Comscore Tracker

Arti Xin Nian Kuai Le dan Penulisannya dalam Bentuk Hanzi

Ucapan yang tepat selain Gong Xi Fa Cai saat Imlek

Selain Gong Xi Fa Cai, ungkapan Xian Nian Kuai Le juga cukup populer digunakan untuk memberikan ucapan selamat pada Hari Raya Imlek. Bahkan, ungkapan ini sudah banyak digunakan jauh sebelum orang-orang menggunakan Gong Xi Fa Cai.

Lantas, apa arti dari Xin Nian Kuai Le yang sebenarnya? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan di bawah ini.

1. Xin Nian Kuai Le lebih cocok digunakan sebagai ungkapan saat perayaan Imlek

Arti Xin Nian Kuai Le dan Penulisannya dalam Bentuk HanziIlustrasi Imlek. IDN Times/Reza Iqbal

Dalam bahasa Mandarin, Gong Xi Fa Cai ternyata punya makna bahwa kita mendoakan keselamatan dan kesejahteraan bagi orang yang kita beri ucapan. Akan tetapi, ungkapan ini lebih cocok digunakan untuk memberikan ucapan terkait finansial atau keuangan.

Maka dari itu, dalam bahasa Mandarin, kalimat ini tidak diucapkan saat perayaan ini berlangsung, lho. Sebab, Gong Xi memiliki arti selamat, Fa berarti berkembang, dan Cai diartikan sebagai kekayaan.

Bahkan, biasanya ucapan ini sering digunakan untuk memberi harapan suka cita dan kemakmuran di tahun baru.Meski begitu, untuk ucapannya sendiri lebih tepat bila kamu menggunakan Xin Nian Kuai Le. 

2. Artinya merujuk pada ucapan selamat tahun baru

Arti Xin Nian Kuai Le dan Penulisannya dalam Bentuk HanziPernak pernik Imlek di Toko Acai Jaya Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kalau ingin mengucapkan selamat tahun baru, maka ucapan yang tepat adalah “Xin Nian Kuai Le”. Pasalnya, secara harfiah kalimat inilah yang memiliki arti selamat tahun baru, di mana dalam Bahasa Kanton biasa diucapkan sebagai Sun Leen Fai Lok.

Xin Nian Kuai Le juga bisa menjadi ucapan Tahun Baru, "Xin Nian" berarti tahun baru, "Kuai Le" berarti bahagia atau gembira. Sehingga Xi Nian Kuai Le adalah cara mengucapkan tahun baru dalam Bahasa China tanpa merujuk pada uang, finansial, atau materi.

Baca Juga: 14 Inspirasi Baju Imlek Modern dari Koleksi Terbaru Sebastian Gunawan

3. Penulisan Xin Nian Kuai Le dalam bentuk hanzi

Arti Xin Nian Kuai Le dan Penulisannya dalam Bentuk HanziIlustrasi pernak-pernik Imlek. IDN Times/Umi Kalsum

Hanzi merupakan salah satu bentuk penulisan Bahasa Tionghoa yang tertua di dunia. Nah, berikut ini penulisan Xin Nian Kuai Le dalam bentuk Hanzi:

新年快乐 = Xin Nian Kuai Le! 
新 = Xin (Baru)
年 = Nian (Tahun)
快 = Kuai (Cepat)
乐 = Le (Tertawa)
快乐 = Kuai Le (Bahagia)

Itu dia arti dari Xin Nian Kuai Le yang umum digunakan untuk memberikan selamat ketika perayaan Imlek. Ingat, bukan Gong Xi Fa Cai, tetapi ucapan yang benar adalah Xin Nian Kuai Le.

Baca Juga: 15 Kata Bahasa Inggris Ini Bertemakan Imlek lho, Sudah Tahu Belum?

Topic:

  • Pinka Wima
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya