Comscore Tracker

Selain Belajar, 7 Cara Ini Juga Dapat Meningkatkan Kecerdasan lho

Pernah coba salah satunya?

Otak merupakan organ tubuh yang akan terus berkembang jika kamu kerap melatihnya. Tidak harus dengan belajar, ada lho cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melatih otak agar dapat meningkatkan kecerdasan. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Mengonsumsi makanan bergizi

Selain Belajar, 7 Cara Ini Juga Dapat Meningkatkan Kecerdasan lhounsplash/Brooke Lark

Kamu tidak suka belajar namun suka makan? Tenang, hal tersebut juga bisa meningkatkan kecerdasan kok. Hanya saja, makanan yang perlu kamu konsumsi adalah makanan bergizi yang kaya akan omega 3, bukan makanan siap saji ya.

2. Olahraga

Selain Belajar, 7 Cara Ini Juga Dapat Meningkatkan Kecerdasan lhopixabay/stocksnap

Melansir comprehensivepsychology.com, olahraga yang dilakukan secara rutin sangat ampuh dalam menjaga kapasitas otak agar tetap tajam. Ini karena kegiatan berolahraga dapat meningkatkan kemampuan kognitif yang ada pada otak. Jika kamu malas berolahraga berat, cobalah dengan hal yang ringan seperti berjalan santai, bersepeda, ataupun yoga.

3. Meditasi

Selain Belajar, 7 Cara Ini Juga Dapat Meningkatkan Kecerdasan lhoPixabay/shahariar lenin

Faktanya, meditasi dapat bermanfaat untuk membuat otak menjadi lebih tajam dan cerdas. Hal ini karena meditasi dapat melatih otak agar lebih tenang, fokus, dan berpikir jernih.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengukur Kecerdasan Emosional Saat First Date

4. Berhitung

Selain Belajar, 7 Cara Ini Juga Dapat Meningkatkan Kecerdasan lhopexels/Skitterphoto

Salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga sekaligus meningkatkan kecerdasan otak adalah dengan membiasakan diri untuk berhitung. Oleh karena itu, cobalah gunakan otak saat sedang menghitung hal apa pun itu daripada menggunakan kalkulator ya.

5. Bermain musik

Selain Belajar, 7 Cara Ini Juga Dapat Meningkatkan Kecerdasan lhopexels/Pixabay

Berdasarkan studi yang diterbitkan Frontiers in Psychology, bermain musik dapat melatih kemampuan motorik dan multitasking seseorang. Hal ini jelas dapat berpengaruh pada peningkatan kemampuan kognitif pada otak. Sederhana, tapi bermanfaat banget, kan?

6. Menulis jurnal harian

Selain Belajar, 7 Cara Ini Juga Dapat Meningkatkan Kecerdasan lhopexels/Lisa Fortios

Menulis jurnal tidak hanya bermanfaat sebagai penyalur emosi yang ada di dalam diri saja. Akan tetapi, menulis jurnal juga melatih otak untuk berpikir kritis, serta menambah kosakata. Dengan menulis, kamu juga bisa mengembangkan soft skill dalam bidang tulisan lho.

7. Membaca

Selain Belajar, 7 Cara Ini Juga Dapat Meningkatkan Kecerdasan lhoPixabay/sasint

Selain berhitung dan menulis, kamu juga bisa meningkatkan kecerdasan otak dengan cara rutin membaca. Pasalnya, membaca setiap hari dapat memberikan otak pengalaman baru sehingga merangsangnya tetap aktif untuk berpikir. 

Sebagai organ yang menghasilkan tingkat kecerdasan, otak nyatanya memiliki potensi yang sangat luar biasa dalam berkembang. Jadi, buatlah otakmu agar selalu aktif berpikir. Ini penting untuk menjaga sekaligus meningkatkan kecerdasan tersebut.

Baca Juga: 7 Tanda Seseorang Memiliki Kecerdasan Emosional yang Rendah

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya