau sebelumnya bernama beasiswa Bidikmisi. Namun tak hanya beasiswa KIP. Masih ada banyak macam beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa yang belum berkesempatan mendapatkan beasiswa. Apa sajakah itu? Mari kita simak!

1. Beasiswa Unggulan

7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa S1, Coba Yuk!Beasiswa Unggulan (puslapdik.kemdikbud.go.id)

Beasiswa ini ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk masyarakat Indonesia. Beasiswa ini tak hanya ditawarkan pada jenjang Sarjana, melainkan juga pada jenjang Magister dan Doktoral.

Peserta yang dapat mengikuti program ini adalah calon mahasiswa (mahasiswa baru) yang sudah mendapatkan surat diterima di perguruan tinggi, mahasiswa yang baru melaksanakan perkuliahan di semester 1 dan belum mendapatkan KHS atau dapat juga mahasiswa on-going yang sudah memulai perkuliahan maksimal di semester 3 (semua jenjang).

Cakupan yang didapat dari beasiswa unggulan ini yaitu selain mendapat biaya pendidikan atau UKT (uang kuliah tunggal), juga mendapatkan cakupan biaya hidup/uang saku dan mendapatkan biaya untuk membeli buku yang dibutuhkan. Untuk kamu yang tertarik mendaftar beasiswa ini, silakan cek website beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id atau bisa juga cek akun Instagram @beasiswaunggulan_ri.

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa S1, Coba Yuk!Beasiswa PPA (cs.upi.edu)

Beasiswa ini ditawarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristedikti) kepada mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia yang sedang menempuh jenjang S1/D4 dengan minimal di semester dua dan maksimal semester 8. Beasiswa ini juga ditawarkan kepada mahasiswa yang sedang menempuh jenjang D3 dengan minimal di semester dua dan maksimal semester empat.

Cakupan yang didapat dari beasiswa ini yaitu mendapat bantuan biaya hidup sebesar Rp2,4 juta setiap semester selama satu tahun dan bisa mendaftar lagi di tahun betikutnya. Jika tidak mendaftar di tahun berikutnya, maka berarti tidak lagi mendapat beasiswa PPA ini.

Untuk kamu yang tertarik mendaftar beasiswa PPA, silakan hubungi bagian kemahasiswaan kampus masing-masing. Hal ini dikarenakan, informasi mengenai beasiswa PPA biasanya langsung diberikan kepada kampus masing-masing tanpa ada pemberitahuan melalui media sosial.

3. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa S1, Coba Yuk!Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh yayasan KSE (instagram.com/beasiswa_kse)

Beasiswa ini ditawarkan oleh yayasan Karya Salemba Empat (KSE). Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang sudah dan sedang menempuh studi jenjang S1 minimal di semester dua. Cakupan beasiswa yang diberikan yaitu tunjangan biaya hidup senilai Rp750 ribu setiap bulan selama satu tahun. Setelah satu tahun, beasiswa ini dapat diperpanjang di tahun berikutnya jika ingin diperpanjang. Jika tidak diperpanjang, maka otomatis sudah tidak mendapatkan beasiswanya lagi.

Selain mendapatkan tunjangan biaya hidup, para peserta program beasiswa ini juga berkesempatan mengasah skill dengan mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh yayasan KSE, seperti program pelatihan kepemimpinan (Leadership Program), Seminar, Workshop, Coaching dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang tertarik mendaftar beasiswa ini, silakan kunjungi website kse.or.id atau juga bisa cek akun Instagram @beasiswa_kse. Biasanya, setiap kampus yang bekerja sama dengan yayasan KSE memiliki akun Instagram masing-masing agar dapat memudahkan dan membantu para pendaftar program beasiswa KSE.

Baca Juga: 5 Beasiswa Ini Tutup Pendaftaran Bulan Agustus 2021, Buruan Daftar!

4. Beasiswa Bank Indonesia (BI)

7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa S1, Coba Yuk!Logo bank Indonesia (bi.go.id)

Beasiswa ini ditawarkan oleh Bank Indonesia (BI) kepada para mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang telah menempuh dan menyelesaikan minimal 40 SKS atau minimal sedang menempuh perkuliahan di semester tiga.

Cakupan yang didapat dari beasiswa ini adalah tunjangan biaya hidup sebesar kisaran Rp500 ribu sampai Rp750 ribu setiap bulannya. Para penerima beasiswa BI ini membuat komunitas yang bernama GenBI (Generasi Baru Indonesia).

Komunitas tersebut biasanya membantu dan menginfokan kepada para mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa BI. Mulai dari informasi dibukanya pendaftaran, syarat-syarat, dan langkah-langkah mengenai beasiswa BI.

