Comscore Tracker

20 Kosakata tentang Lingkungan, Ada Bahasa Indonesia dan Inggris!

Hal dasar yang harus kamu ketahui

Kosakata menjadi hal dasar yang wajib diketahui ketika kamu ingin mempelajari sebuah bahasa tertentu. Meski terkesan mudah, namun kosakata sendiri memiliki jumlah yang sangat banyak sehingga cukup sulit untuk dihafalkan secara keseluruhan.

Nah, untuk mempermudah pemahaman dasar ini, kamu bisa membagi kosakata berdasarkan kelompok makna atau artinya. Sebagai contoh, mari simak kosakata tentang lingkungan berikut ini yang terbagi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

1. Kosakata tentang lingkungan dalam Bahasa Indonesia

20 Kosakata tentang Lingkungan, Ada Bahasa Indonesia dan Inggris!ilustrasi alam (Pexels/Artem Bali)

1. Makhluk hidup, istilah yang mengacu pada organisme yang secara umum terdiri atas manusia, hewan, tumbuhan dan juga mikro organisme.

2. Habitat adalah tempat makhluk hidup atau organisme menetap dan berkembang biak sesuai dengan kodratnya. Habitat sering juga disebut lingkungan fisik dengan unit-unit seperti populasi dan juga spesies di dalamnya.

3. Ekosistem merupakan sistem ekologi yang terbentuk karena adanya hubungan tak terpisahkan, yang bersifat timbal balik di antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ekosistem bisa juga disebut tatanan kesatuan yang utuh dan menyeluruh di antara segenap unsur lingkungan hidup di mana di antaranya saling mempengaruhi satu sama lain.

4. Konservasi, secara sederhana diartikan sebagai perlindungan atau juga pelestarian. Kata ini berasal dari bahasa Inggris. Jika dilihat dari konteks ilmu lingkungan, maka konservasi salah satunya diartikan sebagai upaya perlindungan juga pengelolaan sumber daya alam atau lingkungan sekitar.  

2. Kosakata umum tentang lingkungan

20 Kosakata tentang Lingkungan, Ada Bahasa Indonesia dan Inggris!Ilustrasi hewan-hewan unggas. (Pixabay.com/Caniceus)

1. Flora, berasal dari bahasa latin dan diartikan sebagai nabatah atau alam tumbuhan atau tanaman.

2. Fauna, berasal dari bahasa latin dan merujuk pada alam hewan.

3. Laut adalah kumpulan air asin dengan luas yang sangat besar dan berhubungan langsung dengan samudra.

4. Gunung adalah bentuk tanah yang khas karena menonjol/menjulang tinggi dari permukaan tanah di sekitarnya.

3. Kosakata tentang lingkungan dalam Bahasa Inggris

20 Kosakata tentang Lingkungan, Ada Bahasa Indonesia dan Inggris!Ilustrasi hutan (IDN Times/Sunariyah)

1. Reforest berarti penanaman hutan kembali. Dalam bahasa Indonesia, reforest juga lebih akrab dengan sebutan reboisasi. Kata reforest digunakan untuk mengatakan hutan yang gundul atau sudah habis ditebang telah dilakukan penghijauan kembali agar hutan tetap menjadi hijau.

2. Conservation, dalam bahasa Indonesia memiliki arti konservasi. Konservasi sendiri adalah upaya perlindungan atau pelestarian. Biasanya conservation atau konservasi ini digunakan untuk melindungi sumber daya alam seperti flora dan fauna agar tidak mudah punah dan hilang. Contoh konservasi yang ada di Indonesia yakni konservasi Badak di Sumatera. 

3. Climate, dalam bahasa Indonesia bermakna iklim. Climate  dalam bahasa Inggris sering muncul dengan istilah Climate Change untuk menunjukkan bentuk dari adanya perubahan iklim yang mempengaruhi cuaca.

4. Sustainability, diambil dari dua kata yakni sustain yang memiliki arti berlanjut dan ability yang berarti kemampuan. Apabila digabungkan, sustainability memiliki arti keberlanjutan. Sustainability sendiri kerap muncul untuk menandakan keberlanjutan dari suatu lingkungan hidup.

Baca Juga: 9 Kosakata Unik yang Ada di KBBI, Apa Kamu Tahu Arti 'Tetikus'?

4. Kosakata unik tentang lingkungan dalam Bahasa Inggris

20 Kosakata tentang Lingkungan, Ada Bahasa Indonesia dan Inggris!ilustrasi hutan (pixabay.com/gunawanteguh)

1. Endangered, dalam lingkungan hidup memiliki arti sebagai terancam punah. Kata ini digunakan untuk menandakan spesies seperti hewan atau tumbuhan yang statusnya sudah terancam punah di bumi ini.

2. Extinction, memiliki arti kepunahan. Beberapa spesies hewan dan tumbuhan yang keberadaannya sudah hilang di bumi kemudian disebut dengan kepunahan atau extinction.

3. Deforestation, memiliki arti sebagai penghilangan pohon-pohon atau penggundulan hutan. Misalnya, ketika seseorang melakukan kegiatan deforestation berarti sedang melakukan penebangan pohon-pohon di hutan.

4. Rewilding, memiliki arti sebagai menghidupkan kembali. Aktivitas rewilding digunakan untuk mengembalikan dan melindungi area liar yang sudah rusak.

5. Kosakata dasar tentang lingkungan

20 Kosakata tentang Lingkungan, Ada Bahasa Indonesia dan Inggris!Padang rumput di Pulau Selatan, Selandia Baru (pixabay.com/psaudio)

1. Biodiversity merupakan gabungan dua kata dalam bahasa Inggris menjadi satu. Bio memiliki arti makhluk hidup, sedangkan diversity adalah keragaman. Biodiversity sendiri berarti keanekaragaman makhluk hidup seperti berbagai macam hewan dan tumbuhan.

2. Sabana, lingkungan berupa padang rumput dengan semak juga perdu yang diselingi pepohonan namun jumlahnya tak dominan dan biasanya berupa akasia atau pun palem.

3. Atmosfer merupakan lapisan gas yang menyelimuti atau melingkupi suatu planet. Bumi memiliki atmosfer yang peran utamanya untuk melindungi planet bumi itu sendiri.

4. Environmentally-friendly, ramah lingkungan secara umum diartikan sebagai tidak berbahaya bagi lingkungan. Istilah ini juga sering kali kita temukan di dalam produk-produk yang berkontribusi untuk melestarikan sumber daya air, energi, dan lingkungan.

Itulah beberapa kosakata tentang lingkungan yang perlu kamu ketahui dan pahami. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 11 Kosakata Sebutan untuk Anggota Keluarga, Biar Makin Akrab

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya