Comscore Tracker

5 Tips agar Tidak Dapat Buku Bajakan Saat Belanja Online

Jangan beli buku bajakan, ya! Kamu harus teliti

Maraknya peredaran buku bajakan saat ini menjadi sesuatu yang secara bersama-sama harus diperangi. Beredarnya buku bajakan membuat banyak pihak dirugikan dan hanya segelintir orang licik yang diuntungkan.

Peredaran buku bajakan saat ini juga terjadi dalam medium yang lebih maju. Saat ini banyak pengedar buku bajakan memanfaatkan teknologi internet sebagai basis yang paling mudah untuk menipu banyak orang. Apalagi dengan semakin mudahnya berbelanja buku lewat e-commerce, tentu kita semua harus waspada.

Maka dari itu, di bawah ini ada beberapa tips cara aman berbelanja buku lewat online agar kamu tidak mendapatkan zonk. Niat hati mau beli buku asli dan tiba-tiba saat datang malah buku palsu alias bajakan. Duh!

1. Cermati toko online tersebut sebelum kamu mulai berbelanja buku

5 Tips agar Tidak Dapat Buku Bajakan Saat Belanja Onlineunsplash/sugercoatit

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar tidak tertipu buku bajakan adalah memastikan kredibilitas toko buku online yang kamu tuju. Cermati akun sosial medianya dan jika kamu berbelanja via e-commerce, cermati respon pembeli setelah membeli barang di toko itu. Jika lebih banyak komentar negatifnya, sebaiknya kamu urungkan berbelanja buku di toko itu.

Alangkah lebih baik lagi jika kamu mencari toko-toko buku online yang sudah punya nama. Toko-toko tersebut bisa menjadi referensimu untuk berbelanja buku dengan kualitas terbaik.

2. Sebelum memutuskan membeli dan transfer, coba tanyakan kualitas buku yang ingin dibeli

5 Tips agar Tidak Dapat Buku Bajakan Saat Belanja Onlineunsplash/markusspiske

Jangan terburu-buru ketika berbelanja buku secara online. Pastikan terlebih dahulu kualitas buku yang kamu beli tersebut repro/KW atau original. Ini penting karena kadang banyak buku-buku yang dijual online tidak menyertakan keterangan apakah buku tersebut asli atau palsu.

Baca Juga: Ini 7 Aplikasi Terbaik untuk Berkonsultasi dengan Dokter Secara Online

3. Cermati harga

5 Tips agar Tidak Dapat Buku Bajakan Saat Belanja Onlineunsplash/nate_dumlao

Jika sudah menanyakan kualitas buku, dan jawaban penjual terasa meyakinkan bahwa buku yang ingin kamu beli adalah asli. Jangan langsung percaya. Berikutnya, coba cermati harga buku yang ingin kamu beli. Biasanya buku-buku bajakan mematok harga yang lebih rendah dari buku yang asli.

Bandingkan harga buku yang kamu beli dengan harga buku yang sama tapi di toko yang berbeda. Buku palsu sering memanjakan pembelinya dengan harga yang lebih murah, namun bisa juga dengan harga normal. Intinya kamu harus rajin-rajin membandingkan harga.

4. Pahami kalimat repro, KW, second, dan original

5 Tips agar Tidak Dapat Buku Bajakan Saat Belanja Onlineunsplash/jamessutton_photography

Jika kamu suka berbelanja buku di e-commerce, biasanya setiap toko buku memberikan keterangan di tiap-tiap buku yang dijualnya. Pahamilah kalimat seperti repro atau KW pada keterangan buku yang kamu ingin beli. Walau di keterangan tertulis repro atau KW dengan kualitas kerta HVS yang baik. Tetap saja buku dengan keterangan seperti itu adalah buku bajakan.

Lain jika keterangannya adalah second, ini menunjukkan bahwa itu buku bekas. Cermati lagi jika tertulis bahwa buku itu second ori. Buku bekas tapi asli. Nah, jika keterangan buku yang kamu beli tertulis original, kemungkinan besar buku tersebut asli. Tapi jika ingin lebih yakin, coba tanyakan lagi ke penjual.

5. Teliti dan sabarlah ketika berbelanja buku

5 Tips agar Tidak Dapat Buku Bajakan Saat Belanja Onlineunsplash/wocintechchat

Seperti berbelanja online pada umumnya. Belanja buku juga begitu, jika tidak ingin dapat buku yang bajakan, maka telitilah. Ketelitian harus diutamakan sebelum mengambil keputusan untuk membeli buku yang kita inginkan. Kita harus teliti dan sabar mulai dari membandingkan harga, bertanya hingga mengecek kredibilitas toko buku online yang dituju. 

Ingatlah, dengan membeli buku asli walau itu baru atau bekas, kita setidaknya sudah berkontribusi melawan pembajakan buku.

Baca Juga: 5 Buku Bertema Feminisme Rekomendasi Emma Watson untukmu

M. Farid Hermawan Photo Verified Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya