Comscore Tracker

7 Tips agar Gak Cepat Kehabisan Waktu saat Ujian Tulis, Catat Ya!

Ujian jadi lebih tenang, deh!

Kita semua mungkin pernah merasakan ketegangan ujian tulis, entah itu ujian evaluasi di sekolah atau kampus, ujian masuk perguruan tinggi, TOEFL atau IELTS, ujian masuk CPNS atau perusahaan, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang bikin ujian jadi menegangkan adalah keterbatasan waktu.

Meski kita sudah mempersiapkan ujian dengan matang, waktu yang terasa cepat acapkali menjadi penghalang kita dalam menyelesaikan soal-soal ujian. Karena itu, kita perlu menggunakan waktu yang sedikit tersebut semaksimal mungkin.

Berikut ini tujuh tips yang bisa kamu lakukan supaya gak cepat kehabisan waktu saat mengikuti ujian tulis, baik sebelum maupun saat ujian.

1. Sebelum ujian, kenali format soal, teknis pelaksanaan, dan tata tertib ujian

7 Tips agar Gak Cepat Kehabisan Waktu saat Ujian Tulis, Catat Ya!Pixabay.com/id/tjevans

Sebelum mengikuti ujian, sebisa mungkin cari tahu format soal yang akan diujikan, misalnya apakah berbentuk pilihan ganda, esai, atau gabungan antara keduanya. Selain itu, kenali juga teknis pelaksanaan ujian tersebut, misalnya apakah ujian tersebut bersifat paper-based atau berbasis komputer, berapa lama waktu ujian, apakah ujian tersebut terdiri dari beberapa sesi, dan lain sebagainya. Kalau perlu, cari tahu juga tata tertib ujian tersebut, sehingga nantinya kita gak perlu lagi membaca tata tertib ujian dengan detail.

Dengan mengetahui format soal dan teknis pelaksanaan ujian, kita jadi lebih familier dengan ujian tersebut. Pengerjaan soal ujian pun bisa jadi lebih cepat. Kamu bisa mencari tahu berbagai informasi tersebut melalui guru atau dosen penguji, mencari tahu dari teman yang sudah pernah ikut ujian tersebut, atau bahkan googling di internet.

2. Sebelum ujian, lakukan latihan atau simulasi pengerjaan soal dengan timer

7 Tips agar Gak Cepat Kehabisan Waktu saat Ujian Tulis, Catat Ya!Pixabay.com/id/mozlase__

Sebelum ujian, biasakan diri berlatih atau melakukan simulasi soal dengan dibatasi waktu. Kalau bisa, kerjakan latihan soal tahun lalu dengan waktu sesuai tata tertib yang diminta. Kamu bisa menggunakan timer yang ada di jam atau ponsel.

Kalau kamu belum selesai menjawab soal-soal latihan namun waktunya sudah habis, segera hentikan pekerjaanmu. Hitung berapa nilai yang kamu dapat. Ulang terus hingga skormu meningkat dan kamu terbiasa dengan waktu yang terbatas tersebut. Dengan begitu, saat ujian aslinya, kamu pun sudah terbiasa dengan keterbatasan waktu yang ada.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Jadikan Motivasi untuk Meraih Skor IELTS Tinggi

3. Saat ujian, kerjakan soal dari yang paling mudah

7 Tips agar Gak Cepat Kehabisan Waktu saat Ujian Tulis, Catat Ya!Unsplash.com/Ben Mullins

Ketika ujian berlangsung, usahakan mengerjakan soal yang kamu anggap lebih mudah dahulu, baru ke soal yang sulit. Saat menemui satu atau dua soal sulit, segera move on ke soal yang lain. Jangan terpaku mengerjakan soal sulit karena hanya akan menghabiskan waktumu.

Setelah soal-soal yang kamu anggap mudah terselesaikan, kamu bisa kembali ke soal yang sulit tersebut. Meski begitu, kamu hanya bisa menerapkan tips ini bila gak ada aturan yang mewajibkan untuk mengerjakan setiap soal secara urut.

4. Membawa jam tangan saat ujian

7 Tips agar Gak Cepat Kehabisan Waktu saat Ujian Tulis, Catat Ya!Unsplash.com/Jaelynn Castillo

Kita mungkin akan terlalu 'asyik' saat ujian, sehingga waktu pun berjalan lebih cepat dari biasanya. Karena itu, kita perlu mengetahui waktu saat ujian. Karena kita gak boleh membawa ponsel saat ujian, kamu bisa membawa jam tangan untuk membantu kamu mengetahui waktu. Dengan begitu, kita akan lebih aware saat mengerjakan soal sebelum waktunya habis. Kita juga gak perlu menoleh ke jam dinding terlalu sering.

5. Gunakan waktu ujian semaksimal mungkin

7 Tips agar Gak Cepat Kehabisan Waktu saat Ujian Tulis, Catat Ya!Pixabay.com/id/lecroitg

Pakai waktu ujianmu semaksimal mungkin, dari awal hingga akhir waktu. Jangan biarkan waktu tersebut terpotong karena beberapa hal, seperti misalnya kamu yang datang terlambat. Kamu harus datang ke lokasi ujian tepat waktu, kalau perlu kamu datang beberapa jam sebelumnya.

Sebelum ujian, jangan terlalu banyak minum karena kamu mungkin akan sering buang air kecil. Izin ke belakang untuk buang air kecil akan memotong waktu ujianmu. Pastikan juga kamu sudah buang air besar sebelum ujian, untuk mengantisipasi izin ke belakang saat ujian. 

Yang gak kalah penting, persiapkan alat-alat tulismu sebelum ujian. Dengan begitu, kamu gak akan mengalami masalah dengan alat tulis yang bisa memotong waktu ujianmu.

6. Istirahat dan sarapan cukup sebelum ujian

7 Tips agar Gak Cepat Kehabisan Waktu saat Ujian Tulis, Catat Ya!Unsplash.com/Aida Solomon

Sesaat sebelum ujian, jangan forsir dirimu untuk belajar keras. Pastikan kamu beristirahat dengan cukup. Selain itu, sempatkan untuk sarapan sebelum berangkat ke lokasi ujian. Dengan begitu, tubuh pun jadi lebih segar dan kamu jadi lebih mudah berkonsentrasi saat mengerjakan soal-soal ujian nantinya. 

7. Jangan panik

7 Tips agar Gak Cepat Kehabisan Waktu saat Ujian Tulis, Catat Ya!Pexels.com/Louis Bauer

Yang gak kalah penting, jangan panik. Meski soal ujian sangat banyak dan waktu yang diberikan sangat terbatas, tetap kerjakan dengan tenang dan jujur sesuai kemampuanmu. Saat kita panik, waktu justru akan terasa lebih cepat dan jumlah soal yang dikerjakan pun jadi gak maksimal. Jadi, rileks aja, ya! Yang penting kita sudah berusaha dengan maksimal.

Nah, itulah tadi tujuh tips yang bisa dilakukan supaya kita gak cepat kehabisan waktu saat mengikuti ujian tulis, baik sebelum maupun saat ujian. Tips mana nih yang sudah kamu lakukan sejauh ini? Atau, apakah kamu punya tips lainnya selain di atas? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Siap Kamu Korbankan saat Berburu Beasiswa Luar Negeri

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya