Comscore Tracker

5 Website Kuis Interaktif agar Kelas Online Lebih Menyenangkan

Bagi yang masih belajar di rumah, para guru bisa coba, ya

Pandemik memberikan banyak sekali perubahan termasuk dalam bidang pendidikan, meskipun saat ini sudah ada beberapa sekolah yang menerapkan pembelajaran hybrid, yakni online dan offline, tetapi kegiatan belajar mengajar masih mengalami banyak kendala, termasuk dalam sistem pembelajaran online

Sistem pembelajaran secara online menuntut para guru untuk mampu memberikan kesan belajar yang baik bagi siswa. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kegiatan belajar bukan lagi menjadi hambatan untuk menutup kreativitas guru dalam mengajar.

Guru sangat dibantu dengan tersedianya kemudahan aplikasi belajar, termasuk dalam pembuatan kuis interaktif ataupun permainan interaktif. Berikut ini terdapat deretan website penyedia kuis interaktif yang dapat digunakan untuk mengajar secara daring agar lebih menyenangkan.

1. Bisa atur waktu pengerjaan dengan Quizizz

5 Website Kuis Interaktif agar Kelas Online Lebih Menyenangkanquizizz.com

Quizizz merupakan sebuah aplikasi berbasis website untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran. Kuis interaktif ini dibuat dengan mode multiple choose yang menyediakan beberapa pilihan jawaban, serta dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Quizizz dapat diatur tidak hanya saat pembelajaran saja, tetapi juga dapat dibuat untuk pekerjaan rumah (PR). Waktu pengerjaannya dapat diatur, sehingga siswa tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Untuk mengakses website ini dapat membuka laman quizizz.com.

2. Kuis interaktif individu atau tim bisa gunakan Kahoot!

5 Website Kuis Interaktif agar Kelas Online Lebih Menyenangkanyoutube.com/kahoot.com

Kahoot merupakan aplikasi pembelajaran pembuat soal dengan beragam mode pertanyaan, serta dapat dimainkan oleh banyak peserta. Aplikasi ini dapat diatur oleh guru sebagai kuis interaktif yang digunakan secara individu atau tim.

Guru dapat membuat kuis pembelajaran dan membagikan PIN kepada siswa. Kahoot menampilkan langsung jawaban yang disediakan dan mendapatkan hasil serta peringkat siswa secara langsung, sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar. Untuk mengakses website kahoot dapat melalui www.kahoot.com. 

3. Tidak hanya kuis, Quizlet dapat digunakan untuk bahan mengajar

5 Website Kuis Interaktif agar Kelas Online Lebih Menyenangkanquizlet.com

Quizlet merupakan media pembelajaran sederhana yang dikemas secara digital dalam bentuk aplikasi website. Aplikasi ini menawarkan pembelajaran menggunakan flashcard, diagram, dan permainan secara digital. 

Tidak hanya digunakan sebagai kuis dalam pembelajaran, guru dapat menggunakan aplikasi ini juga untuk membuat bahan mengajar, sehingga siswa dapat mengakses bahan mengajar yang sudah dibuat dan langsung menyertakan kuis di dalammnya. Untuk menggunakan aplikasi ini dapat langsung menuju laman quizlet.com.

Baca Juga: 10 Alasan Kocak Siswa Izin Matiin Kamera saat Kelas Online

4. Tampilan kuis menggunakan game board, pakai QuizWhizzer

5 Website Kuis Interaktif agar Kelas Online Lebih Menyenangkanquizwhizzer.com

QuizWhizzer merupakan aplikasi pembelajaran yang didesain untuk menguji pemahaman siswa mengenai pembelajaran. Aplikasi ini menyediakan template yang menggunakan game board, sehingga siswa diajak seolah-olah bermain secara langsung dalam papan permainan. 

Guru dapat membuat kuis melalui aplikasi website tersebut dan untuk mengaksesnya melalui laman quizwhizzer.com. Siswa dapat langsung mengakses hasil dari permainan yang diberikan.

5. Mau coba kuis anagram, coba pakai educandy 

5 Website Kuis Interaktif agar Kelas Online Lebih Menyenangkanilustrasi educandy/educandy.com

Educandy merupakan website yang menarik dengan slogan 'making learning sweeter' dalam arti membuat belajar lebih manis. Sesuai dengan slogannya, educandy dapat digunakan untuk pembelajaran secara online, tampilan laman website aplikasi ini sangat menarik khususnya bagi siswa sekolah dasar. Terdapat beragam aktivitas bermain yang disediakan, seperti match up, anagram, memory, crossword, dan matching pair. 

Educandy dapat digunakan untuk membuat permainan daring yang menyenangkan. Kuis ini didesain dengan permainan yang dapat diberikan ketika pembelajaran tatap muka di kelas maupun saat online. Untuk mengaksesnya dapat melalui laman educandy.com.

Lima kuis interaktif tersebut dapat digunakan dan mudah diakses bagi para guru maupun siswa saat pembelajaran daring. Para guru juga dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan mengasyikkan, sehingga siswa pun tidak merasa bosan dalam belajar. 

Baca Juga: 5 Hal Penting dalam Mempersiapkan Presentasi Kelas Online yang Seru

Nikita Theresia Afdan Photo Writer Nikita Theresia Afdan

Mahasiswi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Jakarta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya