Comscore Tracker

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia Entertainment

Tahu bahasa Thailand dari profesi idola kamu?

Mungkin beberapa di antara kalian masih bingung bagaimana pengucapan profesi-profesi dalam bahasa Thailand, khususnya jika kalian saat ini suka banget sama series, film ataupun penyanyi dari sana. Pasti penasaran juga ya kosakata bahasa Thailand profesi-profesi yang digeluti sama mereka dan orang-orang yang berkecimpung di dalamnya.

Nah, berikut sepuluh kosakata dalam bahasa Thailand di industri entertainment. Simak terus ya!

1. Aktor-Aktris/ นักแสดง/nak sa daaeng

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia EntertainmentFacebook/Anan Wong

Profesi ini pastinya sangat akrab dengan idola kalian kan? Hampir setiap hari banyak aktor maupun artis pendatang baru di industri hiburan. Nah, bahasa Thailand untuk profesi ini adalah "นักแสดง/ nak sae daaeng" bisa digunakan baik itu aktor maupun aktris, ya. Harus hafal banget nih!

2. Penyanyi/ นักร้อง /nak rong

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia EntertainmentBerbagai Sumber

Bertalenta dalam berbagai bidang bisa jadi impian setiap orang. Berkarier di industri musik, kini pun juga mulai diminati, salah satunya menjadi seorang penyanyi. Penyebutan penyanyi dalam bahasa Thailand disebut dengan "นักร้อง / nak rong". Apakah kamu juga pandai bernyanyi?

3. Penari/ นักเต้น/ nak dten

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia EntertainmentFacebook/Nadao Music

Pernah gak kalo pas dengerin lagu yang catchy ada rasa ingin bergoyang? Atau jangan-jangan  kamu adalah orang yang lebih mengekspresikan dirimu dengan menari? Penari atau dancer baru-baru ini juga banyak digeluti oleh beberapa orang baik itu dari usia muda hingga usia dewasa sekalipun. Kosakata penari dalam bahasa Thailand disebut dengan "นักเต้น/ nak dten".

4. Seniman/ ศิลปิน/ si la bpin

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia EntertainmentInstagram/onlypyra

Tidak hanya terkenal dengan wisatanya, Thailand ini terdapat banyak seniman di berbagai bidang seni lho. Tak hanya itu, beberapa universitas di sana menawarkan jurusan-jurusan seni apabila bercita-cita menjadi seniman profesional. Bahasa Thailand dari seniman adalah "ศิลปิน/ si la bpin" dan penggunaannya ditujukan pada seseorang yang menggeluti seni di bidang musik, tari, ataupun seni teatrikal.

5. Sutradara film/ ผู้กำกับ/ phuu gam gap

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia EntertainmentInstagram/backaof

Pembuatan series ataupun film tidak lepas dari peran sutradara. Profesi ini yang mengatur serta bertanggung jawab agar sebuah produksi sinematografi dapat terwujud sesuai dengan rencana. Profesi yang sibuk di balik layar ini, dalam bahasa Thailand disebut "ผู้กำกับ/ phuu gam gap" yang berarti sutradara. Ingin jadi orang di balik layar juga?

Baca Juga: 12 Kosakata Bahasa Thailand yang Diucapkan Saat Marah, Sudah Tahu? 

6. Model/ แบบ/ baaep

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia EntertainmentInstagram/thanaerngnin

Berjalan di atas catwalk dan memeragakan busana terbaru adalah sebuah pekerjaan dari seorang model. Profesi "model" dalam arti umum dalam bahasa Thailand disebut "แบบ/baaep", akan tetapi jika untuk menyebut model wanita disebut dengan "นางแบบ/ naang baaep" dan untuk model pria diucapkan dengan "นายแบบ/ naai baaep". Jangan sampai ketuker ya!

7. Pembawa acara/ พิธีกร/ phi thii gon

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia EntertainmentInstagram/happyalicetsoi

Ramai fan meeting  pasti dipandu oleh seorang atau lebih pembawa acara. Tidak jarang dari mereka ini tidak hanya berbahasa Thailand saja lho, akan tetapi bisa berbahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Untuk menyebutkan profesi ini dalam bahasa Thailand disebut "พิธีกร/ phi thii gon". Mudah diinget kan?

8. Produser/ โปรดิวเซอร์/ bproh diu ser

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia Entertainmentadaymagazine.com

Membuat sebuah lagu ternyata tak semudah yang dibayangkan lho.Siapa sangka di balik lagu-lagu yang sering kita dengarkan bahkan menjadi terkenal itu semua ada kerja keras produser bersama timnya untuk mewujudkan karya dalam bentuk lagu tersebut. Penyebutan produser dalam bahasa Thailand hampir sama dengan pelafalannya bahasa Indonesia yakni, "โปรดิวเซอร์/ bproh diu ser".

9.  Pelukis/ ช่างวาดรูป / chang waad ruup

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia EntertainmentInstagram/jamyjamess

Setiap orang mempunyai cara bagaimana mengekspresikan dirinya. Menuangkan cat dalam goresan-goresan indah di atas kanvas contohnya. Para pelukis membutuhkan kerja keras untuk mengolah kreativitasnya dalam sebuah maha karya lukis. Bahasa Thailand dari pelukis yaitu, "ช่างวาดรูป / chang waad ruup".

10. Fotografer/ ช่างภาพ/ chang phaap

10 Kosakata Profesi Bahasa Thailand di Dunia EntertainmentInstagram/ccaptainch

Gak jarang beberapa artis Thailand juga menekuni profesi sebagai fotografer profesional lho! Salah satunya adalah Captain Chonlathorn dari Nadao Bangkok. Beberapa kali dilibatkan dalam sesi pemotretan editorial majalah. Bahasa Thailand "fotografer" adalah "ช่างภาพ chang phaap". Uda tau ya sekarang?

Sekarang kamu bisa mencoba mengucapkan profesi di dunia entertainment yang sangat erat hubungannya sama idola kamu dalam bahasa Thailand. Apakah kamu juga mempunyai cita-cita salah satu di antaranya? Pastikan selalu belajar dan berusaha ya!

Baca Juga: 12 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Diucapkan di Seriesnya

Noxy Lozy Photo Verified Writer Noxy Lozy

An asocial extrovert | noxylozy@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya