Comscore Tracker

Ini Dia 4 Jurusan Paling Diminati di Fakultas Ekonomi

#EdFunFact Anak akuntansi mana suaranya?

Fakultas ekonomi menjadi fakultas yang difavoritkan. Setiap tahunnya jurusan terkait selalu banyak peminatnya. Banyak mahasiswa yang memilih masuk fakultas ekonomi dengan alasan prospek yang menjanjikan.

Selain prospek, alasan passion juga tak kalah. Lalu jurusan apa saja sih yang diminati dan apa yang akan dipelajari jurusan tersebut? 

1. Akuntansi

Ini Dia 4 Jurusan Paling Diminati di Fakultas Ekonomiuktech

Pasti sudah tidak asing lagi dengan jurusan yang satu ini. Akuntansi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya. Jurusan ini sering kali menjadi favorit di setiap universitas.

Salah satu alasan jurusan ini banyak peminatnya adalah prospek kerja yang menjanjikan. Lulusan akuntansi dapat bekerja di banyak perusahaan. Selain perusahaan swasta, instansi publik atau pemerintahan juga membutuhkan lulusan akuntansi.

Jika, kamu ingin masuk jurusan akuntansi, maka kamu harus siap dituntut lebih teliti dan cermat. Karena nantinya jurusan ini akan banyak mempelajari hitung-hitungan dan input data yang tentu membutuhkan ketelitian yang akurat.

Beberapa perguruan tinggi favorit yang membuka jurusan akuntansi ialah UI, UGM, Unair, UNS, Undip, dan masih banyak lagi.

2. Manajemen

Ini Dia 4 Jurusan Paling Diminati di Fakultas Ekonomimobe

Manajemen merupakan jurusan yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Nantinya jurusan ini akan mendalami bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan. Selain itu, konsentrasi dari jurusan manajemen sangat banyak. Mulai dari manajemen keuangan, produksi, pemasaran, dll.

Sudah banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini, seperti UGM, UI, Unair, Unpad, UNS, Undip, dll.

3. Ilmu Ekonomi

Ini Dia 4 Jurusan Paling Diminati di Fakultas EkonomiIDN Times

Jurusan Ilmu Ekonomi nantinya akan melatih mahasiswa untuk menjadi seorang ekonom yang mampu menganalisa berbagai fenomena ekonomi. Ilmu Ekonomi dibagi menjadi dua bagian yang akan dipelajari, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Ekonomi makro itu akan membahas situasi ekonomi global dan sebuah negara. Seperti volatilitas nilai kurs, kebijakan moneter dan fiskal, dan pembangunan infrastruktur. Sedangkan ekonomi mikro, akan mempelajari situasi ekonomi tataran individu dan perusahaan, tentang strategi bisnisnya, dan tentu saja kinerja perusahaan.

Universitas yang membuka jurusan ini adalah UI dan UGM.

4. Ekonomi Pembangunan

Ini Dia 4 Jurusan Paling Diminati di Fakultas EkonomiIDN Times

Pada dasarnya jurusan ini merupakan bagian dari Ilmu Ekonomi, yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. Di prodi ini mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi perencana bidang pembangunan ekonomi sehingga bisa turut membantu terciptanya kesejahteraan bersama.

Jurusan ini akan cocok untuk orang yang  kritis, kreatif, dan inovatif. Karena, jurusan ini ditujukan untuk membangun perekonomian di sebuah negara. Dan tentu sama seperti jurusan di fakultas ekonomi lainnya, jurusan ini juga akan banyak hitungan berupa angka, data, dan sebagainya.

Buat kamu yang mau berjuang ujian SBMPTN, sudah pilih jurusan yang mana nih? Semoga salah satunya bisa jadi tempat kuliahmu ya!

Rizqi Akbar Photo Verified Writer Rizqi Akbar

http://siakbar.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya