Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Kamu Dapatkan Saat Menjadi Mahasiswa Psikologi

Ada yang pernah mengalami?

Menjadi mahasiswa tentu merupakan impian hampir sebagian besar orang. Bukan hanya naik kelas menjadi lebih dewasa saja, tapi juga pengalaman perkuliahan nantinya dapat menjadi bekal untuk masa depan. Berbagai jurusan kuliah bisa dipilih sesuai dengan minat dan keinginan kita. Salah satu jurusan yang cukup menarik adalah psikologi.

Sebagai salah satu ranah ilmu sosial yang mempelajari tentang kejiwaan, psikologi juga dapat memberi pengalaman yang cukup menarik. Berikut ini beberapa hal yang akan didapatkan saat menjadi mahasiswa psikologi.

1. Sering berkutat dengan berbagai macam psikotes

5 Hal yang Akan Kamu Dapatkan Saat Menjadi Mahasiswa Psikologiunsplash.com/Ben Mullins

Kuliah di jurusan psikologi memang akan banyak mempelajari alat-alat tes psikologi lengkap dengan norma-norma tes yang dipakai. Mulai dari tes untuk melihat bakat dan minat sampai dengan kecenderungan gangguan klinis yang mungkin dialami seseorang. Dari sini, mahasiswa psikologi akan dibekali penguasaan berbagai alat tes, termasuk melakukan analisa hasil tes nantinya.

2. Kuliah psikologi gak akan membuatmu terbebas dari angka dan hitung-hitungan

5 Hal yang Akan Kamu Dapatkan Saat Menjadi Mahasiswa Psikologiunsplash.com/William Iven

Mungkin beberapa orang akan beranggapan kalau jurusan psikologi akan terbebas dari mata kuliah yang berkaitan dengan angka dan hitungan. Namun sebenarnya, mahasiswa psikologi juga akan belajar statistika yang nantinya akan berguna dalam penelitian kuantitatif saat skripsi. Meski ingin mengambil penelitian kualitatif sekalipun, mata kuliah statistika tetap wajib diambil, lho.

Baca Juga: Belum Tentu Malas, 6 Alasan Suka Tunda Pekerjaan Menurut Psikologi

3. Semakin mengenal dirimu lebih dalam

5 Hal yang Akan Kamu Dapatkan Saat Menjadi Mahasiswa Psikologiunsplash.com/Lacie Slezak

Saat mempelajari ilmu psikologi, secara tidak langsung mahasiswa juga akan semakin mengenal tipe kepribadian mereka. Mulai dari karakter pribadi masing-masing, manajemen stres, sampai cara mengatasi masalah yang dihadapi. Saat mahasiswa psikologi mampu memahami karakter diri dengan baik, maka mereka akan semakin paham dengan jati dirinya dan tidak mudah terbawa arus.

4. Mudah mengenali berbagai macam karakter orang

5 Hal yang Akan Kamu Dapatkan Saat Menjadi Mahasiswa Psikologiunsplash.com/Brooke Cagle

Dalam beberapa mata kuliah memang akan ada materi tentang mengenal karakter, baik diri sendiri maupun orang lain. Bermodalkan ini, mahasiswa psikologi akan semakin mengerti cara mengenali karakter dan kepribadian orang-orang di sekitar mereka. Bahkan hanya berbekal observasi saja, mungkin akan langsung dapat mengenali sifat orang lain. Meski tidak secara menyeluruh, tapi garis besarnya akan mampu ditangkap dengan tepat.

5. Dan karenanya, tak jarang orang akan menduga kamu dapat membaca pikiran mereka

5 Hal yang Akan Kamu Dapatkan Saat Menjadi Mahasiswa Psikologiunsplash.com/Mr TT

Tak jarang saat orang berkenalan dengan mahasiswa psikologi, akan muncul anggapan berkaitan dengan kemampuan membaca pikiran. Memang benar lewat psikologi dapat mengungkap karakter yang tersembunyi, hanya saja tidak seperti menerka isi kepala orang lain.

Perlu ada observasi ataupun beberapa tes psikologi yang harus dilewati untuk mendapat analisa yang tepat dan menyeluruh. So, jangan anggap mahasiswa psikologi seperti dukun, ya.

Nah, itu tadi beberapa hal yang akan didapatkan dari menjadi mahasiswa psikologi. Menarik, ya. Ada yang berminat belajar psikologi gak, nih?

Baca Juga: Sarat Akan Manfaat, Ini 5 Alasan Mahasiswa Wajib Ikut PKM!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya