Comscore Tracker

Kuasai Dua Bahasa, Ini 8 Keuntungan Menjadi Orang Bilingual

Mulailah belajar dua bahasa dari sekarang!

Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan dua bahasa atau lebih, adalah suatu kewajiban dan tuntutan masa kini. Nilai plusnya di mata masyarakat adalah kamu akan tampak kekinian dan keren.

Ternyata, ada keuntungan lainnya lagi jika kamu menjadi orang bilingual. Dikutip dari website FluentU dan Unuhi, ini delapan keuntungan menjadi orang bilingual!

1. Memperluas pergaulan dan menambah wawasanmu akan negara atau budaya lain

Kuasai Dua Bahasa, Ini 8 Keuntungan Menjadi Orang Bilingualunsplash/@jairph

Kemampuan berbicara dengan dua bahasa atau lebih, memungkinkanmu untuk berinteraksi dengan orang yang berbeda budaya. Dampaknya, jangkauan pergaulanmu akan semakin luas.

Jika kamu bisa berbicara bahasa Prancis dan juga Belanda, maka kamu bisa memiliki teman dari negara Prancis dan Belanda. Dari obrolan yang terjadi, pasti akan mengarah pada pembicaraan yang lebih luas dan bermanfaat.

Tanpa sadar, kamu akan mengobrol dan berbincang mengenai budaya, hobi, musik dari negara satu sama lain. Wawasan dan pengetahuanmu akan dunia pun menjadi semakin luas dan tidak kurang update.

2. Kamu yang menguasai lebih dari dua bahasa, akan mendapat poin plus ketika melamar pekerjaan

Kuasai Dua Bahasa, Ini 8 Keuntungan Menjadi Orang Bilingualpixabay/free-photos

Keuntungan menjadi bilingual juga akan kamu rasakan ketika mencari pekerjaan. Mereka yang memiliki kemampuan berbicara dan menguasai lebih dari satu bahasa, akan bertambah daya saingnya.

Kamu bisa saja terlihat lebih unggul dibandingkan kandidat lainnya. Kesempatan untuk diterima juga lebih besar. Apalagi jika perusahaan yang kamu lamar adalah perusahaan besar yang kerap menjalin kerja sama dengan negara lainnya.

Kemampuanmu tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan. Kamu juga bisa ditempatkan di cabang perusahaan yang ada di luar negeri, jika perusahaan tersebut adalah perusahaan multinasional.

3. Kamu punya peluang untuk menjajal karier baru atau pekerjaan sampingan dengan memanfaatkan kemampuan bahasamu

Kuasai Dua Bahasa, Ini 8 Keuntungan Menjadi Orang Bilingualpixabay/mojpe

Jika kantormu sekarang kurang mengeksplorasi kemampuan berbahasa asing, kamu tidak perlu sedih. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari pekerjaan sampingan. Kamu bisa membuka kursus bahasa asing, menjadi penerjemah, pemandu wisata, dan lainnya.

Bisa dijadikan sambilan, bidang pekerjaan seperti itu termasuk bidang pekerjaan yang dinamis dan berkembang pesat. Lumayan, kan? Kamu dapat penghasilan tambahan dari kemampuanmu dalam berbahasa!

4. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan

Kuasai Dua Bahasa, Ini 8 Keuntungan Menjadi Orang Bilingualpixabay/jarmoluk

Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa orang bilingual memiliki kemampuan yang baik dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Orang yang bilingual mampu memproses informasi secara lebih baik dan mudah.

Keputusan yang kamu buat pun, akan lebih rasional dan tidak terburu-buru. Pasalnya, mengandalkan bahasa kedua dalam membuat keputusan, akan mengurangi bias. Hal ini berkaitan dengan wawasan serta perspektif lain yang kamu miliki.

Dampak lainnya adalah meningkatkan kemampuanmu untuk multitasking atau melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam suatu waktu. 

Baca Juga: 11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Punya Kesamaan dengan Bahasa Indonesia

5. Beruntunglah untuk orang bilingual karena mereka tidak cepat menua

Kuasai Dua Bahasa, Ini 8 Keuntungan Menjadi Orang Bilingualpixabay/rottonara

Selain menjaga pola hidup sehat dengan asupan makanan bergizi, kamu juga bisa mempelajari lebih dari satu bahasa untuk tetap awet muda. Berdasarkan penelitian, orang bilingual akan memperlambat penuaan dari segi kognitifnya, seperti menunda demensia.

Memang, kamu akan tetap mengalami masa di mana adanya keterlambatan merespons. Namun, fase ini bisa diperlambat jika kamu adalah orang bilingual.

Selain demensia, orang bilingual juga bisa memperlambat Alzheimer pada tubuhnya. Alzheimer adalah kondisi yang dialami oleh orang tua, di mana adanya penurunan kemampuan otak untuk mengingat, merencanakan, atau pemecahan masalah.

6. Ketika memiliki anak kelak, kamu akan menciptakan generasi bilingual berikutnya

Kuasai Dua Bahasa, Ini 8 Keuntungan Menjadi Orang Bilingualpixabay/free-photos

Menjadi orang bilingual merupakan tuntutan di zaman yang sudah serba maju ini. Jika kamu adalah orang bilingual, maka kamu akan memiliki anak yang bilingual juga.

Kesamaan ini tidak akan menurun secara genetik, namun menurun secara modeling atau pengajaran. Kamu bisa mengajarkan anakmu juga untuk menggunakan dua bahasa sepertimu.

Pada akhirnya, kamu seperti menciptakan generasi bilingual lainnya. Asalkan, kamu aktif untuk mengajarkan dan mendukungnya untuk mempelajari bahasa tersebut.

Tentu saja, ini menjadi kabar baik karena semakin banyak kehadiran orang yang bilingual, maka akan meningkatkan kualitas suatu negara pula. Keuntungan pribadi yang dirasakan oleh anakmu adalah ia jadi lebih unggul dalam hal bahasa dibandingkan teman-temannya.

7. Perjalanan berwisata menjadi lebih mudah, murah, dan menyenangkan!

Kuasai Dua Bahasa, Ini 8 Keuntungan Menjadi Orang Bilingualunsplash/@directormesut

Mempelajari bahasa yang berbeda, tidak hanya akan memudahkanmu untuk bertanya di mana letak toilet atau stasiun, lho! Ketika kamu berkunjung ke suatu negara namun tidak menggunakan bahasa yang digunakan di sana, pasti akan dianggap sebagai turis.

Biasanya, kamu akan dikenakan biaya lebih mahal jika terlihat seperti turis asing. Melihat hal ini, akan sangat menguntungkan jika kamu bisa berbicara menggunakan bahasa lokal di sana. 

Selain itu, kamu tidak akan mudah ditipu oleh oknum nakal yang memanfaatkan ketidaktahuan turis. Kamu juga tidak perlu menyewa guide ketika berkunjung ke museum. Kamu bisa membaca dan memahaminya sendiri.

8. Dampak dari semua keuntungan yang kamu rasakan di atas adalah menjadi bilingual membuatmu lebih percaya diri

Kuasai Dua Bahasa, Ini 8 Keuntungan Menjadi Orang Bilingualpixabay/pexels

Banyaknya keuntungan yang dirasakan dari menjadi bilingual adalah membuatmu merasa unggul dan memiliki keistimewaan. Hidupmu akan lebih bermakna dan bertujuan. Kamu bisa berkomunikasi dengan orang dari belahan dunia lainnya.

Berbagai kemudahan dalam pencarian pekerjaan, juga membuatmu merasa berbeda. Apalagi di zaman yang terus berkembang seperti ini, orang bilingual di masyarakat dianggap sebagai sesuatu yang keren dan kekinian.

Setelah kamu melihat berbagai keuntungan menjadi orang bilingual di atas, apakah kamu tertarik belajar bahasa? Jika iya, segeralah dimulai!

Baca Juga: Ngaku Pintar Bahasa? Yuk Tebak Asal Bahasa-Bahasa Berikut!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya