Comscore Tracker

7 Istilah Gaul Ini Ternyata Terdaftar di KBBI, Ada Mager dan Cie!

Ada ambyar juga lho..

Dengan banyaknya istilah gaul yang saat ini populer di kalangan masyarakat, KBBI pun rutin untuk melakukan pembaharuan terhadap kata-kata bahasa Indonesia yang terdaftar di dalamnya. Meskipun masuk ke dalam ragam kata tak baku namun beberapa istilah gaul lain seperti di bawah ini bisa kamu temukan di KBBI, apa saja?

1. Mager

7 Istilah Gaul Ini Ternyata Terdaftar di KBBI, Ada Mager dan Cie!unsplash/Zohre Nemati

Mager merupakan singkatan dari malas gerak yang ditujukan untuk menggambarkan seseorang yang malas bergerak atau bepergian ke mana-mana. Dalam KBBI, mager sendiri berarti enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

2. Pulkam

7 Istilah Gaul Ini Ternyata Terdaftar di KBBI, Ada Mager dan Cie!unsplash/Mantas Hesthaven

Pulkam adalah istilah yang berasal dari singkatan pulang kampung dan sudah terdaftar di KBBI dengan artian yang sama, yakni pulang kampung. Kamu terbiasa pulkam berapa kali nih dalam setahun?

3. Maksi

7 Istilah Gaul Ini Ternyata Terdaftar di KBBI, Ada Mager dan Cie!unsplash/Ethan Sexton

Sama halnya dengan pulkam, maksi merupakan istilah populer yang berasal dari singkatan dua kata dan sudah terdaftar di KBBI. Dalam pedoman bahasa Indonesia tersebut, maksi berarti makan siang. 

4. Cie

7 Istilah Gaul Ini Ternyata Terdaftar di KBBI, Ada Mager dan Cie!unsplash/Alex Holyoake

Meskipun banyak orang yang menganggap jika cie adalah istilah populer yang berasal dari singkatan "cause I'm envy", akan tetapi berdasarkan KBBI cie diartikan sebagai kata seru yang digunakan untuk memuji atau menggoda seseorang agar tersipu. 

Baca Juga: Sudah Tahu? 15 Kata Benda Ini Diserap dari Bahasa Arab

5. Julid

7 Istilah Gaul Ini Ternyata Terdaftar di KBBI, Ada Mager dan Cie!Pexels/mentatdgt

Mungkin beberapa di antara kalian menganggap jika julid merupakan istilah yang berasal dari singkatan jujur tapi sulit, bukan? Sayangnya, hal tersebut tidaklah benar.

Kata yang sudah terdaftar di KBBI ini pada dasarnya memiliki artian iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Kemudian, biasanya orang akan julid dengan menulis komentar, status, atau pendapat di media sosial yang menyudutkan orang tertentu.

6. Ambyar

7 Istilah Gaul Ini Ternyata Terdaftar di KBBI, Ada Mager dan Cie!unsplash/chuttersnap

Istilah gaul yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu, bukan? Kata yang sering dikaitkan dengan ekspresi atau respons seseorang dalam mendengarkan lagu koplo ini ada di dalam KBBI dan memiliki arti bercerai-berai, berpisah-pisah, maupun tidak terkonsentrasi lagi. Jadi, kalau mengatakannya saat sedang menari dangdut rasanya tidak terlalu tepat, ya?

7. Pansos

7 Istilah Gaul Ini Ternyata Terdaftar di KBBI, Ada Mager dan Cie!Pexels/bruce mars

Pansos merupakan istilah yang berasal dari singkatan panjat sosial, yang hadir karena hadirnya media sosial. Berdasarkan KBBI, pansos diartikan sebagai usaha yang dilakukan untuk mencitrakan diri sebagai orang yang mempunyai status sosial tinggi, dilakukan dengan cara mengunggah foto, tulisan, dan sebagainya di media sosial. 

Nah, dengan informasi di atas pastinya kamu sudah tahu kan apa arti dari istilah gaul yang populer tersebut berdasarkan pedoman bahasa Indonesia? Jadi, jangan sampai salah mengartikannya lagi ya.

Baca Juga: 10 Kata dari Bahasa Arab Ini Tercatat Masuk dalam KBBI, Iqra Juga Ada!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya