Comscore Tracker

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Survive di Era Teknologi

Jangan mau kalah di era yang kompetitif!

Perkembangan teknologi terus berkembang dengan pesat. Di era industri 4.0 yang ramah akan teknologi ini, tiap individu harus memiliki kemampuan yang bisa membuatnya bertahan. Kira-kira, apa saja hal yang bisa membuat kita bertahan di era teknologi ini?

1. Kemauan untuk belajar

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Survive di Era TeknologiInstagram/Vcd Sampoerna

Menurut Manoharan Karthigasu (Pimpinan Pusat Keunggulan Pengajaran dan Pembelajaran Sampoerna University), sadar atas skill yang tidak dikuasai serta mempertajam skill yang dikuasai dan dibutuhkan adalah hal yang harus diperhatikan.

Di era teknologi ini, tiap individu semakin kompetitif. Agar menjadi orang yang sukses, kita harus mau terus belajar dan pantang menyerah.

“Saya akan mengatakan bahwa kemauan untuk belajar adalah skill yang harus dimiliki saat ini. Jika kalian sadari, banyak dari orang sukses melakukan hal yang sama berulang kali. Tapi, banyak dari kita yang menyerah belajar karena kita sudah terlalu lelah. Itu yang harus diubah,” ujarnya pada acara DisruptED.ID20 di L’Avenue Building, Jakarta Selatan (11/1).

2. Melek teknologi

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Survive di Era TeknologiInstagram/Vcd Sampoerna

Kehidupan modern sangat erat dengan teknologi. Manusia dan teknologi bagaikan dua hal yang sulit dipisahkan. Semakin pesatnya kemajuan teknologi, membuat generasi sekarang harus melek dan menguasai agar dapat bertahan.

Semua aspek itu berkaitan satu dan lainnya. Terutama, dengan teknologi.

“Beberapa orang mungkin berkata, ‘Saya tidak melakukan hal yang berkaitan dengan teknologi. Saya melakukan hal lainnya.’ Tentu tidak. Pada era ini, semuanya berhubungan,” sambung Mano.

3. Soft skills

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Survive di Era Teknologi(Ki-ka) Fairruza Ahmad Iqbal (Senior Manager Newsroom Bukalapak), Manoharan Karthigasu (Pimpinan Pusat Keunggulan Pengajaran dan Pembelajaran Sampoerna University) saat networking activity . 11 Januari 2020. IDN Times/Nadin Azani

Soft skills memiliki peran yang penting di era yang sangat kompetitif ini. Soft skills ini lebih berkaitan dengan sensitivitas perasaan dan pikiran. Itulah yang membedakan manusia dengan robot.

Menurut Mano, soft skills yang harus dimiliki saat ini adalah critical skill, problem solving skill, creative dan people management.

Baca Juga: 5 Soft Skill Ini Wajib Kamu Kuasai Jika Ingin Sukses di Tahun 2020

4. Tantangan pendidikan di era teknologi

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Survive di Era TeknologiManoharan saat menjelaskan tantangan pendidikan saat ini. 11 Januari 2020. IDN Times/Nadin Azani

Dengan teknologi, kesenjangan yang ada antara guru dan siswa bisa diatasi. Sekarang adalah waktunya untuk menyiapkan tenaga pendidik dengan keterampilan menggunakan alat-alat teknologi digital untuk memfasilitasi proses belajar mengajar.

5. Belajar dengan para ahli

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Survive di Era TeknologiFairruza Ahmad Iqbal (Senior Manager Newsroom Bukalapak) dalam networking activity DisruptED.ID 20. 11 Januari 2020. IDN Times/Nadin azani

Acara DisruptED.ID 20 ini, mengundang para pemimpin di bidang teknologi untuk menjadi pembicaranya. Dalam konferensi yang diadakan selama dua hari ini, para peserta berkesempatan mengeksplorasi dan mempraktikan penguasaan teknologi digital dalam dunia pendidikan.

Tak hanya itu, di sini para tenaga pendidik dapat mengembangkan program pendidikan yang inovatif. Diharapkan, ini mampu menghasilkan SDM yang unggul.

Itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan jika ingin survive di era teknologi ini. Terus belajar dan gunakan teknologi dengan bijak, maka kamu pasti unggul!

Baca Juga: 7 Skill yang Perlu Kamu Tingkatkan Agar Kemampuanmu Lebih Keren Lagi!

Topic:

  • Nadin Azani
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya