Comscore Tracker

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskerta

Lanjut terus belajar bahasanya #IDNTimesLife

Bahasa Indonesia memang banyak menyerap kosakata dari berbagai bahasa lain. Salah satu yang banyak diserap ke dalam bahasa Indonesia adalah bahasa Sanskerta.  

Bahasa Sanskerta ini berasal dari negara India. Sejalan dengan penyebaran agama Hindu dan Budha di Indonesia, bahasa Sanskerta juga turut masuk ke dalam masyarakat pada saat itu.

Jejak-jejak bahasa Sanskerta juga masih kental dalam perbendaharaan kosakata bahasa Indonesia, lho. Berikut 10 kata dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Sansekerta.

1. Bahtera 

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskertailustrasi kapal (pexels. com/Diego F. Parra)

Kata bahtera ini ternyata berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu vahitra. Bahtera menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti perahu atau kapal. Kata bahtera biasanya digunakan sebagai ungkapan mahligai bahtera rumah tangga.

2. Busana 

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskertailustrasi orang sedang memilih baju (pexels.com/ Cottonbro)

Kata busana dalam bahasa Indonesia berpadanan dengan kata pakaian. Kata busana juga merupakan serapan kata dari bahasa Sanskerta, yaitu bhūṣaṇa.

Busana dalam KBBI berarti pakaian atau baju. Dalam bahasa Indonesia, kata busana dipakai dalam frasa tata busana atau busana adat dan lain sebagainya.

3. Cakrawala 

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskertailustrasi langit malam (pexels.com/Pixabay)

Cakrawala juga berasal dari bahasa Sanskerta, yakni cakravāla. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), cakrawala berarti lengkung langit kaki langit, hingga horizon.

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Sunda yang Sangat Mirip dengan Bahasa Indonesia

4. Desa 

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskertailustrasi desa (pexels.com/Pixabay)

Kata desa juga ternyata merupakan serapan dari bahasa Sanskerta, yaitu deśa. Desa dalam KBBI berarti kesatuan wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluarga yang mempunyai sistem pemerintahan tersendiri dan dikepalai oleh seorang kepala desa.

Desa merupakan wilayah administrasi terkecil setingkat dengan kelurahan. Di bawah desa biasanya terdapat dusun-dusun kecil.

5. Graha 

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskertailustrasi rumah (pexels.com/Kelly Lacy)

Mungkin dari kita sering mendengar kata graha. Kata ini biasanya digunakan untuk menamai sebuah gedung, perumahan, atau hotel.

Graha berasal dari kata grha dalam bahasa Sanskerta. Dalam KBBI, kata graha berarti bangunan, kantor, tempat tinggal, dan sebagainya.

6. Istana 

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskertailustrasi istana (pexels.com/Lum3n)

Kata istana juga merupakan serapan dari bahasa Sanskerta, lho. Istana diambil dari kata āsthāna dalam bahasa Sanskerta. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) istana memiliki arti rumah kediaman resmi raja, kepala negara, atau presiden beserta keluarganya.

Baca Juga: 11 Kosakata Bahasa Tagalog Ini Sama Persis dengan Bahasa Indonesia

7. Kendi

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskertailustrasi orang sedang membuat tembikar (pixabay.com/marcelkessler)

Kendi merupakan tempat air minum yang terbuat dari tanah liat. Kata kensi sendiri juga merupakan serapan dari bahasa Sansekerta, nih.

Kendi berasal dari kata kuṇḍi atau kuṇḍikā dalam bahasa Sanskerta. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kendi memiliki makna tempat air bercerat yang terbuat dari tanah liat.

8. Sarjana

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskertailustrasi sarjana (pexels.com/Pixabay)

Kata selanjutnya yang ternyata merupakan serapan bahasa Sanskerta adalah sarjana.  Kata sarjana merupakan serapan dari kata sajjana dalam bahasa Sanskerta.

Dalam penyerapannya terdapat perbedaan makna. Dalam bahasa asalnya, sarjana berarti orang-orang yang pandai atau berilmu. Namun dalam bahasa Indonesia, maknanya menjadi menyempit, yaitu gelar akademik untuk orang yang menyelesaikan pendidikan strata satu.

9. Istimewa

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskertailustrasi kata spesial (pexels.com/RODNAE Productions)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kata istimewa. Istimewa diserap dari kata āstām eva dalam bahasa Sansekerta. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata istimewa berarti khas, khusus, dan lain daripada yang lain.

10. Bencana 

10 Kata Bahasa Indonesia Ini Ternyata Berasal dari Bahasa Sanskertailustrasi gempa (pexels.com/Jo Kassis)

Selanjutnya, ada kata bencana yang juga serapan bahasa Sanskerta. Bencana diambil dari kata vāñcana yang memiliki padanan dengan kata malapetaka.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bencana bermakna sesuatu yang menyebabkan kerugian, kesusahan, penderitaan, kecelakaan, atau bahaya.

Nah, itulah 10 kosakata bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Sanskerta. Jadi bertambah, kan pengetahuannya?

Baca Juga: 8 Kosakata dalam Bahasa Jambi yang Masuk Kamus Besar Bahasa Indonesia

Reins Chairil Photo Writer Reins Chairil

Menjadi sederhana dan menyederhana. Penyuka diksi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya