Comscore Tracker

5 Fakta Stanford University, Mantan Kampus S2 Maudy Ayunda

Berminat kuliah di sini?

Nama Stanford University sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Universitas ini pun lebih dikenal lagi karena menjadi almamater Maudy Ayunda dalam melanjutkan pendidikannya untuk jenjang S2.

Universitas ini terletak di Palo Alto, California. Stanford University dan termasuk dalam universitas terbaik di dunia. Bukan hanya namanya yang mendunia, namun banyak keunggulan lainnya yang dimiliki oleh universitas ini. Berikut adalah beberapa fakta terkait Stanford University yang perlu kamu ketahui.

1. Masuk dalam top 4 sebagai universitas terbaik di dunia

5 Fakta Stanford University, Mantan Kampus S2 Maudy AyundaIlustrasi Stanford University (instagram.com/stanford)

Kualitas yang dimiliki Stanford University memang gak diragukan lagi. Hal tersebut dibuktikan pula oleh prestastinya yang berhasil menjadi 4 besar sebagai universitas terbaik di dunia.

Pada 2022 ini, Stanford University bahkan berhasil menduduki peringkat 3 menurut QS World University Rankings. Lalu, adapun peringkat yang diberikan oleh Times Higher Education World University Rankings pada ini, Stanford University berhasil menduduki posisi ke-4 sebagai universitas terbaik di dunia. Tentunya, peringkat tersebut berhasil didapatkan berkat sistem pendidikan Stanford University yang berkualitas.

2. Tersedia lebih dari 69 program akademik yang sangat beragam

5 Fakta Stanford University, Mantan Kampus S2 Maudy AyundaIlustrasi suasana kelas Stanford University (instagram.com/stanford)

Terdapat berbagai macam program di Stanford University, mulai dari program undergraduate, graduate, hingga lifelong learning. Secara umum, fakultas yang disediakan di antaranya adalah Medicine, Law, Humanities and Sciences, Engineering, Education, Earth, dan Business.

Namun, dalam fakultas tersebut disediakan pula beragam program studi yang menarik. Dilansir web resmi Stanford University, untuk undergraduate terdapat lebih dari 69 program studi.

Misalnya saja adalah program studi Anthropology, American Studies, Art History, Chemistry, Chemical Engineering, Communication, Comparative Literature, dan masih banyak lagi. Bahkan, untuk program graduate terdapat sekitar 200 program yang disediakan di Stanford University.

3. Menyediakan lebih dari 625 klub kampus dan fasilitas yang menarik

5 Fakta Stanford University, Mantan Kampus S2 Maudy AyundaIlustrasi museum di Stanford University (instagram.com/stanford)

Selain di bidang akademik, Stanford University pun menyediakan berbagai program lainnya yang menarik untuk diikuti. Dilansir web resmi Stanford University, terdapat lebih dari 625 klub mahasiswa di kampus ini.

Misalnya saja untuk pengembangan mahasiswa, terdapat program public service, career explanation, leadership development, community engagement, dan residential programs. Selain itu, disediakan 9 dining halls sehingga, fasilitas tersebut memungkinkan mahasiswa melakukan program teaching kitchen. 

Stanford University menyediakan pula fasilitas untuk program seni dan olahraga. Misalnya untuk seni, Stanford menyediakan museum, aula teater, hingga art districts. Lalu, adapun fasilitas yang disediakan untuk berbagai program olahraga, seperti ruangan olahraga untuk recreation and wellness programs, serta 36 cabang olahraga dan 33 klub olahraga untuk para mahasiswa.

Baca Juga: Inilah 9 Universitas di Kalimantan Timur yang Perlu Diketahui Pelajar

4. Terdapat fasilitas untuk penelitian dan berbagai beasiswa

5 Fakta Stanford University, Mantan Kampus S2 Maudy AyundaIlustrasi penelitian di Stanford University (instagram.com/stanford)

Salah satu aspek yang menyebabkan Stanford University masuk sebagai 5 besar universitas terbaik di dunia adalah karena bidang penelitiannya yang selalu berkembang. Bayangkan, Stanford University menyediakan 20 perpustakaan dengan lebih dari 9,5 juta volumes. 

Hal tersebut jelas membuktikan bahwa memang banyak penelitian yang dilakukan di Stanford University. Selain itu, tersedia pula beragam beasiswa untuk membantu para mahasiswa. Dilansir web resminya, tersedia sekitar USD 1,69 miliar untuk dana beasiswa.

5. Telah meraih banyak prestasi, khususnya di bidang olahraga atau atletik

5 Fakta Stanford University, Mantan Kampus S2 Maudy AyundaIlustrasi kemenangan klub olahraga Stanford University (instagram.com/stanford)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Stanford University menyediakan berbagai fasilitas untuk cabang olahraga, bahkan tersedia sekitar 33 klub olahraga. Cabang olahraga tersebut pun telah mengikuti berbagai olimpiade dan banyak menghasilkan prestasi.

Stanford University aktif mengikuti olimpiade olahraga di U.S dan berhasil meraih 296 medals dari 177 atlet Stanford University. Selain itu, mantan kampus S2 Maudy Ayunda ini juga berhasil memenangkan 131 NCAA Championships, dengan total 69 atlet laki-laki dan 62 perempuan.

Melihat beberapa fakta di atas, gak heran kalau Stanford University disebut sebagai universitas terbaik di dunia. Jadi, apakah kamu tertarik melanjutkan studi ke Stanford University seperti Maudy Ayunda?

Baca Juga: 10 Inspirasi Kebaya Ala Maudy Ayunda, Anggun dan Menawan

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Lulus di jurusan sastra, tapi cita-citanya jadi anime

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya