Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Kesulitan dalam Membuat Artikel KPop

Siapa yang pernah stuck dan kena writer's block?

KPop terus mengalami perkembangan yang mengagumkan. Terbukti dari banyaknya penggemar KPop di berbagai negara, termasuk Indonesia. Mereka tentu membutuhkan informasi menarik yang dapat membantu mengenali idola kesayangan masing-masing. 

Oleh karena itu, membuat artikel KPop sebenarnya menarik. Hanya saja, ada beberapa kesulitan yang mungkin dialami oleh para penulis. Untuk mengatasinya, yuk, simak!

1. Berusaha lebih percaya diri terhadap topik yang ingin dibahas 

5 Cara Mengatasi Kesulitan dalam Membuat Artikel KPopilustrasi wanita bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tak percaya diri akan membuatmu terus menunda-nunda dalam riset, beranggapan bahwa topik yang akan kamu bahas gak akan menarik atau justru terlalu aneh. Padahal, tak ada salahnya mencoba. Asalkan kamu yakin, bahwa semua informasi yang kamu bagikan dalam artikelmu sudah benar dan sesuai fakta.

Jadi, cobalah untuk lebih meyakinkan dirimu sendiri. Kamu juga bisa bertanya pada rekan terdekat untuk membantumu lebih percaya diri, karena mereka pasti akan memberi tanggapan jujur tanpa menyakiti perasaanmu.

2. Meluangkan waktu membaca panduan menulis 

5 Cara Mengatasi Kesulitan dalam Membuat Artikel KPopilustrasi pria membaca di ponsel (pexels.com/RODNAE Productions)

Tak dapat dianggap sepele, panduan menulis sebenarnya sangat penting agar kamu tak melakukan kesalahan dalam membuat artikel. Kamu juga jadi tak merasa bingung lagi beradaptasi dan lebih terbiasa dalam membuat artikel. 

Mungkin akan membuatmu bingung pada awalnya, namun perlahan-lahan kamu akan merasa terbiasa. Jadi, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk mencermati panduan yang disediakan.

3. Jangan mengabaikan berbagai pertanyaan dan informasi mengenai idol yang terlintas di benak 

5 Cara Mengatasi Kesulitan dalam Membuat Artikel KPopilustrasi perempuan berpikir (pexels.com/KoolShooters)

Baca Juga: 5 Grup KPop yang Semua Membernya Jago Akting, Multitalenta!

Jika berbagai pertanyaan mengenai KPop mulai terlintas di benakmu, sebaiknya jangan kamu abaikan. Kamu justru perlu langsung mencatatnya, kemudian mengembangkannya menjadi sebuah ide menarik.

Juga, jika kamu mengetahui banyak informasi tentang boyband atau girlband yang kamu sukai. Kamu tentu dapat membuat artikel dengan topik tak biasa untuk semua membernya. Lebih menguntungkan lagi, jika kamu ternyata mengidolakan banyak idol KPop.

4. Sebaiknya jangan membenci idol KPop tertentu 

5 Cara Mengatasi Kesulitan dalam Membuat Artikel KPopilustrasi pria bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rasa benci terhadap idol tertentu justru menjadi hal yang akan sangat menyulitkanmu dalam membuat artikel KPop. Kamu jadi terkesan membuang berbagai kesempatan untuk mengembangkan lebih banyak topik dalam membuat artikel.

Semua idol KPop menarik untuk menjadi pembahasan jika kamu lebih cermat. Rasa benci juga sulit membuatmu berteman dengan penggemar dari berbagai fandom, yang bisa saja membagikan informasi menarik padamu dan menyemangatimu. 

5. Perlu mengetahui perkembangan KPop 

5 Cara Mengatasi Kesulitan dalam Membuat Artikel KPopboyband KPop TREASURE (facebook.com/OfficialTreasure)

Seiring berjalannya waktu, perkembangan KPop semakin menarik. Ada banyak boyband sekaligus girlband yang baru debut setiap tahunnya, dapat menjadi pembahasan menarik untuk berbagai artikel.

Dengan begitu, kecil kemungkinan kamu akan kebingungan untuk terus membuat artikel KPop. Sekarang juga sudah banyak artikel dari luar negeri yang membahas grup KPop baru, jadi akan membuatmu lebih mudah mencari informasi.

Membuat artikel KPop memang bukanlah hal yang mudah, pasti menemukan berbagai kesulitan yang membingungkan. Namun, semoga kamu dapat mengatasinya dengan membaca ulasan di atas, ya.

Baca Juga: Nge-fans Super Junior, Bikin Dyar Ayu Ketagihan Menulis 

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya