Comscore Tracker

Sepi Peminat, 5 Jurusan Ini Justru Punya Prospek yang Bagus Lho

#EdFunFact Kuliah bukan untuk terlihat keren, kan?

Sebagian besar orang masih mengincar jurusan yang punya standar tinggi dalam pandangan masyarakat. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan minat dan kemampuannya hanya demi terlihat keren. Karena itu, biasanya jurusan yang gak terlalu populer di kalangan masyarakat menjadi sepi peminat.

Tapi gimana kalau jurusan yang kamu minati gak terlalu populer bagi sebagian besar masyarakat, bahkan sepi peminat? Jangan khawatir. Faktanya lima jurusan yang didapuk sepi peminat ini justru punya prospek yang bagus lho.

Penasaran? Simak ulasannya berikut ini. Artikel ini terinspirasi dari youthmanual.

1. Sastra Jawa

Sepi Peminat, 5 Jurusan Ini Justru Punya Prospek yang Bagus Lhokompasiana

Sastra Jawa hingga saat ini masih menjadi jurusan yang cukup langka. Gak semua Universitas membuka jurusan ini lho. Cukup banyak orang yang meremehkan jurusan ini. Hingga pertanyaan yang muncul adalah 'mau jadi apa nantinya?'

Banyak hal yang dipelajari di jurusan ini, dari Kesusastraan Jawa hingga pewayangan lho. Nyatanya cukup banyak prospek lulusannya. Antara lain, dosen, guru, peneliti, seniman, pengusaha, media, jurnalis, pengamat budaya, tentunya di bidang Kebudayaan Jawa.

Bahkan di era seperti sekarang ini, justru hal-hal berbau seni jawa klasik lagi digandrungi, kan? Well, Bekerja sekaligus bisa melestarikan budaya, sebuah pencapaian dan kebanggaan, bukan?

2. Ilmu Perpustakaan

Sepi Peminat, 5 Jurusan Ini Justru Punya Prospek yang Bagus Lhoip.uin-suka.ac.id

Jurusan ini memang gak terlalu asing di telinga masyarakat. Namun, jurusan ini masuk dalam jajaran sepi peminat. Karena sebagian besar orang berpikir bahwa jurusan ini hanya berkutat dengan buku.

Nyatanya tidak demikian. Ilmu Perpustakaan pada praktiknya berbasis teknologi lho. Sehingga kompetensinya menjadi beragam.

Prospeknya pun menjadi beragam pula. Misalnya pustakawan, sekretaris eksekutif, arsiparis, document controller, finansial, data analyst, dan bahkan bisa jadi programmer. Instansi mana sih yang nggak butuh lulusan ini, utamanya document controller?

Dari keamanan, transportasi, bahkan intel pun membutuhkannya. Hal ini membuat popularitas jurusan ini kian meningkat.

3. Kearsipan

Sepi Peminat, 5 Jurusan Ini Justru Punya Prospek yang Bagus Lhoruthtrumpold.id.au

Lain halnya ilmu perpustakaan yang cenderung mengumpulkan informasi berbasis database, kearsipan merupakan bidang yang lebih sempit dan spefisik. Kearsipan mempelajari tentang mekanisme pengelolaan arsip atau rekam jejak suatu kegiatan yang otentik.

Pastinya setiap instansi punya dokumen otentik. Sehingga segala instansi yang bergerak di berbagai bidang sangat membutuhkan lulusan ini.

Namun, beberapa orang masih memandang jurusan ini sebelah mata lho. Padahal prospeknya cukup menjanjikan, baik pemerintahan, swasta, maupun BUMN. Beberapa profesi yang cukup menjanjikan bagi lulusan ini.

Antara lain, administrasi, sekretaris eksekutif, sekretaris legal, sekretaris medis, juru arsip, hingga admin database. Gimana? Menarik kan?

4. Penginderaan Jauh, dan SIG (Sistem Informasi Geografi)

Sepi Peminat, 5 Jurusan Ini Justru Punya Prospek yang Bagus Lhoarah.com

Nah, jurusan ini benar-benar didapuk sebagai jurusan yang langka banget dan jarang banget mondar-mandir di telinga masyarakat. Sekali mendengar nama jurusannya, pasti yang terlintas di pikiran adalah 'jurusan apa itu?'

Jurusan satu ini secara singkat berfokus pada dua keilmuan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (SIG).

Penginderaan jauh merupakan teknik pengambilan informasi tanpa kontak langsung dengan hasil berupa citra satelit, foto udara, maupun informasi spasial lainnya. Sedangkan SIG adalah sistem berbasis komputer untuk pengolahan data-data tersebut.

Istilah umumnya seperti pemetaan. Prospek lulusan ini nyatanya gak main-main lho. Profesi yang bisa dijalankan. Antara lain teknisi pemetaan, ahli konversi tanah dan air, kartografer, GIS specialist, data analyst, ahli geospasial, hingga surveyor. Bisa di instansi pemerintahan maupun swasta.

Pekerjaannya pun berbasis proyek yang dijalankan secara tim, bisa tersebar di seluruh wilayah meskipun dalam proyek yang sama lho, jadi bisa kerja sambil traveling. Apalagi kalau proyeknya di luar Jawa. Gajinya besar lho!

5. Teknik Perpipaan

Sepi Peminat, 5 Jurusan Ini Justru Punya Prospek yang Bagus Lholoop.co.id

Jurusan ini juga sering dianaktirikan. Dari namanya, kesan pertama orang ketika mendengarnya pasti akan mengernyitkan alis. 'Belajar tentang pipa, jadi tukang ledeng?' Eits, jangan salah. Jurusan ini terkait fisika lho.

Iya, memang mempelajari tentang pipa secara spesifik, baik desain, material analisa desain dan manajemennya, kompetensi khususnya rekayasa perpipaan, serta aplikasinya di bidang maritim dan industri.

Prospek lulusan teknik perpipaan sangatlah luas. Mengingat aspek kehidupan pada umumnya membutuhkan sistem perpipaan. Mulai dari unit terkecil seperti tempat tinggal hingga bidang perminyakan. Profesinya beragam. Mulai dari insinyur sipil, teknisi sipil, dan insinyur perkapalan. Hmmm, ternyata bagus lho prospeknya!

Jadi gimana? Apa jurusan incaranmu termasuk?

putri kenanga Photo Verified Writer putri kenanga

nothing to express :)) just enjoy my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya