Comscore Tracker

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kampus Negeri Indonesia 2022

Cek jadwal sesuai kampus pilihanmu

Memasuki tahun ajaran baru, lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mulai mencari kampus untuk berkuliah. Gak jarang, mereka merasa kebingungan memilih tempat kuliah untuknya melanjutkan pendidikan.

Ada banyak sekali perguruan tinggi yang bisa dijadikan pilihan. Namun sebelum memilih, ada baiknya untuk mempertimbangkan lebih matang perihal jurusan serta kampus mana yang akan dituju. Lihat bagaimana prospek karier, biaya kuliah, dan lain-lain.

Untuk kamu yang ingin berkuliah, ada berbagai jalur masuk kuliah yang dibuka tahun ini. Setelah melewati SNMPTN dan SBMPTN, kamu gak perlu bersedih karena kampus masih tetap membuka pendaftaran melalui jalur lain. Mari simak informasi berikut untuk lihat jadwal pendaftaran mahasiswa baru di berbagai kampus negeri di Indonesia!

1. Universitas Negeri Airlangga

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kampus Negeri Indonesia 2022Logo UNAIR (dok. UNAIR)

Kampus yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini, membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 untuk jenjang Sarjana dan Vokasi. Untuk pendaftaran program Sarjana lewat Mandiri Kemitraan Jalur Ujian Tulis dibuka pada 4 Juni-2 Juli 2022, sedangkan program Vokasi Jalur Nilai UTBK-SBMPTN dibuka pada 4-26 Juni 2022.

Tata cara pendaftarannya bisa dilihat dengan mengunjungi situs resmi Universitas Airlangga, yaitu ppmb.unair.ac.id. Di dalamnya, dijelaskan secara lengkap biaya pendaftaran yang harus dibayar, daya tampung, persyaratan, sampai dengan materi ujian.

2. Universitas Indonesia atau SIMAK UI

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kampus Negeri Indonesia 2022Universitas Indonesia (photo by @kadalijo via instagram.com univ_indonesia)

Jalur mandiri dari kampus satu ini, terkenal dengan namanya, yaitu SIMAK UI.  Pendaftaraan mahasiswa baru untuk Vokasi, S1 Reguler, S1 Paralel di kampus yang berlokasi di Depok ini, sudah mulai dibuka dari tanggal 24 Mei-27 Juni 2022.

Ujian SIMAK akan berlangsung pada 2-4 Juli 2022 dan pengumuman hasil seleksi bisa dilihat pada tanggal 14 Juli 2022 pukul 15:00 WIB. Info lebih lanjut mengenai pendaftaran serta tata cara pembayarannya, bisa kamu lihat di web resmi UI, yaitu https://penerimaan.ui.ac.id/welcome. Di sana, akan dijelaskan 9 tahap proses pendaftaran Universitas Indonesia.

3. Universitas Padjajaran

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kampus Negeri Indonesia 2022Perpustakaan Unpad (library.unpad.ac.id)

Universitas Padjajaran telah membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang 1 s.d 2 tahun ajaran 2022/2023. Batas pendaftaran serta pembayaran biaya seleksi dan unggah dokumen persyaratan jatuh pada tanggal 27 Juni 2022 pukul 16.00 WIB.

Ujian Seleksi Mandiri Universitas Padjajaran (SMUP) akan dilaksanakan secara daring, yang berarti dapat diikuti dari rumah masing-masing pada 7 Juli 2022. Pengumuman hasil seleksi akan diberitahukan pada 18 Juli 2022.

Untuk info lebih lengkap perihal pendaftaran mahasiswa baru di kampus yang berada di Jatinangor, Jawa Barat ini, kamu bisa akses langsung https://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/.

4. Institut Pertanian Bogor

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kampus Negeri Indonesia 2022Institut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)

Institut Pertanian Bogor (IPB) mempunyai beberapa jalur seleksi mandiri, salah satunya adalah seleksi masuk IPB (SM-IPB). Pendaftaran SM-IPB (UTM-BK) dibuka sejak 11 April-25 Juni 2022 nanti.

Ujiannya akan dilaksanakan secara online pada 3 Juli 2022 dan diumumkan pada 11 Juli 2022. SM-IPB (UTM-BK) ini juga mempunyai beberapa persyaratan yang harus kamu ketahui, termasuk dengan biaya pendaftaran. Yuk, cek di https://admisi.ipb.ac.id/ujian-tulis-mandiri-berbasis-komputer-ipb/#1558417165427-a36524fa-42f5.

5. Institut Teknologi Bandung

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kampus Negeri Indonesia 2022Kampus ITB (itb.ac.id)

Institut Teknologi Bandung sudah mulai membuka pendaftaran jalur seleksi mandiri sejak 6-26 Juni 2022. Sedangkan untuk batas akhir pembayaran serta pengunduhan kartu peserta adalah 29 Juni 2022.

Rangkaian jadwal seleksi ini akan dilakukan ujian pada tanggal 1 Juli sampai kemudian diumumkan pada 12 Juli 2022. Persyaratan dan biaya pendaftaran dapat kamu lihat secara seksama di website resmi ITB, https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri. 

Baca Juga: Gelombang PHK Start-up, Dosen SBM: Era Investor Murah Hati Sudah Lewat

6. Universitas Negeri Jakarta

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kampus Negeri Indonesia 2022Kampus UNJ (unj.ac.id)

Universitas Negeri Jakarta yang terletak di Jakarta Timur ini, membuka penerimaan mahasiswa baru (PENMABA) 2022 mulai tanggal 17 Mei–1 Juli 2022. Menurut jadwalnya, ujian tulis Penmaba berbasis komputer akan dilaksanakan pada 16 Juli 2022.

Untuk kamu yang ingin mendaftar menjadi mahasiswa UNJ, simak berbagai persyaratan dan jadwal resminya di https://penmaba.unj.ac.id/mandiri-ujian-tulis/. Hasil seleksi akan diumumkan pada 22 Juli 2022.

7. Universitas Pendidikan Indonesia

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kampus Negeri Indonesia 2022Gedung Isola UPI (upi.edu)

Salah satu kampus di Bandung, Jawa Barat, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur seleksi mandiri pada 2 Mei-3 Juli 2022. Memiliki rangkaian kegiatan, salah satunya adalah tes psikolog bidang minat, tes kemampuan bahasa, dan tes terpadu yang diadakan pada 19-21 Juli 2022.

Untuk proses pendaftarannya, bisa dilakukan secara online di https://pmb.upi.edu/. Sedangkan untuk penjelasan mengenai rangkaian kegiatan, bisa dilihat di laman https://pmb.upi.edu/sarjana/seleksi-mandiri/. Hasil dari semua tahapan tersebut akan diumumkan pada 8 Agustus 2022 melalui akun peserta masing-masing.

8. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kampus Negeri Indonesia 2022UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (uinjkt.ac.id)

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau yang biasa disebut UIN, merupakan universitas yang ada di Tangerang Selatan, Banten. UIN telah membuka pendaftaran jalur mandiri sejak 3 Mei-4 Juli 2022.

Ujian yang dilakukan melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE) online ini, dilaksanakan pada 20-21 Juli 2022. Pengumumannya tanggal 5 Agustus 2022. Informasi lebih lanjut dapat kamu lihat di https://spmb.uinjkt.ac.id/spmbv2/public/spmb_mandiri_s1.zul.

9. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru Kampus Negeri Indonesia 2022Unersitas Negeri Semarang (unnes.ac.id)

Universitas Negeri Semarang (UNNES) membuka pendaftaran jalur mandiri sejak 24 Mei lalu s.d. 2 Juli mendatang. Seleksi mandiri ini adalah penerimaan mahasiswa baru program S-1 dan D-3 yang diselenggarakan dengan tes berbasis komputer dan penilaian portofolio oleh Universitas Negeri Semarang.

Tes berbasis komputer ini dibagi dua, berlokasi di UNNES pada tanggal 13-18 Juli 2022, dan di rumah (domisili) pada 19-20 Juli 2022. Persyaratan serta jadwal kegiatan pendaftarannya dapat kamu lihat di penerimaan.unnes.ac.id/penerimaan-maba-jalur-mandiri-unnes-2022/.

Nah, itu dia beberapa universitas negeri di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Jalur mandiri dari kampus ini adalah jalur yang wajib kamu coba. Tetap semangat dan semoga kamu berhasil masuk ke kampus impianmu, ya!

Baca Juga: Pengumuman SBMPTN 2022: 192 Ribu Peserta Dinyatakan Lolos  

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya