Comscore Tracker

Istilah Kiong Hie, Ucapan Tahun Baru Imlek yang Benar Selain Gong Xi

Jangan keliru!

Gong Xi Fa Cai merupakan ungkapan paling sering yang diucapkan oleh banyak orang untuk memberikan selamat kepada orang-orang yang merayakan Imlek. Akan tetapi, tahukah kamu jika kata Gong Xi yang dipakai sebenarnya berawal dari kata Kiong Hie?

Meski memiliki arti yang sama, namun istilah Kiong Hie pada ucapan Imlek sudah semakin tergantikan oleh kata Gong Xi itu sendiri yang dianggap lebih internasional dan umum. Nah, biar gak keliru mengenai maknanya mari ketahui informasi jelasnya pada ulasan berikut ini.

1. Gong Xi Fa Cai bukan berarti selamat tahun baru, melainkan semoga mendapatkan kekayaan

Istilah Kiong Hie, Ucapan Tahun Baru Imlek yang Benar Selain Gong XiIlustrasi perayaan Hari Raya Imlek. (IDN Times/Sukma Shakti)

Salah satu tradisi Imlek adalah memberikan ucapan Tahun Baru Imlek dengan mengucapkan "Gong Xi Fa Cai". Hal ini rasanya sudah menjadi kebiasaan masyarakat luas di Indonesia saat momen Imlek tiba. 

Sayangnya, ucapan tersebut tidak memiliki hubungan langsung dengan perayaan Tahun Baru Imlek, lho. Gong Xi Fa Cai memiliki arti "Selamat menjadi kaya raya", sehingga gak berhubungan langsung dengan Tahun Baru Imlek. 

Akan tetapi, ucapan Gong Xi Fa Cai lebih populer digunakan karena sering digunakan masyarakat Tionghoa yang mayoritas merupakan pedagang atau pebisnis. Biasanya kata-kata ini digunakan oleh para pebisnis ketika hendak menyapa rekan kerja atau mitra bisnis selama Imlek.

2. Sebelum populer ucapan Gong Xi Fa Cai, masyarakat Tionghoa mengenal ucapan Kiong Hie

Istilah Kiong Hie, Ucapan Tahun Baru Imlek yang Benar Selain Gong XiIlustrasi perayaan Hari Raya Imlek. (IDN Times/Sukma Shakti)

Secara historis, perayaan Imlek tidak berhubungan dengan "kekayaan". Melainkan Imlek lebih pada ucapan rasa syukur atas musim yang baik dan bagus atau datangnya musim semi.

Pasalnya, datangnya musim semi saat itu menjadi awal bagi para petani mempersiapkan ladang untuk musim tanam baru. Sehingga momen tersebut menciptakan harapan baru yang sangat bermakna bagi para petani atau mayoritas masyarakat Tiongkok zaman dahulu.  

Nah, untuk mengungkapkan rasa syukur pada momen ini kamu bisa menggunakan istilah Kiong Hie yang berarti selamat. Lalu, kamu bisa menambahkannya dengan kata Sin yang berarti baru dan Cun yang berarti musim semi. Jadi jika dibaca adalah Sin Cun Kiong Hie yang berarti Selamat Menyambut Musim Semi.

Baca Juga: 14 Inspirasi Baju Imlek Modern dari Koleksi Terbaru Sebastian Gunawan

3. Selain Kiong Hie, ada pula istilah lain yang umum digunakan dalam Imlek, yakni Xin Nian Kuai Le

Istilah Kiong Hie, Ucapan Tahun Baru Imlek yang Benar Selain Gong XiIDN Times/Imam Rosidin

Setelah mengetahui makna asli Gong Xi Fa Cai yang selama ini banyak membuat keliru, maka sebagai gantinya kamu bisa menggunakan kalimat Xi Nian Kuai Le untuk mengucapkan Imlek kepada kerabat yang merayakan. Xi Nian memiliki arti tahun baru, sementara Kuai Le memiliki makna bahagia.

Jika digabungkan, arti dari ungkapan tersebut adalah ‘Semoga Bahagia di Tahun yang Baru’. Untuk lebih formal, kamu juga bisa menggunakan Xi Nian Hao yang memiliki makna ‘Semoga Menjadi Tahun Baru yang Baik’.

Begitulah makna dari istilah Kiong Hie yang sebenarnya. Meski sudah mulai terlupakan, namun dahulunya Kiong Hie merupakan ungkapan paling tepat untuk diberikan ketika Imlek. Selamat Tahun Baru Imlek!

Baca Juga: 5 Kalimat dalam Bahasa Mandarin yang Sering Diucapkan saat Imlek

Topic:

  • Pinka Wima
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya