Comscore Tracker

9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!

Ada yang cuma 3 huruf, lho! #LokalIDN

Bahasa Bugis (ᨅᨔ ᨕᨘᨁᨗ) merupakan bahasa yang memiliki jumlah penutur terbanyak di Sulawesi Selatan. Sama dengan bahasa Makassar, Bugis juga menggunakan aksara lontara' yang diperkirakan telah digunakan sejak abad ke-17 silam. Adapun aksara yang berlaku saat ini adalah hasil transformasi ke bentuk yang lebih sempurna.

Penutur bahasa Bugis tersebar luas terutama di Kabupaten Maros, Pangkep, Barru,  Sidrap, Luwu, Soppeng, Wajo, Bone, Pare-pare, Pinrang, dan sebagian besar wilayah Bulukumba dan Sinjai. 

Meski pelafalan bahasa Bugis sering dianggap sulit, tetapi gak sedikit juga yang cenderung mudah dan mudah dilafalkan bagi non penutur, lho. Simak beberapa nama-nama buah dalam bahasa Bugis berikut ini, yuk!

1. Kaluku

9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!Unsplash.com/Nipanan Lifestyle

Buah serbaguna ini sering digunakan sebagai santan, minyak, minuman, toping kue, hingga rempah yang membuat gurih masakan. Dalam bahasa Indonesia buah ini disebut kelapa, sedangkan dalam bahasa Bugis disebut dengan kaluku (ᨀᨒᨘᨀᨘ). Gak bikin lidah terbelit, 'kan? 

2. Lasse

9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!Freepik.com/narong7

Langsat menjadi salah satu buah primadona bagi karena perpaduan rasanya yang asam-asam manis. Mudah ditemui di Sulawesi Selatan saat bulan Februari-April, dalam bahasa Bugis buah ini disebut dengan lasse' (ᨒᨔᨛ). Huruf "e" di akhir kata  dibaca e pepet, ya.

3. Jampu

9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!Pixabay.com/Suanpa

Jambu dalam berbagai jenis selalu cocok dijadikan rekomendasi buah untuk ngerujak. Kandungan vitamin C-nya pun sangat tinggi. Secara umum, jambu dalam bahasa Bugis disebut jampu (ᨍᨄᨘ) . Letak perbedaan hanya pada huruf "b" yang diganti dengan "p". Mudah banget!

Baca Juga: Mitos Bugis Orang Punya Kembaran Buaya, Benarkah?

4. Utti atau Loka

9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!Unsplash.com/Charlotte Harrison

Sama serbagunanya dengan kelapa, pisang menjadi buah primadona untuk dijadikan kue atau sekadar camilan. Jauh berbeda dengan namanya dalam bahasa Indonesia, pisang dalam bahasa Bugis disebut utti (ᨕᨘᨈᨗ) atau otti (ᨕᨚᨈᨗ).

Selain itu, daerah seperti Pinrang dan Sidrap memiliki kosakata berbeda dengan menyebut kata loka (ᨒᨚᨀ) sebagai pisang. Unik banget, ya!

5. Pao

9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!Unsplash.com/Avinash Kumar

Buah andalan buat ngerujak, apa lagi kalo bukan mangga. Saat matang pun enak dimakan langsung maupun dibuat jus. Dalam bahasa Bugis, penyebutannya sangat simpel karena hanya terdiri dari 3 huruf, yakni pao (ᨄᨕᨚ). Anti ribet-ribet klub! 

6. Pandang

9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!Unsplash.com/Brooke Lark

Selai nanas selalu enak sebagai salah satu bahan pembuat kue. Kandungan air yang banyak dari buah ini juga mampu untuk sekadar melepas dahaga. Dalam bahasa Bugis, nanas atau nenas sering disebut pandang (ᨄᨉ). Gak ada hubungannya dengan daun pandang lho, ya!

7. Baka

9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!Pixabay.com/PublicDomainPictures

Angkat tangan yang suka makan gorengan! Ya, buah sukun jadi salah satu daftar buah yang enak dijadikan camilan. Selain itu, buah ini juga cocok diibuat sebagai sayur. Oleh masyarakat Bugis, sukun disebut baka (ᨅᨀ). Simpel banget!

8. Bandike

9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!Pixabay.com/congerdesign

Buah yang dibudidayakan saat musim kemarau ini selain bisa dimakan langsung, bisa juga dibuat es buah. Kandungan air yang cukup banyak serta rasanya yang manis bisa menuntaskan dahaga. Dalam bahasa Bugis, semangka disebut bandike (ᨅᨉᨗᨀᨙ).

9. Kaliki

9 Nama-nama Buah dalam Bahasa Bugis, Mudah Dilafalkan!Unsplash.com/Debora Cardenas

Selain karena rasanya yang manis, buah ini memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan pepaya, sedangkan dalam bahasa Bugis dinamai dengan kaliki (ᨀᨒᨗᨀᨗ). Super unik! 

Itulah sembilan nama buah dalam bahasa Bugis yang mudah untuk dilafalkan dalam kehidupan sehari-hari. Meski kini penggunaan aksara lontara sudah minim, tetapi sebagai generasi muda kita jangan sungkan untuk melestarikan warisan budaya yang tak ternilai harganya ini. Yuk, belajar bahasa Bugis!

Baca Juga: Mirip Bahasa Indonesia, 6 Kata Ini Berbeda Arti dalam Bahasa Banjar

Mbak Endut Photo Verified Writer Mbak Endut

IG & Twitter: @Mbakendut1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya