Comscore Tracker

5 Tips Fasih Berbicara dalam Bahasa Asing, Cobain Sekarang!

Tips fasih berbicara yang ampuh dan  mengasyikkan!

Untuk membuat kamu bisa lancar dan bisa berbicara dengan fasih, kamu perlu latihan yang cukup melelahkan, lho. Belum lagi latihan yang kamu lakukan tidak mengasyikkan. Namun kelima tips berikut ini bisa mengatasinya, kok. Simak baik-baik, ya!

1. Kamu bisa berbicara di depan cermin tanpa takut salah

5 Tips Fasih Berbicara dalam Bahasa Asing, Cobain Sekarang!ilustrasi berbicara di depan cermin (pexels.com/RODNAE Productions)

Tips pertama yang patut kamu coba adalah berbicara sendiri tanpa adanya lawan bicara. Salah satunya adalah berbicara di depan cermin.

Meskipun tips ini cukup aneh, namun sangat efektif kok, untuk kamu agar lebih percaya diri dan tidak takut salah ketika berbicara. Pasalnya, kamu hanya dihadapkan dengan dirimu sendiri.

Nah, percaya diri dan berani ngomong inilah, salah satu aspek awal dan terpenting ketika melatih kemampuan berbicara bahasa asing. Kamu bisa mengasahnya secara rutin melalui kegiatan ini. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk memerperbaiki gestur atau bahasa yang tubuh yang tepat saat berbicara.

2. Kamu bisa dengarkan dan tirukan pengucapan penutur asli lewat film yang kamu suka

5 Tips Fasih Berbicara dalam Bahasa Asing, Cobain Sekarang!Ilustrasi film luar terfavorit (pexels.com/Erik Mclean)

Pengucapan kata atau kalimat dalam bahasa asing memang sangat penting, lho. Hal tersebut membuat orang yang kamu ajak bicara lebih paham dengan apa yang sedang kamu katakan.

Salah satu cara untuk melatihnya adalah dengan mendengarkan dan coba untuk mengikuti pengucapan dari penutur asli bahasa yang sedang kamu pelajari. Sebab, belajar dari penutur asli bisa membuatmu belajar seperti layaknya mereka berbicara.

Nah, Kamu bisa coba melatihnya dengan mengikuti ucapan pemain film yang kamu suka, nih. Selain mudah dan efektif untuk mengasah kemampuan pengucapan kata atau kalimat, kegiatan ini juga sangat menyenangkan, kok. Tidak melulu belajar harus dari sesuatu yang tegang dan tidak kamu sukai, kan.

Baca Juga: 6 Tips Belajar Grammar agar Bahasa Inggris Kamu Makin Fasih, Yuk Coba!

3. Berteman dengan penutur asli dari bahasa yang ingin kamu pelajari

5 Tips Fasih Berbicara dalam Bahasa Asing, Cobain Sekarang!Ilustrasi berteman dengan orang beda negara (pexels.com/Katerina Holmes)

Memiliki teman dari negara yang berbeda, asyik juga lho. Kamu akan lebih mudah untuk bertanya mengenai hal-hal yang masih membuatmu bingung, seperti ucapan-ucapan khusus dalam bahasa mereka yang belum kamu tahu.

Kamu juga bisa bertukar informasi mengenai budaya dan kebiasaan orang-orang di negara mereka, seperti sopan santun dan tata krama saat berbicara. Mana kosakata yang tepat untuk dikatakan dan mana yang kurang sopan untuk diucapkan.

Di era teknologi yang serba canggih sekarang, kamu tidak perlu pergi ke negara mereka, kok. Kamu bisa manfaatkan teknologi internet untuk bisa berteman dengan penutur asli dari bahasa yang ingin kamu kuasai.

4. Kamu bisa install aplikasi di smartphone untuk melatih berbicara bahasa asing

5 Tips Fasih Berbicara dalam Bahasa Asing, Cobain Sekarang!Ilustrasi berbicara lewat smartphone (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sudah banyak aplikasi di smartphone untuk belajar berbicara dalam bahasa asing, lho. Kamu tinggal download aplikasi yang kamu sukai dan bisa melatih kemampuanmu berbicaramu di sana.

Pilih aplikasi yang dapat mengembangkanmu dalam berbicara bahasa asing, ya. Bisa kamu lihat di kolom review dari pengguna yang pernah mencobanya. Jangan lupa cek juga ratingnya, agar tahu mana aplikasi yang memang berkualitas. 

Jika kamu penasaran dengan aplikasinya, kamu bisa langsung install dan mencobanya. Namun, bila dirasa kurang tepat, kamu bisa hapus dan coba yang lainnya, kok. Mudah dan bikin belajar semakin menyenangkan banget, lho.

5. Kamu bisa travel atau pergi ke negara yang ingin kamu kuasai bahasanya

5 Tips Fasih Berbicara dalam Bahasa Asing, Cobain Sekarang!ilustrasi traveling (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berkunjung atau menetap di negara yang ingin kamu kuasai bahasanya, sangat efektif untuk bisa lebih fasih dalam berbicara, lho. Pasalnya, kamu akan berbicara secara langsung dengan penutur aslinya.

Kamu akan merasakan bagaimana berkomunikasi secara langsung dengan topik pembicaraan paling sederhana hingga kompleks. Meskipun awalnya kamu tidak bisa apapun, setelah travelling kamu bisa sangat ahli, lho.

Kuncinya, kamu tetap belajar tentang kosa kata baru, mencatatnya, mengulangnya dan praktikkan saat kamu berada di sana, ya. Usahakan waktu-waktu selama kamu berada di negara tersebut dimanfaatkan, sebaik-baiknya untuk berkomunikasi dengan mereka juga.

Nah, bagi kamu yang serius ingin fasih dalam berbahasa asing khususnya kemampuan berbicaranya, coba deh terapkan kelima tips di atas. Usahakan kamu melakukannya dengan rutin dan tidak hanya sekali saja, ya. Selamat belajar!

Baca Juga: Tak Kunjung Fasih 'Speaking English'? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya!

Norman Wijaya Photo Verified Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya