Comscore Tracker

Jangan Ragu, 5 Alasan Kuliah S3 Bisa Bermanfaat untuk Kariermu

Gelar S3 bukan cuma untuk dosen dan peneliti, kok

Gak jarang, seseorang akan ragu untuk menempuh pendidikan lanjutan, apalagi sampai tingkat S3. Pertimbangannya pun banyak. Kuliah sampai S3 tentunya membutuhkan usaha ekstra keras serta menguras dana, pikiran, dan tenagamu.

Banyak juga yang menganggap S3 bisa mengurangi usia produktifmu. Di saat kamu masih berkutat dengan kerjaan di kampus, teman-temanmu bisa jadi sudah menduduki jabatan strategis di kantornya masing-masing.

Meskipun begitu, jangan salah kaprah. Yuk, simak beberapa alasan kenapa kuliah S3 bisa memberikan manfaat yang banyak untuk kemajuan karirmu di dunia kerja kelak.

1. Pilihan karier terbuka lebar, gak cuma di bidang akademis

Jangan Ragu, 5 Alasan Kuliah S3 Bisa Bermanfaat untuk Kariermusocialrecruitingstrategies.com

Kalau kamu rajin mengamati berbagai lowongan pekerjaan, berbagai NGO di indonesia, terutama NGO internasional kini banyak merekrut lulusan S3. Beberapa perusahaan besar atau multinasional pun mulai terbuka dengan lulusan S3.

Selain itu, tentunya lulusan S3 juga memiliki peluang yang sangat besar untuk berkarier di bidang akademis, baik sebagai dosen atau peneliti.

2. Selepas lulus S3, kamu bisa berpikir lebih kritis dan bijak dalam menyelesaikan masalah

Jangan Ragu, 5 Alasan Kuliah S3 Bisa Bermanfaat untuk Kariermudennis-gilbert.com

Gak seperti kuliah S1 dan S2 yang banyak bergantung pada bimbingan dosen dan perkuliahan di kelas, menyelesaikan gelar S3 gak semudah yang dibayangkan. Selama proses pendidikan S3, kamu ditempa untuk melakukan berbagai kegiatan penelitian yang tentunya melatihmu untuk berpikir kritis.

Kamu juga dituntut untuk bersikap solutif dan gak mudah menyerah karena pasti akan ada masalah yang kamu hadapi terkait penelitianmu. Sikap kritis dan solutif inilah yang akan bermanfaat untuk dunia kerja nanti.

Baca Juga: 5 Fakta Maudy Ayunda yang Sukses di bidang Akademik, Panutan Banget!

3. Kamu akan lebih mudah dipercaya karena dianggap kompeten secara akademis

Jangan Ragu, 5 Alasan Kuliah S3 Bisa Bermanfaat untuk Kariermulaw.com

Ketika kamu sudah memiliki gelar S3, orang lain akan menganggapmu kompeten terutama secara akademis. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih mudah dipercaya. Sementara itu, kepercayaan itu penting untuk membuat kariermu meningkat.

4. Banyak pengalaman yang bisa kamu dapatkan dari kuliah S3

Jangan Ragu, 5 Alasan Kuliah S3 Bisa Bermanfaat untuk Kariermuvisahoaky.net

Kata siapa lulusan S3 gak punya pengalaman? Kuliah S3 menuntut kamu untuk berinteraksi dengan orang dengan berbagai macam karakter. Dengan begitu, kamu juga akan bisa terlatih untuk menghadapi berbagai karakter yang dimiliki rekan kerjamu kelak.

Selama kuliah S3, kamu juga akan menghadapi berbagai proyek penelitian, sehingga akan menambah pengalaman risetmu. Selain itu, proses pengumpulan data untuk penelitianmu mungkin saja menuntutmu untuk berkeliling dari satu tempat ke tempat lain yang tentunya akan memperkaya pengalamanmu. Pengalaman-pengalaman ini tentu saja akan bermanfaat untuk kariermu nanti.

5. Kuliah S3 membuat lingkup pergaulanmu jauh lebih luas

Jangan Ragu, 5 Alasan Kuliah S3 Bisa Bermanfaat untuk Kariermunews.usc.edu

Saat menempuh pendidikan S3, kamu akan memiliki berbagai kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang. Gak cuma di lingkup kampusmu, tapi juga di luar itu. Kamu bisa berpartisipasi dalam beragam kepanitiaan, organisasi, atau mengikuti event, seperti konferensi, seminar, workshop, short courses, dan masih banyak lagi.

Gak cuma di dalam negeri, berbagai acara ini juga bisa kamu ikuti dengan mudah di luar negeri. Bukan gak mungkin, kamu bisa menjalin komunikasi dengan profesor dan praktisi terkenal dari berbagai negara.

Dengan menjalin hubungan jangka panjang dengan mereka, lingkar pertemananmu akan jauh lebih luas. Mungkin saja, kamu bisa berkolaborasi dengan mereka kan di masa depan?

Nah, ternyata kuliah S3 juga bisa memberikan beragam manfaat untuk kariermu. Jadi, masih ragu untuk lanjut kuliah lagi?

Baca Juga: 10 Aktivitas Bermanfaat Buat Kamu yang Ambil Gap Year Kuliah

Rivandi Pranandita Putra Photo Community Writer Rivandi Pranandita Putra

I love cycling, blue, gardening, and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You