Biasanya, setiap kampus atau bahkan provinsi membuat komunitas juga yang berada di bawah naungan GenBI pusat untuk lebih memudahkan di setiap daerahnya. Seperti GenBI Banten, GenBi Sumut, dan GenBI lainnya.

Selain menginfokan beasiswa, GenBI biasanya sering mengadakan pelatihan-pelatihan yang dapat mengasah skill dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Untuk kamu yang tertarik mendaftar beasiswa tersebut bisa cek akun Instagran GenBI pusat, yaitu @genbi_official, atau juga bisa cek akun Instagram GenBI masing-masing daerah. 

5. Djarum Beasiswa Plus

7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa S1, Coba Yuk!Beasiswa Djarum(cs.upi.edu)

Beasiswa ini bernama Djarum Besiswa Plus. Beasiswa ini ditawarkan oleh perusahaan besar yang telah banyak melahirkan atlet-atlet bulu tangkis yang hebat. Selain memiliki beasiswa bulutangkis, Djarum juga memiliki program beasiswa untuk mahasiswa di perguran tinggi Indonesia. Beasiswa ini ditawarkan kepada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1/D4 di semester empat dari semua disiplin ilmu.

Cakupan yang didapat dari beasiswa ini yaitu tunjangan dana sebesar Rp1 juta setiap bulan selama 1 tahun. Selain dana beasiswa, para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) juga mendapatkan pembekalan berbagai macam soft skills, guna menyerasikan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di kampus dengan berbagai keterampilan agar para Beswan Djarum di kemudian hari menjadi manusia yang cakap intelegensia dan emosional.

Pelatihan yang didapat meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. Untuk kamu yang tertarik mendaftar beasiswa ini, silakan kunjungi website djarumbeasiswaplus.org atau bisa juga cek akun Instagram @djarumbeasiswaplus.

6. Beasiswa CIMB Niaga

7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa S1, Coba Yuk!Informasi beasiswa CIMB Niaga (kejarmimpi.id)

Beasiswa ini ditawarkan oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk kepada para mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia yang sedang menempuh studi di semester lima tanpa ekslusivitas apapun. 

Cakupan yang didapat dari beasiswa ini yaitu biaya kuliah selama empat semester (maksimal Rp40 juta), fasilitas penunjang pendidikan (laptop) minimal satu kali dalam satu tahun, biaya penyusunan skripsi, dan juga biaya pengembangan diri.

Karena penyelenggara beasiswa ini adalah PT Bank CIMB Niaga, maka seluruh penerima beasiswa ini diwajibkan untuk memprioritaskan dan mengikuti seleksi karyawan CIMB Niaga terlebih dahulu sebelum mengikuti seleksi penerimaan karyawan di instansi/perusahaan lain.

Untuk kamu yang tertarik mendaftar beasiswa ini, silakan kunjungi website kejarmimpi.id atau bisa cek akun Instagram @kejarmimpi.id.

7. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa S1, Coba Yuk!Logo Pertamina Foundation (beasiswa.pertaminafoundation.org)

Beasiswa ini ditawarkan oleh Pertamina Foundation kepada para mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia yang sedang menempuh minimal semester dua. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi sendiri merupakan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Cakupan yang didapat dari beasiswa ini yaitu bantuan biaya pendidikan (termasuk UKT, praktikum, buku, dan pembinaan mahasiswa) dan biaya hidup/uang saku. Selain itu, penerima berkesempatan mengikuti Training Capacity Building.

Dalam hal ini, penerima beasiswa akan mendapatkan training pengembangan individual yang dikoordinir oleh Pertamina Foundation mengenai pengetahuan, motivasi, ketrampilan, maupun pengembangan organisasi seperti pengembangan jaringan, leadership, dan lain lain.

Penerima beasiswa juga diwajibkan untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, pelestarian lingkungan dan berkontribusi positif terhadap perbaikan lingkungan sekitar serta wajib mengikuti kegiatan yang berupa orientasi/ pengenalan beasiswa dan sobat bumi, kegiatan aksi sobat bumi, dan team building. Untuk kamu tertarik mendaftar beasiswa ini, silakan kunjungi website beasiswa.pertaminafoundation.org untuk info lebih lengkapnya.

Nah, itu dia tujuh rekomendasi beasiswa untuk kamu yang sedang menempuh studi S1 dan belum berkesempatan mendapat beasiswa di awal masuk kuliah. Kira-kira, beasiswa mana yang menarik perhatianmu untuk ikut mendaftar?

Baca Juga: 5 Tips Lolos Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri Ala Armaya Doremi 

Miftahul Farohi Photo Writer Miftahul Farohi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya