Comscore Tracker

8 Cara Mendekripsikan Penampilan Fisik Menggunakan Bahasa Inggris 

Cocok nih kalau mau menjelaskan tentang penampilan gebetan! 

Penampilan adalah hal yang paling umum diperhatikan oleh banyak orang. Terkadang, meski sudah mengenal bentuk fisik dan penampilan seseorang, masih ada saja kesulitan untuk mendeskripsikannya, termasuk dalam bahasa Inggris.

Mulai dari cara menggambarkan bentuk badan hingga wajah dan fisik secara umum, inilah 8 cara mendeskripsikan penampilan seseorang dalam bahasa Inggris.

1. Badan

8 Cara Mendekripsikan Penampilan Fisik Menggunakan Bahasa Inggris Soompi.com

Cara menjelaskan bagaimana penampilan tubuh seseorang ada dua macam, yakni dengan melihat tinggi dan juga bentuknya. Untuk tinggi badan, kosakata yang paling umum digunakan short dan tall.

Jika ingin menjelaskan tinggi rata-rata, lebih pendek atau tinggi, maka bisa menggunakan kalimat of average height, of medium height, very tall, quite short, maupun menyebutkan angka tingginya dalam cm atau inci secara langsung, contohnya "I am around 5ft".

Untuk tipe atau bentuk tubuh, ada dua macam cara untuk mendeskripsikan yaitu secara formal dan informal, karena bentuk tubuh merupakan topik paling sensitif. Masing-masing dari cara tersebut digunakan untuk menggambarkan bentuk tubuh berupa kurus dan gemuk.

Misalnya, untuk menyebut penampilan orang yang kurus dapat menggunakan kosakata formal seperti slender, slim, lean, petite, dan untuk informalnya dapat menggunakan underweight, skinny, bonny.

Sedangkan bagi yang berpenampilan agak berisi dapat menggunakan kata curvy, stocky, voluptuous untuk cara formal dan chubby, overweight, bigserta heavy untuk cara informal.

2. Rambut

8 Cara Mendekripsikan Penampilan Fisik Menggunakan Bahasa Inggris Soompi.com

Rambut dapat dibedakan atas warna, panjang, dan tekstur. Untuk warna, mulai dari white, grey, blonde, red, brown, hingga black, biasanya ada dua pola kalimat yang digunakan yakni


S + have + adjective + hair, contohnya : I have blonde hair
S + To be + adjective + haired, contohnya : I am blonde haired

Untuk menjelaskan panjang rambut, maka kamu dapat mengatakan bald, short, dan long. Tapi, jika ingin lebih spesifik, maka dapat dijelaskan sepanjang apa rambut tersebut, misalnya shoulder-length long atau my hair goes to my (bagian tubuh yang menjadi batas rambut tersebut). Sedang untuk tekstur lebih mudah deskripsinya yaitu straight, wavy, curly, atau afro.

3. Kulit

8 Cara Mendekripsikan Penampilan Fisik Menggunakan Bahasa Inggris Sbs.com.au

Secara umum, kulit dapat disebut dengan fair (terang) dan dark (gelap). Untuk secara detail, dapat menyebutkan warnanya secara berurutan dari terang ke gelap, yaitu white, pale, tan, brown,dan black.

4. Mata

8 Cara Mendekripsikan Penampilan Fisik Menggunakan Bahasa Inggris Soompi.com

Hampir sama seperti rambut, penampilan mata seseorang pun dapat dijelaskan dengan menyebutkan warnanya, yang terdiri atas blue, brown, green, black, grey, dan hazel, menggunakan salah satu dari 2 pola kalimat:


S + have + adjective + eyes, contohnya : I have brown eyes
S + To be + adjective + eyed, contohnya : I am brown eyed

Jika tidak ingin ribet, warna mata bisa disebut gelap atau terangnya saja, yaitu fair eyes atau dark eyes.

Baca Juga: 10 Kesalahan Ini Sering Kita Lakukan Saat Ngomong Bahasa Inggris

5. Bibir

8 Cara Mendekripsikan Penampilan Fisik Menggunakan Bahasa Inggris Weheartit.com

Bentuk bibir dapat dibagi menjadi 3 yaitu thin jika bentuknya tipis, full jika bibirnya tebal dan agak penuh, serta pouty jika bentuk bibirnya sangat tebal dan penuh hingga terkadang akan terlihat seperti cemberut.

6. Hidung

8 Cara Mendekripsikan Penampilan Fisik Menggunakan Bahasa Inggris Soompi.com

Mancung atau tidaknya seseorang harus disampaikan dengan hati-hati karena dari semua bagian tubuh, penampilan hidung adalah yang paling jelas. Pilihan kosakata untuk tampilan yang satu ini antara lain big nose, small nose, crooked, straight, dan turn-up.

7. Wajah

8 Cara Mendekripsikan Penampilan Fisik Menggunakan Bahasa Inggris Dramabeans.com

Tampilan wajah pada seseorang terbagi atas berbagai macam jenis, namun secara umum biasanya hanya sekitar 3-4 jenis wajah yang dipakai untuk menjabarkan penampilan seseorang, yaitu oval, round, heart-shaped, dan square.

8. Penampilan umum

8 Cara Mendekripsikan Penampilan Fisik Menggunakan Bahasa Inggris Dramabeans.com

Maksud dari poin terakhir ini adalah aura dan penampilan seseorang secara keseluruhan. Misalnya jika seseorang itu memiliki paras yang indah dipandang (baik pria maupun wanita), maka dapat dikatakan bahwa dia adalah orang yang attractive, beautiful, atau bahkan stunning.

Untuk pria tampan bisa disebut handsome, dan untuk wanita cantik bisa dikatakan pretty. Mereka juga bisa dikatakan jelek, apabila dideskripsikan dengan menggunakan kosakata ugly dan plain.

Penampilan umum ini juga bisa untuk menggambarkan citra seseorang. Contohnya, jika seseorang berjenis kelamin laki-laki dan terlihat sangat gagah, maka dia dapat dikatakan manly atau masculine, sedangkan jika perempuan terlihat sangat anggun, maka dapat dikatakan bahwa dia adalah orang yang feminine.

Itulah 8 cara mendeskripsikan penampilan tubuh seseorang, semoga tidak kebingungan lagi jika diminta untuk menjelaskan perawakan orang lain!

Baca Juga: 10 Kata Slang Amerika yang Sering Kamu Dengar di Film, Tahu Artinya?

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya