Comscore Tracker

5 Beasiswa untuk Jenjang S1, S2, S3 Tahun 2023, Segera Persiapkan!

Untuk kuliah di dalam hingga luar negeri

Melakukan persiapan diri sedini mungkin, penting dilakukan saat kamu hendak mendaftar beasiswa pendidikan. Namun, sebelum itu, kamu juga harus cari tahu dulu hendak memilih beasiswa mana. Karenanya, persiapan bisa dilakukan dengan matang dan terarah.

Pendaftaran beasiswa memang rutin dibuka tiap tahunnya. Umumnya, beasiswa tersebut terbuka untuk berbagai jenjang pendidikan lanjutan seperti S1, S2, dan S3. Nah, di bawah ini ada beberapa informasi beasiswa yang dibuka tahun 2023. Yuk, simak!

1. Beasiswa KIP Kuliah (Bidikmisi)

5 Beasiswa untuk Jenjang S1, S2, S3 Tahun 2023, Segera Persiapkan!kartu KIP (kip-kuliah.kemdikbud.go.id)

Beasiswa KIP atau Bidikmisi rutin dibuka tiap tahun oleh Kemendikbud. Beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. KIP terbuka bagi kamu yang melakukan pendaftaran kuliah melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi Mandiri PTN, dan Seleksi Mandiri PTS.

Bagi kamu yang tertarik, harus membuat akun siswa KIP terlebih dahulu yang biasanya dibuka sekitar bulan Februari. Kemudian, untuk persyaratan lain yang harus dipenuhi, yaitu harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pastikan nomor tersebut sudah sesuai dengan yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (dapodik). Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini, bisa kamu akses melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

2. Beasiswa LPDP

5 Beasiswa untuk Jenjang S1, S2, S3 Tahun 2023, Segera Persiapkan!logo lpdp (beasiswalpdp.kemenkeu.go.id)

Selanjutnya. ada beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang bisa kamu gunakan untuk melanjutkan kuliah S2 atau S3, baik di dalam maupun luar negeri. Beasiswa ini rutin dibuka setiap tahun oleh pemerintah guna mendukung pendidikan anak bangsa. 

Ada berbagai pilihan jenis beasiswa yang bisa kamu ikuti. Ada beasiswa umum yang paling banyak dipilih hingga beasiswa afirmasi yang lebih spesifik dan menyasar kelompok tertentu saja. 

Saat hendak mendaftarkan diri, sebaiknya kamu melakukan persiapan dari jauh-jauh hari. Sebab, ada beberapa tahapan seleksi dengan persaingan yang cukup ketat. Informasi lebih lanjut bisa kamu akses melalui laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

3. Beasiswa Djarum 

5 Beasiswa untuk Jenjang S1, S2, S3 Tahun 2023, Segera Persiapkan!logo Djarum Beasiswa Plus (djarumbeasiswaplus.org)

Djarum Beasiswa Plus merupakan salah satu program beasiswa yang memiliki cukup banyak peminat. Beasiswa ini rutin dibuka setiap tahunnya. Biasanya pendaftaran dibuka mulai dari bulan Maret. Djarum Beasiswa Plus terbuka bagi kamu yang tengah menempuh pendidikan S1 atau Diploma 4 pada semester IV (empat).

Untuk bisa daftar pada program ini, kamu harus memenuhi beberapa syarat seperti IPK minimal 3,20 pada semester III (tiga) dan dapat mempertahankannya hingga akhir semester IV. Kemudian, kamu juga harus aktif dalam kegiatan organisasi baik di dalam maupun luar kampus. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini, bisa kamu akses melaui situs https://djarumbeasiswaplus.org/.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Selalu Berusaha Mempertahankan Hubungan, Langgeng!

4. Beasiswa BAZNAS

5 Beasiswa untuk Jenjang S1, S2, S3 Tahun 2023, Segera Persiapkan!logo BAZNAS (beasiswa.baznas.go.id)

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) juga membuka program beasiswa bagimu yang tengah menempuh pendidikan di kampus dalam negeri. BAZNAS memiliki beberapa program beasiswa yang bisa diikuti seperti beasiswa cendekia, kemitraan, riset, dan sebagainya.

Baznas menyediakan dana pendidikan bagi golongan kurang mampu yang memiliki kedalaman ilmu pengetahuan serta keluhuran akhlak. Bagi yang tertarik mendaftar pada program ini, bisa akses informasi lebih lanjutnya di https://beasiswa.baznas.go.id/.

5. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

5 Beasiswa untuk Jenjang S1, S2, S3 Tahun 2023, Segera Persiapkan!logo beasiswa unggulan (indonesia.go.id)

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dibuka oleh Kementerian, Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Beasiswa ini ditujukan bagi masyarakat berprestasi, khususnya calon mahasiswa yang baru diterima di kampus atau mahasiswa yang sedang belajar di semester III.

Beasiswa ini juga bisa diikuti secara umum, yang juga bisa diikuti oleh mahasiswa S2 dan S3. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi terbuka untuk berbagai pilihan jurusan, tapi gak diprioritaskan untuk dosen. Buatmu yang tertarik, simak informasi lengkapnya di https://www.indonesia.go.id/layanan/pendidikan/sosial/beasiswa-unggulan-masyarakat-berprestasi.

Saat hendak mendaftar beasiswa, kamu perlu melakukan berbagai persiapan dari jauh-jauh hari agar bisa lebih maksimal. Sehingga, setelah mengetahui beberapa program di atas, sebaiknya kamu mulai melakukan persiapan sesegera mungkin.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Selalu Berusaha Mempertahankan Hubungan, Langgeng!

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya